Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
VINA SETIAWAN
Kesehatan Fisik

Tips Mengobati Radang Tenggorokkan dengan Ramuan Alami

Update terakhir: NOV 18, 2019 Tinjau pada NOV 18, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 1.088.616 orang

Tips Mengobati Radang Tenggorokkan dengan Ramuan Alami

Tenggorokan merupakan salah satu organ tubuh manusia yang berhubungan dengan pencernaan dan pernafasan. Tenggorokan terletak di belakang mulut yang berfungsi menghubungkan mulut, hidung, kerongkongan dan trakhea sehingga tenggorokan rentan terkena berbagai macam infeksi dari virus. Secara anatomi tenggorokan sendiri terdiri dari dua bagian yaitu faring dan laring.

Tenggorokan memainkan peran penting dalam pencernaan dengan memastikan bahwa makanan turun kerongkongan dan bukan trakea. Tenggorokan mencakup faring menghubungkan mulut, rongga hidung, kerongkongan dan trakea.

Iklan dari HonestDocs
Beli SP Troches Melon via Pengiriman Obat HonestDocs

SP Troches digunakan untuk kondisi: radang tenggorokan, faringitis, tonsilitis, dan stomatitis. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Screen shot 2019 04 10 at 17.23.43

Hal ini juga termasuk langit-langit lunak dan epiglotis yang mengontrol jalur makanan. Karena makanan dan udara melewati tenggorokan, jadi tenggorokan dianggap bagian dari sistem pencernaan dan sistem pernapasan.

Sakit tenggorokan saat menelan merupakan keluhan yang sering dialami oleh beberapa orang di segala usia. Hal ini paling sering disebabkan oleh radang tenggorokan. Tahukah kamu apa penyebab radang, gejala serta apa yang harus kamu lakukan saat radang tenggorokan menyerang kamu?

Apa itu radang tenggorokan?

Radang tenggorokan atau faringitis adalah sakit tenggorokan yang disebabkan oleh radang di bagian belakang tenggorokan atau faring. Mungkin beberapa diantara diantara kamu sering menyebutnya dengan panas dalam.

Radang tenggorokan akan membuat kamu merasa tidak nyaman karena tenggorokan akan terasa sakit atau panas, sehingga membuat kamu kesulitan untuk makan.

Penyebab radang tenggorokan

Radang tenggorokan dapat disebabkan oleh berbagai hal namun penyebab yang paling umum ditemukan adalah virus atau bakteri. Infeksi yang disebabkan oleh virus biasanya diawali dengan pilek atau influenza, setelah itu terjadilah peradangan yang sering disebut dengan radang tenggorokan.

Sedangkan penyebab dari radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri ini memang tidak begitu sering dialami oleh penderita dibandingkan dengan yang disebabkan oleh virus. Namun meskipun begitu dampak yang disebabkan oleh bakteri lebih serius.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Batuk Ibu dan Anak via HonestDocs

Obat Batuk Pei Pa Koa dapat membantu meredakan batuk berdahak, sakit tenggorokan, melegakan sakit tenggorokan, dan memelihara kesehatan paru-paru. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Obat batuk ibu anak pei pa koa 75 ml 1

Adapun bakteri yang menyebabkan radang tenggorokan itu sendiri adalah bakteri jenis streoptokokus. Bakteri tersebut dapat ditularkan melalui sekresi melalui hidung dan tenggorokan. Selain karena bakteri atau virus radang tenggorokan juga bisa disebabkan oleh hal berikut ini:

1. Alergi

Alergi pada bulu binatang peliharaan, jamur, debu dan serbuk sari bunga bisa menyebabkan kamu sakit tenggorokan. Postnasal drip adalah penyebab utama dalam kasus alergi yang disebabkan radang tenggorokan.

2. Udara

Udara yang pengap dan panas di dalam sebuah ruangan bisa membuat tenggorokan kamu terasa kasar dan gatal, terutama di pagi hari saat kamu bangun tidur. Bernapas terlalu sering melalui mulut karena hidung tersumbat juga bisa menyebabkan sakit tenggorokan.

3. Iritan bahan kimia

Polusi udara di luar bisa menyebabkan iritasi tenggorokan terus-menerus. Polusi udara di dalam ruangan karena rokok atau bahan kimia juga bisa menyebabkan radang tenggorokan. Mengunyah tembakau, minum alkohol dan mengonsumsi makanan pedas juga bisa membuat tenggorokan kamu sakit.

4. Otot tegang pada tenggorokan

Otot di tenggorokan kamu bisa menegang, karena kamu selalu sering berteriak.

