Telapak Kaki Sakit Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Rasa sakit pada telapak kaki mungkin bisa disebabkan oleh struktur alami telapak kaki itu sendiri. Namun, juga tidak menutup kemungkinan adanya gangguan pada berbagai jaringan di kaki, termasuk otot, ligamen, tulang, kulit, atau saraf sehingga rasa sakit tersebut muncul. Penyebab-penyebab umum yang bisa memicu timbulnya rasa sakit pada telapak kaki adalah:
Dipublish tanggal: Sep 17, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Karena begitu sibuknya beraktivitas dan kebutuhan untuk terus berpindah kesana kemari, terkadang muncul rasa pegal, khususnya pada alat gerak, yakni kaki. Berdiri terlalu lama, bergesekan dengan alas kaki, ataupun berjalan terus menerus menyebabkan sakit pada telapak kaki. 

Kebanyakan orang berpikir kondisi ini akan sembuh dengan sendirinya atau hanya memerlukan sedikit pijatan maka rasa sakit akan hilang. Faktanya, rasa sakit pada telapak kaki bisa mengindikasikan kondisi kesehatan yang kurang baik.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Anda harus mengetahui bagaimana rasa sakit tersebut timbul dan bagian mana yang paling sering terasa sakit.. Informasi dasar mengenai keluhan yang Anda derita akan sangat membantu dokter dalam menegakkan diagnosa yang akurat sehingga dapat memberikan penanganan yang tepat.

Kondisi yang bisa menyebabkan telapak kaki Sakit

Rasa sakit pada telapak kaki mungkin bisa disebabkan oleh  struktur alami telapak kaki itu sendiri. Namun, juga tidak menutup kemungkinan adanya gangguan pada berbagai jaringan di kaki, termasuk otot, ligamen, tulang, kulit, atau saraf sehingga rasa sakit tersebut muncul. 

Penyebab-penyebab umum yang bisa memicu timbulnya rasa sakit pada telapak kaki adalah:

1. Metatarsalgia

Metatarsalgia adalah keadaan dimana timbul rasa sakit seperti terbakal atau nyeri di bagian depan kaki. 

Gangguan ini akan semakin memburuk apabila penderita sering melakukan jalan jauh dengan alas kaki yang tidak nyaman, memiliki kelebihan berat badan sehingga kaki menompang beban yang terlalu berat, serta aktivitas olarraga berat. 

Metatarsalgia banyak diderita oleh orang lanjut usia. Namun, gangguan ini dapat ditangani dengan mudah dengan konsumsi obat pereda sakit, istirahat cukup, kompres dengan air es, dan memilih sepatu yang dapat menopang kaki dengan baik.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

2. Bunion

Bunion atau bintal kaki adalah kondisi dimana munculnya benjolan pada sendi di jempol kaki. Bunion terbentuk karena penggunaan alas kaki yang terlalu sempit dan seringkali menimbulkan rasa sakit dan kulit yang memerah. Bunion juga mungkin terjadi akibat cacat bawaan pada struktur kaki atau terkena arthritis.

3. Keseleo dan tegang otot

Cedera seperti ketika berolahraga, jatuh, dan  saat mengubah arah atau kecepatan secara tiba-tiba seringkali terjadi dan menyebabkan rasa sakit pada telapak kaki. Keseleo dan otot tegang dapat menyebabkan pembengkakan, memar, nyeri, dan pincang.

4. Gout arthritis

Penumpukan kristal asam urat bisa menjadi penyebab utama rasa sakit pada telapak kaki. Rasa sakit ini menyerang secara tiba-tiba dan menyebabkan rasa panas dan pembengkakan. Gout arthritis perlu diatasi dengan konsumsi obat pereda sakit dan kompres dengan air es.

5. Rheumatid arthritis

Kondisi ini terjadi ketika adanya peradangan kronis pada sendi kecil di tangan dan kaki. Pembengkakan tersebut menimbulkan rasa sakit dan dapat mengkikis tulang serta sendi. 

Hal ini terjadi akibat adanya kesalahan sistem kekebalan tubuh yang menyerang diri sendiri, dan dampaknya juga melebar hingga kulit, mata, paru-paru, dan pembuluh darah.

6. Kapalan

Kapalan terjadi akibat kulit terlalu sering bergesekan dengan tanah atau lantai. Kondisi tersebut merupakan mekanisme kulit untuk melindungi diri dari tekanan dan gesekan, namun seringkali juga dapat membuat rasa sakit di telapak kaki. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Gunakan sepatu yang nyaman dan sesuai dengan bentuk kaki. Bagi penderita diabetes, kapalan perlu diperhatikan secara khusus karena dapat memicu terjadinya komplikasi, infeksi, dan ulkus akibat gesekan di kulit.

7. Hak tinggi dan sepatu

Anda perlu memilih sepatu yang sesuai dengan aktivitas dan kenyamanan. Apabila Anda senang menggunakan sepatu hak tinggi, yang perlu Anda ketahui adalah beban tubuh akan ditumpu hanya oleh jari-jari kaki.

 Pemilihan sepatu hak tinggi Anda perlu sesuai dengan bentuk kaki Anda sehingga risiko kaki sakit atau cedera dapat diminimalisir. Olahraga yang menggunakan kaki dalam intensitas tinggi juga dapat membuat telapak kaki cedera apabila tidak menggunakan sepatu olahraga yang tepat.

Apabila rasa sakit pada telapak kaki tidak kunjung mereda dan sering terjadi, Anda perlu memeriksakan kondisi Anda ke dokter. Jangan biarkan rasa sakit tersebut mengganggu kegiatan Anda, dan apabila terus menerus dihiraukan, kondisi tersebut mungkin bisa menyebabkan gangguan yang lebih serius.

9 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app