HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR.VINA SETIAWAN
Ditinjau oleh
DR.VINA SETIAWAN

Syarat yang Harus Dipenuhi Jika Ingin Mendonorkan Sumsum Tulang

Dipublish tanggal: Agu 13, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Feb 24, 2020 Waktu baca: 3 menit
Syarat yang Harus Dipenuhi Jika Ingin Mendonorkan Sumsum Tulang

Transplantasi sumsum tulang, juga disebut transplantasi sel induk, adalah pengobatan untuk beberapa jenis kanker. Misalnya, leukemia, multiple myeloma, atau beberapa jenis limfoma. Dokter juga dapat mengobati beberapa penyakit darah dengan transplantasi sel induk.

Di masa lalu, transplantasi sel induk lebih sering disebut transplantasi sumsum tulang karena sel induk dikumpulkan dari sumsum tulang. Saat ini, sel-sel induk biasanya dikumpulkan dari darah, bukan hanya dari sumsum tulang. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Oleh karena itu, saat ini transplantasi sumsum tulang saat ini lebih sering disebut sebagai transplantasi sel induk.

Mengapa sumsum tulang dan sel induk penting?

Bagian dari tulang Anda yang disebut "sumsum tulang" adalah struktur yang berfungsi dalam membuat sel darah. Sumsum adalah jaringan lunak seperti spons di dalam tulang. Sum-sum tulang mengandung sel-sel yang disebut sel-sel batang "hematopoietik". 

Sel-sel ini dapat berubah menjadi beberapa jenis sel lainnya. Mereka dapat berubah menjadi lebih banyak sel sumsum tulang. Atau mereka bisa berubah menjadi semua jenis sel darah.

Kanker tertentu dan penyakit lain menjaga sel induk hematopoietik agar tidak berkembang secara normal. Jika mereka tidak normal, tidak ada sel darah yang mereka buat. Transplantasi sel induk memberi Anda sel batang baru. Sel-sel induk baru dapat membuat sel-sel darah baru yang sehat.

Jenis transplantasi sel induk

Ada beberapa jenis transplantasi sel induk berdasarkan sumber donornya, yaitu :

  • Transplantasi autologous. Ini juga disebut transplantasi AUTO atau kemoterapi dosis tinggi. Dalam transplantasi AUTO, Anda mendapatkan transplan sel induk yang berasal dari tubuh Anda sendiri.
  • Transplantasi alogenik. Ini juga disebut transplantasi ALLO. Dalam transplantasi ALLO, Anda mendapatkan sel induk yang didonorkan oleh orang lain. Penting untuk menemukan seseorang yang sumsum tulangnya cocok dengan Anda.

Persyaratan yang harus dipenuhi sebagai pendonor sumsum tulang

Dalam proses pendonoran sumsum tulang belakang, terdapat pedoman medis untuk melindungi kesehatan bagi pendonor potensial, serta kondisi kesehatan pasien transplantasi. Banyak faktor yang membuat seseorang secara medis tidak memenuhi syarat sebagai pendonor sumsum tulang.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Di bawah ini adalah beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi jika Anda ingin mendonorkan sumsum tulang. 

Pedoman ini hanya berisi informasi secara garis besar mengenai persyaratan sebagai pendonor dan tidak sama dengan pedoman donor darah dan mungkin tidak mencakup semua pedoman yang diperlukan untuk membuat Anda lolos kualifikasi sebagai pendonor sumsum tulang. 

  • Pendonor lebih diprioritaskan jika berusia di antara 18 dan 44 tahun. karena donor yang lebih muda menghasilkan sel yang lebih banyak dan lebih berkualitas daripada donor yang lebih tua. Namun, siapa pun yang berusia antara 18 dan 60.
  • Memiliki indeks Massa Tubuh (IMT) 40
  • Jika Anda telah didiagnosis dengan HIV (AIDS), Anda tidak dapat mendaftar menjadi pendonor.
  • Jika Anda memiliki kondisi artritis medis yang parah seperti rheumatoid, dan stadium lanjut dari jenis arthritis lainnya, Anda tidak dapat mendaftar menjadi pendonor.
  • Jika Anda menderita asma yang membutuhkan steroid oral (pil) harian, Anda tidak dapat mendaftar menjadi pendonor.
  • Jika Anda memiliki penyakit autoimun yang mempengaruhi seluruh tubuh Anda, dapat mendaftar menjadi pendonor.
  • Jika Anda memiliki masalah perdarahan serius seperti hemofilia atau Faktor V Leiden, atau jika Anda pernah mengalami deep vein thrombosis, memerlukan obat antikoagulan, menderita anemia aplastik, atau Penyakit Von Willebrand, Anda tidak dapat mendaftar menjadi pendonor.
  • Jika Anda menderita cedera otak yang signifikan atau pernah menjalani operasi di jaringan otak - bahkan jika saat ini pulih dan tanpa gejala -  Anda tidak dapat mendaftar menjadi pendonor.
  • Jika Anda menderita masalah punggung yang umum seperti keseleo, tegang dan nyeri mungkin tidak mengganggu sumbangan sumsum tulang, namun bersifat kronis, Anda tidak dapat mendaftar menjadi pendonor.
  • Jika Anda didiagnosis dengan hepatitis B atau C Anda tidak dapat mendaftar menjadi pendonor.
  • Jika Anda memiliki masalah ginjal serius atau kronis seperti penyakit ginjal polikistik atau glomerulonefritis kronis atau mengalami operasi pengangkatan ginjal karena penyakit tertentu, Anda tidak dapat mendaftar menjadi pendonor. Namun, jika Anda menyumbangkan ginjal kepada orang lain dan sekarang sepenuhnya telah pulih, Anda dapat mendaftar.
  • Jika Anda memiliki penyakit Lyme kronis, Anda tidak dapat mendaftar menjadi pendonor.
  • Jika Anda menerima salah satu dari jenis transplantasi berikut, Anda tidak dapat mendaftar menjadi pendonor: Organ manusia seperti jantung, paru-paru, hati atau ginjal, sel sumsum atau pembentuk darah, xenotransplant.

Jika Anda sedang mengalami atau dalam proses penggunaan obat-obatan tertentu seperti di bawah ini, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan informasi mengenai apakah Anda dapat memenuhi kriteria sebagai pendonor sumsum tulang atau tidak.


8 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Negrin RS. Donor selection for hematopoietic cell transplantation. https://www.uptodate.com/contents/search.
Myths and facts about bone marrow donation. National Marrow Donor Program. https://bethematch.org/transplant-basics/how-marrow-donation-works/myths-and-facts-about-bone-marrow-donation/.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app