March 08, 2019 17:33

Halo dokter, saya Mia, 18 tahun. Saya punya gigi geraham atas kanan yang berluban. Pada tahun 2015, gigi saya dilaser dan ditambal sementara. Tapi saya tidak tambal permanen karena keterbatasan biaya. Sejak ditambal itu gigi saya tidak sakit lagi (sakitnya cuma pas 2 minggu pertama setelah tambal). Tahun 2017, rasa sakit itu menyerang lagi, akhirnya saya pun ke puskesmas, dan kata dokter gigi itu gigi saya tidak bisa ditambal lagi karena sudah parah dan harus dicabut. Akhirnya saya pun diberi obat amoxicillin, paracetamol, dan obat lain. Saya pun searching di google dampak gigi geraham dicabut. Katanya jika gigi geraham atas dicabut akan terjadi pergeseran rahang atas, itu membuat saya takut. Yang ingin saya tanyakan :
  • Apa tidak masalah jika gigi geraham saya dicabut saat usia saya 18 tahun? Apakah ada solusi selain pencabutan gigi dok?
  • Jika gigi saya dicabut akan terjadi pergeseran rahang, apakah itu membahayakan dok? Gigi geraham kanan atas berlubang cukup besar dan kope, tapi masih ada mahkota giginya. Terimakasih banyak dok sebelumnya.

Pertanyaan ini telah dijawab oleh seorang ahli medis

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Kirim pertanyaan
Buka di app