5. Penyakit gastroesophageal reflux atau GERD

GERD adalah kondisi yang ditandai dengan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada akibat naiknya asam lambung menuju esofagus yang menyebabkan rasa tidak nyaman pada tenggorokan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Batuk Ibu dan Anak via HonestDocs

Obat Batuk Pei Pa Koa dapat membantu meredakan batuk berdahak, sakit tenggorokan, melegakan sakit tenggorokan, dan memelihara kesehatan paru-paru. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Obat batuk ibu anak pei pa koa 75 ml 1

6. Infeksi HIV

Sakit tenggorokan dan gejala flu lainnya terkadang muncul lebih awal pada seseorang yang terinfeksi HIV. Seseorang yang positif mengalami HIV, mungkin akan mengalami sakit tenggorokan kronis karena infeksi.

7. Tumor

Tumor kanker tenggorokan, lidah, dan laring bisa menyebabkan radang tenggorokan.

Gejala radang tenggorokan

Gejala utama radang tenggorokan adalah tenggorokan yang terkena iritasi, nyeri,suara serak, bengkak, dan gatal. Nyeri biasanya bertambah parah saat kamu mencoba menelan. 

Gejala lain yang muncul biasanya tergantung pada penyebabnya, gejala umum yang muncul pada radang tenggorokan adalah:

  1. Sakit tenggorokan
  2. Demam
  3. Sakit kepala
  4. Nyeri sendi dan nyeri otot
  5. Ruam kulit
  6. Membengkaknya kelenjar getah bening di leher

Pengobatan radang tenggorokan

Terlepas dari apapun penyebabnya, sakit tenggorokan benar-benar menyulitkan. Tentun kamu ingin segera melakukan bagaimana cara agar bisa segera meredakan rasa sakit di tenggorokan kamu dengan cepat bukan? Berikut ini ada beberapa cara alami yang bisa kamu coba saat tenggorokan mulai terasa gatal, serak, atau mulai sakit saat menelan.

1. Perasan air lemon

Pertolongan pertama yang mudah kamu temukan di rumah saat radang tenggorokan adalah dengan perasan air lemon. Properti astringent yang terdapat dalam air lemon dapat membantu mengempiskan pembengkakan pada jaringan tenggorokan dan menciptakan lingkungan asam yang dapat mematikan virus dan bakteri penyebab iritasi.

Caranya mudah kamu cukup mencampurkan 1 sendok teh perasan air lemon ke dalam secangkir air hangat, kemudian gunakan air tadi untuk berkumur kumur selama beberapa detik. Cara ini bisa kamu lakukan beberapa kali dalam sehari.

2. Kumur cuka apel dan garam

Jika tenggorokan kamu meradang akibat batuk hebat, kamu bisa mengatasinya dengan 1 sendok makan cuka sari apel yang dicampur dengan 2 sendok teh garam yang dilarutkan dalam segelas air hangat.

Gunakan sebagai obat kumur beberapa kali sehari, jika diperlukan. Cuka apel bersifat asam yang akan melapisi tenggorokan kamu sekaligus menciptakan lingkungan buruk bagi virus dan bakteri untuk dapat bertahan hidup.

3. Kumur air kunyit

Kunyit mengandung antioksidan yang sangat kuat, dan juga bermanfaat untuk memerangi banyak kondisi serius. Untuk meredakan radang tenggorokan, kamu bisa mencampurkan setengah sendok kunyit bubuk dan setengah sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat, kumurlah selama beberapa detik.

4. Menggunakan bawang putih

Bawang putih merupakan bumbu dapur yang digunakan untuk memasak berbagai macam masakan. Selain untuk memasak bawang putih bisa dijadikan sebagai obat untuk beberapa penyakit salah satunya radang tenggorokan.

Kupaslah satu siung bawang putih dan cuci bersih, setelah itu kamu bisa mengunyahnya sampai bawang putih mengeluarkan alicin yang bisa menyembuhkan radang tenggorokan.

5. Wedang jahe

Rasa hangat yang ditimbulkan oleh jahe dapat mengurangi peradangan pada tenggorokan karena jahe mengandung zingiberin yang mampu melancarak sirkulasi darah , menetralisir racun dan mengurangi efek peradangan. Kamu bisa membuat sendiri wedang jahe di rumah dengan cara geprek jahe kemudian rebus sampai mendidih. Kamu bisa menambahkan madu sesuai selera.

Cara meredakan radang tenggorokan diatas merupakan cara alami yang bisa kamu lakukan dirumah. Namun, jika dalam waktu satu minggu radang tenggorokan kamu tidak kunjung sembuh sebaiknya segera kunjungi dokter untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut. 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit