Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Olahraga dan Kebugaran

Tips Bersepeda untuk Lansia Agar Tubuh Tetap Sehat dan Bugar

Bersepeda merupakan salah satu latihan terbaik untuk tubuh yang menua. Bersepeda dapat membantu sistem kardiovaskular Anda dan menjaga kesehatan jantung Anda. Karena bersepeda merupakan olahraga yang memiliki resiko rendah dengan dampak minimal pada lutut. Banyak penelitian menunjukkan bahwa bersepeda sebenarnya dapat memperlambat proses penuaan.
Update terakhir: OCT 21, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.253.156 orang

Seiring bertambahnya usia, olahraga teratur menjadi semakin sulit. Kehilangan fleksibilitas, massa otot, dan kepadatan tulang membuat lansia berada pada risiko yang lebih besar untuk mengalami cedera yang berhubungan dengan olahraga

Tetapi latihan bersepeda untuk para lansia seringkali dapat berfungsi sebagai solusi sederhana yang dapat mengatasi masalah tersebut.

Bersepeda merupakan salah satu latihan terbaik untuk tubuh yang menua. Bersepeda dapat membantu sistem kardiovaskular Anda dan menjaga kesehatan jantung Anda. Karena bersepeda merupakan olahraga yang memiliki resiko rendah dengan dampak minimal pada lutut. 

Banyak penelitian menunjukkan bahwa bersepeda sebenarnya dapat memperlambat proses penuaan.

Manfaat bersepeda bagi lansia:

  • Dapat membantu sirkulasi darah
  • Meningkatkan kapasitas paru-paru
  • Membantu jantung berfungsi dengan sehat
  • Membantu mengurangi tekanan darah
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Dapat meregangkan otot-otot, terutama pada bagian tubuh bagian bawah

Tips bersepeda ke untuk para lansia

Seiring bertambahnya usia, mobilitas Anda mungkin juga akan terbatas. Kondisi medis seperti radang sendi dapat merusak kemampuan Anda untuk melakukan jenis kegiatan yang sama seperti waktu Anda masih muda. Bersepeda dapat meningkatkan detak jantung Anda tetapi meminimalkan keausan pada tubuh Anda.

Namun, berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk melindungi sendi Anda dan tetap aman saat bersepeda.

Lindungi lutut Anda

Menjaga lutut tetap stabil dapat membantu Anda mendapatkan lebih banyak tenaga dalam mengayuh pedal dan mencegahnya sakit saat Anda selesai berkendara.

Saat bersepeda penting untuk menjaga keamanan lutut dengan menggunakan pelindung lutut. Jika tidak dilindungi maka dapat menyebabkan masalah dengan tulang rawan Anda, terutama jika Anda sudah berhadapan dengan peradangan.

Menjaga kursi sepeda Anda lebih jauh ke belakang juga dapat meningkatkan mobilitas lutut Anda. Sedangkan duduk terlalu dekat dengan setang dapat mengubah sudut lutut Anda, yang berpotensi menyebabkan ketidaknyamanan saat Anda bersepeda.

Jaga sepeda dalam kondisi yang baik

Pastikan sepeda yang Anda gunakan dalam kondisi prima ketika Anda mengemudinya. Anda juga harus meminta ahli sepeda menilai kecocokan sepeda yang tepat Anda gunakan. Sepeda yang ukurannya tidak sesuai untuk Anda dapat menimbulkan masalah keamanan dan menyebabkan rasa sakit dan nyeri yang tidak perlu.

Sepeda modern mungkin lebih ringan dan lebih mudah untuk digunakan daripada yang lebih tua dan kikuk.

Coba gunakan sepeda listrik

Jika Anda membutuhkan tambahan dorongan saat bersepeda, pertimbangkan untuk menggunakan sepeda listrik. Sepeda listrik dapat mendorong Anda bahkan jika Anda tidak mengayuh pedal sepeda. 

Cara terbaik untuk menggunakan sepeda listrik adalah dengan membiarkan sepeda tersebut membantu Anda saat Anda mendorong pedal.

Sepeda listrik dapat menghilangkan sebagian beban, terutama jika Anda sudah merasa lelah. Sepeda listrik juga dapat membantu Anda berjalan melalui rintangan, seperti bukit yang curam.

Bersepeda lah bersama teman

Para peneliti menemukan bahwa interaksi sosial dapat menunda perkembangan penyakit Alzheimer. Bersepeda bersama teman juga dapat mengurangi kemungkinan masalah penarikan sosial, kecemasan, dan depresi

Bersosialisasi dengan bersepeda dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda, yang dapat membantu Anda mengalami kualitas hidup yang lebih baik seiring bertambahnya usia.

Jika Anda tidak dapat membuat teman Anda bersepeda, pertimbangkan untuk bergabung dengan klub sepeda. Anda akan bertemu orang baru dan memiliki lebih banyak motivasi untuk pergi bersepeda.

Jangan biarkan perut kosong saat bersepeda

Pastikan untuk mengonsumsi karbohidrat sebelum naik sepeda. Anda bahkan mungkin ingin membawa makanan ringan saat bersepeda jika Anda mulai merasa lemah. Makan makanan yang seimbang juga dapat meningkatkan kinerja bersepeda Anda seiring bertambahnya usia.

Penting juga untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi saat bersepeda. Siapkanlah botol minum sebelum Anda bersepeda.

Beristirahatlah yang cukup

Tubuh Anda akan berkinerja lebih baik ketika Anda memiliki istirahat yang cukup.  Jika Anda bersepeda selama beberapa hari dalam seminggu, pastikan Anda juga memiliki waktu untuk beristirahat. 

Kelelahan dapat mempengaruhi kinerja fisik dan mental Anda yang dapat membuat Anda lebih mungkin terlibat dalam kecelakaan atau menderita cedera.

Tetap hati-hati dalam berkendara

Semua pengendara sepeda harus mengikuti aturan jalan yang tersedia. Namun, jika penglihatan Anda menurun seiring bertambahnya usia, Anda mungkin perlu melakukan tindakan pencegahan ekstra. 

Kunjungi dokter mata Anda secara teratur, dan kenakan kacamata atau lensa kontak jika Anda membutuhkannya untuk meningkatkan penglihatan Anda saat berkendara.

Berkendara di siang hari lebih aman daripada bersepeda di malam hari sekalipun Anda memiliki cahaya atau reflektor. Kenakanlah pakaian yang cerah dan helm saat bersepeda.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit