Suplemen untuk Tubuh Wanita Berdasar Usia

Terlebih lagi dengan kondisi fisik yang berangsur-angsur berubah, menyebabkan kebutuhan tubuh semakin beragam. Lantas, berapa banyak mineral dan vitamin untuk wanita jika dilihat dari usianya?
Dipublish tanggal: Jun 17, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Suplemen untuk Tubuh Wanita Berdasar Usia

Vitamin dan mineral memang bisa didapatkan dari makanan sehari-hari yang menjadi santapan wajib, namun ternyata tidak semua nutrisi tersebut bisa terpenuhi seluruhnya. 

Terlebih lagi dengan kondisi fisik yang berangsur-angsur berubah, menyebabkan kebutuhan tubuh semakin beragam. Lantas, berapa banyak mineral dan vitamin untuk wanita jika dilihat dari usianya?

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8

Usia 20 tahun hingga 30

Pada masa ini, Anda sedang berada pada masa paling aktif sehingga membutuhkan banyak asupan energi. Oleh karena itu kalori sangat dibutuhkan pada wanita rentan usia ini untuk bisa beraktivitas dengan lancar tanpa kekurangan energi.

Sumber tersebut bisa Anda dapatkan dari berbagai makanan dan minuman yang sehat seperti sayur, buah, ikan, telur dan daging. Apabila Anda termasuk salah satu yang sering beraktivitas fisik, maka vitamin B juga sangat diperlukan oleh tubuh untuk memenuhi kebutuhan harian Anda.

Usia 31 tahun hingga 40

Rentan usia 30 hingga 40 tahun merupakan usia yang pas untuk bekerja serta bereproduksi, sehingga pada masa ini manusia mengalami masa produktif. Sehingga vitamin dan mineral yang dibutuhkan cenderung akan berkisar untuk mendukung kesehatan reproduksi atau menjaga tubuh agar tetap fit. 

Beberapa vitamin dan mineral tersebut adalah:

  • Asam folat merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh selama masa subur, dan juga berfungsi untuk mengurangi risiko bayi lahir cacat. Folat ini juga berguna untuk membantu pembentukan sel darah merah serta mencerna protein.
  • Bagi Anda yang sedang merencanakan kehamilan, maka seng dan magnesium merupakan zat yang harus Anda penuhi. Hal ini disebabkan karena beberapa alat kontrasepsi mengurangi kandungan kedua zat tersebut dari dalam tubuh.

Usia 41 hingga 50 tahun

  • Pada rentang usia ini, wanita membutuhkan vitamin yang baik untuk darah dan fungsi otak. Vitamin B12 merupakan jenis vitamin yang semakin sulit diserap oleh tubuh ketika sudah memasuki usia paruh baya ini.
  • Selain itu, Anda juga perlu memenuhi kebutuhan zat besi di dalam tubuh sebagai bekal untuk mempertahankan kesehatan organ reproduksi. Di samping itu, vitamin ini juga mampu menjaga kekebalan tubuh serta menjaga formasi sel darah merah dengan baik.
  • Dengan usia yang tidak lagi muda, tentulah tulang banyak kehilangan kalsium sehingga Anda perlu memenuhinya dengan susu harian atau melalui suplemen serta vitamin lain. Dengan begitu risiko osteoporosis akan semakin berkurang.

Usia 51 hingga 60 tahun

Wanita yang sudah mencapai usia ini akan sangat diharapkan untuk bisa menjaga kesehatan tubuh dengan baik. Oleh karena itu mereka membutuhkan vitamin B untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. 

Vitamin B6 terlibat dalam lebih dari 100 reaksi enzim yang dikenal dan sangat penting untuk kesehatan kekebalan tubuh.

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Di samping itu, pada usia ini wanita juga harus memperhatikan kesehatan mata dengan lebih teliti lagi. Karena pada beberapa kasus wanita banyak mengalami gangguan kesehatan mata pada rentan usia 51 hingga 60 tahun. 

Vitamin B6, B12 serta asam folat juga sangat bermanfaat untuk membantu menjaga kondisi fisik tetap prima serta menjaga sistem syaraf agar tetap terjaga.

Di Atas Usia 70 Tahun

Di atas usia 70 tahun, maka wanita akan lebih banyak membutuhkan vitamin D untuk mempertahankan kekuatan serta kepadatan tulang. Selain itu untuk mempertahankan massa otot, diperlukan asupan daging ikan serta kunyit untuk mengurangi peradangan serta menjaga sendi tetap bekerja dengan baik.

Untuk tetap menjaga kesehatan, usahakan untuk selalu berolahraga ringan setiap hari. Minimal dengan berjalan kaki mengelilingi taman atau sekadar bermain dengan cucu agar tulang dan sendi tetap berfungsi dan terjaga tetap elastis.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
7 Essential Supplements for Women. Everyday Health. (https://www.everydayhealth.com/womens-health/7-essential-supplements-women/)
Best Multivitamins for Women Over 50, According To A Dietitian. Verywell Fit. (https://www.verywellfit.com/best-multivitamins-for-women-over-50-4174401)
The best vitamins for women at every age. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/322960)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app