Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Makanan dan Diet Sehat

Terlalu Banyak Konsumsi Garam, Ini Akibatnya

Update terakhir: NOV 14, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 761.043 orang

Garam merupakan salah satu bumbu makanan yang umum dikonsumsi banyak orang. Selain menambah cita rasa makanan, garam juga dapat memberikan manfaat bagi tubuh. Kandungan sodium dalam garam dapat mencegah berbagai penyakit

Mineral yang terkandung dalam garam juga dapat membantu mempertahankan transmisi saraf dan kontraksi otot, serta mengatur cairan di tubuh kita.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Namun, jika Anda merupakan orang yang menyukai rasa asin yang begitu pekat. Saat garam yang masuk kedalam tubuh melebihi batas dapat menyebabkan penyakit yang mengancam kesehatan

Anda perlu membatasi konsumsi garam paling banyak 2.300 mg natrium atau sama dengan satu sendok teh garam per hari. Jika tidak, kandungan garam yang tinggi dapat menyebabkan berbagai resiko di bawah ini.

Bahaya garam berlebih pada tubuh

Berikut adalah bahaya yang timbul jika mengkonsumsi garam secara berlebihan.

  • Menurunkan kerja otak

Hasil sebuah penelitian menyebutkan bahwa ada hubungan yang konsisten antara tingginya konsumsi garam terhadap kemampuan kognitif otak. Bahkan kelebihan zat ini juga bisa mengakibatkan masalah, baik terhadap ingatan jangka panjang maupun pendek

Studi ini dilakukan oleh ahli dari Oregon State University.

  •  Merusak ginjal

Semakin banyak garam yang Anda konsumsi, semakin banyak juga ginjal Anda bekerja dan semakin besar juga ginjal Anda mengalami kerusakan.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Garam diekskresikan dalam urin melalui ginjal, karena kadar garam meningkat, hal ini bisa meningkatkan kandungan protein dalam urin. Peningkatan indeks protein dalam urin adalah salah satu tanda berbahaya dari penyakit ginjal.

  •  Memicu Hipertensi

Penelitian telah menemukan bahwa konsumsi garam yang berlebihan dalam jangka panjang bisa memicu tekanan darah tinggi. Kelebihan garam dalam darah, yang menyebabkan tekanan darah tinggi dan merusak pembuluh darah. 

Tekanan darah tinggi juga bisa meningkatkan risiko banyak penyakit, diantaranya penyakit jantung.Tekanan darah memang meningkat secara alami seiring usia. 

Namun menurut American Heart Association, salah satu cara untuk mencegah kenaikan tekanan darah adalah dengan mengurangi asupan garam sehari-hari.

  • Menyebabkan Stroke dan Demensia

Tekanan darah yang tinggi akibat terlalu banyak mengonsumsi garam dapat menyebabkan Anda terkena penyakit stroke. Hal ini terjadi karena kandungan zat pada garam mengganggu aliran darah dan menurunkan aliran oksigen ke otak yang menyebabkan matinya kematian sel-sel.

Lebih parah, stroke dapat memicu kondisi demensia, yakni gangguan fungsi otak yang mempengaruhi ingatan, pemikiran, bahasa, penilaian, dan perilaku.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat
  •  Menyebabkan penipisan tulang

Peneliti menemukan bahwa wanita pascamenopause yang melakukan diet tinggi garam mengalami kehilangan mineral tulang yang lebih banyak dibanding wanita lain seusianya. 

Lebih lanjut, garam dapur biasa dapat menyebabkan tulang kehilangan kalsium sehingga membuat tulang menjadi lemah bila berlangsung dalam waktu lama.

Jika kondisi ini terus dibiarkan, kehilangan kalsium yang berlebihan dapat menimbulkan resiko terjadinya osteoporosis.

  •  Menyebabkan Kanker Perut

Dilansir dari Medicaldaily.com, studi tahun 1996 yang dipublikasikan di International Journal of Epidemiology menemukan bahwa kematian akibat kanker perut pada pria dan wanita berkaitan erat dengan konsumsi garam berlebih

Faktanya, garam dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri H.pylori dalam perut. Bakteri ini merupakan penyebab utama kanker perut.

 Garam memang memiliki manfaat bagi kesehatan, asal dikonsumsi secara terbatas. Jangan sampai nikmatnya garam justru membawa petaka bagi kesehatan Anda. 

Terlebih jika Anda memiliki kondisi kesehatan khusus, sebaiknya konsultasi ke dokter untuk mengetahui seberapa banyak konsumsi garam yang diperbolehkan.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit