Kebiasaan Sehat

Hobi Bersepeda? Lakukan 7 Hal Ini Agar Kesehatan Vagina Tidak Terganggu

Dipublish tanggal: Mei 21, 2019 Update terakhir: Agu 4, 2020 Waktu baca: 2 menit
Hobi Bersepeda? Lakukan 7 Hal Ini Agar Kesehatan Vagina Tidak Terganggu

Apabila Anda memiliki hobi dalam bersepeda, tentunya Anda akan lebih sering mengalami mati rasa atau nyeri di bagian organ intim setelah bersepeda. Meskipun bersepeda menjadi kegiatan olahraga yang dapat menyehatkan tubuh, namun tidak jarang diantara para wanita yang sering kali mengalami rasa sakit pada daerah kewanitaan.

 Sedangkan bersepeda bukanlah menjadi olahraga yang disarankan untuk wanita.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Dapatkan Obat Antiseptik Terlengkap 2020. Beli sekarang juga, GRATIS ongkir* pengiriman ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Privasi Paket Pengiriman. Konsultasi gratis dengan apoteker kami.

Default internal ads 31

Jika Anda tidak ingin merasakan sakit setelah bersepeda, Anda bisa mencegah rasa sakit tersebut dengan ke 7 langkah cerdas yang tidak terbayangkan oleh banyak wanita. Selain menjaga kenyamanan selama bersepeda, maka memperhatikan kesehatan vagina pun juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan dengan baik.

Berikut ini 7 langkah yang harus dilakukan wanita ketika bersepeda agar vagina terhindarkan dari rasa sakit, diantaranya:

1. Pilih sadel yang memiliki ukuran lebih lebar

Apabila Anda memilih sadel yang berukuran kecil, maka hal ini akan memberikan tekanan yang lebih tinggi pada bagian vagina dan panggul. Untuk menyalurkan tekanan yang baik dari tubuh ke bagian vagina, maka Anda harus memilih sadel sepeda yang memiliki ukuran lebih sedang dan proporsional.

2. Perhatikan kenyamanan dengan mengatur ketinggian sadel

Vagina wanita akan rentan terhadap rasa sakit atau nyeri jika mengendarai sepeda yang memiliki posisi sadel lebih tinggi dibandingkan dengan setang. Hal ini berdampak pada vagina yang memberikan rasa sakit ketika sedang bersepeda.

3. Sebelum bersepeda, oleskan krim khusus

Mengoleskan krim khusus sebelum bersepeda akan memberikan pencegahan rasa nyeri maupun perih. Krim yang bisa Anda oleskan dapat berupa krim khusus maupun hanya seperti body lotion. Area yang dapat Anda olesi krim yaitu bagian selakangan dan paha dalam.

4. Sering-seringlah mengkonsumsi yoghurt

Yogurt merupakan makanan yang memiliki kandungan probiotik tinggi yang dapat membantu keseimbangan pada koloni bakteri yang ada pada bagian organ intim wanita. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Dapatkan Obat Antiseptik Terlengkap 2020. Beli sekarang juga, GRATIS ongkir* pengiriman ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Privasi Paket Pengiriman. Konsultasi gratis dengan apoteker kami.

Default internal ads 31

Semakin banyaknya bakteri baik yang ada di dalam vagina, maka akan membantu Anda untuk menghindari serangan risiko jamur maupun bakteri pada vagina.

5. Gunakan bantalan khusus untuk bersepeda

Menggunakan bantalan khusus untuk bersepeda akan membantu Anda terhindarkan dari yang namanya nyeri maupun perih pada bagian vagina. Untuk mengatasi hal ini, menggunakan bantalan sepeda adalah solusinya. 

Bantalan ini terlihat seperti pembalut yang menyatu dengan celana. Bantalan inilah yang memiliki fungsi untuk melindungi gesekan atau tekanan pada vagina.

6. Jangan lupa buang air kecil

Setelah selesai bersepeda, Anda dianjurkan untuk buang air kecil, hal ini bertujuan untuk menghindari serangan infeksi bakteri yang ada di vagina. Bakteri yang ada di dalam vagina dapat keluar bersama dengan air kencing. 

Sehingga sangat disarankan bagi Anda untuk mengkonsumsi banyak air putih selama melakukan aktivitas olahraga bersepeda.

7. Ganti celana dalam

Setelah selesai bersepeda, Anda dapat langsung membersihkan vagina dan mengganti celana dalam yang sedikit longgar. Dengan celana dalam yang tidak terlalu ketat akan membantu vagina untuk bernafas dan mencegah vagina lembab.

Bersepeda memang menjadi aktivitas olahraga yang begitu sangat menyenangkan. Namun dibalik dari hal yang menyenangkan tersebut akan menjadi malapetaka bagi sebagian wanita yang tidak mengetahui aturan yang harus dilakukan sebelum memulai aktivitas bersepeda. 

Karena banyak wanita mengeluhkan sakit pada organ intannya setelah bersepeda. Dengan mengikuti ke-7 tips yang ada di atas, Anda tidak akan lagi merasakan sakit di bagian vagina ketika bersepeda.


3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Cycling Benefits: 11 Reasons Cycling Is Good for You. Healthline. (https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/cycling-benefits)
Good news for cyclists: You might live longer. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/317058.php)
Biking: How to Make It a Workout. WebMD. (https://www.webmd.com/fitness-exercise/a-z/biking-workout)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Tips Bersepeda untuk Lansia Agar Tubuh Tetap Sehat dan Bugar
Tips Bersepeda untuk Lansia Agar Tubuh Tetap Sehat dan Bugar

Bersepeda merupakan salah satu latihan terbaik untuk tubuh yang menua. Bersepeda dapat membantu sistem kardiovaskular Anda dan menjaga kesehatan jantung Anda. Karena bersepeda merupakan olahraga yang memiliki resiko rendah dengan dampak minimal pada lutut. Banyak penelitian menunjukkan bahwa bersepeda sebenarnya dapat memperlambat proses penuaan.

Buka di app