Bunion : Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: Jul 6, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.193.226 orang

Bunion tidak berbahaya namun mengganggu

Apakah Anda mempunyai kebiasaan untuk menggunakan sepatu dengan ukuran yang sempit atau menggunakan sepatu high heels? 

Jika iya maka Anda mungkin ingin mengurangi kebiasaan tersebut karena penggunaan sepatu yang terlalu sempit dapat menyebabkan kelainan pada tulang jari kaki yang disebut bunion.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Bunion adalah kondisi dimana tulang jempol kaki seseorang terdorong ke arah jari kaki lainnya sehingga berakibat pada munculnya tonjolan. Kelainan ini berwujud benjolan yang terdapat jempol kaki.  

Akibat dari penyakit ini ialah timbulnya rasa nyeri yang dirasakan ketika berjalan maupun saat mengenakan alas kaki atau sepatu yang sempit. Untuk mengetahui penyakit ini secara lebih lanjut maka Anda dapat mencari secara lebih lengkapnya disini. 

Pengertian Bunion

Bunion merupakan penyakit atau kelainan dari bentuk jempol kaki seseorang. Kelainan pada jempol kaki ini terjadi saat bonggol pada kaki bertambah dan berkembang di bagian bawah jempol kaki sehingga menyebabkan jempol kaki menjadi terdorong ke arah depan dan samping hingga menuju ke jari kaki yang lainnya. 

Hal yang menjadi penyebab Bunion

Bunion akan mulai terbentuk saat kondisi keseimbangan pada sendi yang terdapat pada ibu jari kaki dan telapak kaki mengalami gangguan atau tekanan. 

Dari gangguan ini dapat menyebabkan sendi menjadi labil atau tidak stabil dan pada akhirnya akan mengalami bunion sehingga posisi ibu jari kaki menjadi miring menuju ke arah jari kaki lainnya. 

Kebiasaan seperti menggunakan sepatu yang tidak benar dan juga tidak cocok dengan kaki inilah yang dapat menimbulkan bunion sehingga mengganggu kerja kaki saat berjalan. 

Ukuran sepatu yang terlalu sempit dapat menyebabkan jari-jari tertekan ke satu arah tertentu sehingga dapat mendorong untuk timbulnya bunion ini.  

Selain pemakaian sepatu yang terlalu sempit, bunion juga dapat disebabkan karena rasa trauma pada kaki serta hasil kondisi medis atau bawaan sejak lahir. Seseorang yang memiliki pekerjaan seperti balet juga memiliki resiko akan timbulnya penyakit ini.

Berbagai gejala Bunion

Gejala-gejala yang timbul dari umumnya tidak dirasakan semua penderita.Akan tetapi, beberapa yang telah melaporkan bahwa gejala yang paling dirasakan dari penyakit atau kelainan ini ialah timbulnya rasa nyeri  akibat yang dirasakan langsung dari pemberian tekanan kepada kaki saat digunakan untuk berjalan. 

Nyeri tersebut serupa dengan kondisi keseo. Keseleo memiliki kesamaan dengan gangguan ini karena dapat menyebabkan terjadinya pelebaran pada bagian jempol kaki. 

Akan tetapi, pembengkakan akibat keseleo lama-kelamaan akan menyusut dan kemudian jempol kaki akan kembali lagi ke ukuran yang sebelumnya

Pada bunion meskipun pembengkakan mulai menyusut namun jempol pada kaki sudah mengalami kelainan pada bentuknya. Hal ini dapat terjadi karena adanya pelebaran pada jempol kaki yang disebabkan pelebaran yang terjadi pada tulang kaki.  

Selain itu, gejala lainnya yang terlihat ialah terjadinya pelebaran pada sendi. Pelebaran sendi tidak hanya mengakibatkan kelainan pada bentuk jempol kaki yang tampak semakin besar akan tetapi tampilan dari keseluruhan kaki yang juga mengalami kelainan pada bentuk kaki.

Pengobatan Bunion

Pengobatan yang dapat dilakukan untuk mengatasi bunion dapat dilakukan sendiri di rumah. Hal pertama yang dapat mengurangi rasa tidak nyaman pada bagian yang terserang ialah dengan menambahkan bantalan di sisi luar pada ibu jari kaki supaya tidak mudah terkena tekanan dalam jumlah yang besar dari alas kaki yang dipakai.

Hal kedua yang dapat Anda lakukan ialah dengan mengenakan sepatu dengan ukuran yang lebih besar dari ukuran kaki Anda. Hal ini tentunya sangat cocok karena penyebab dari munculnya penyakit atau kelainan ini ialah karena kebiasaan dalam menggunakan sepatu yang memiliki ukuran yang sempit.

Hal ketiga yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengompres bagian yang terkena dengan menggunakan es. Dan untuk hal terakhir yang dapat dilakukan ialah menghindari penggunaan sepatu yang memiliki hak terlalu tinggi atau high heels. 

Tentunya, hal yang terakhir ini patutnya menjadi perhatian khusus bagi Anda para perempuan yang hobi menggunakan sepatu dengan model high heels.

Meskipun begitu, berbagai terapi yang telah dijelaskan diatas belum sepenuhnya mampu untuk mengobati bunion. Diperlukan terapi dengan menggunakan obat-obatan supaya dapat meredakan atau mengurangi rasa nyeri yang timbul ketika berjalan. 

Apabila tidak bisa diatasi maka operasi merupakan jalan terakhir yang disarankan oleh dokter untuk memulihkan sendi seperti semula.


Referensi

Ferrari, J. (2014). Hallux Valgus (Bunions). BMJ Clin Evid, 04:1112

Healthline (2017). Bunions.

Mayo Clinic (2017). Diseases & Conditions: Bunions.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit