Suplemen Untuk Kulit Dan Rambut

Jika perawatan dari luar sudah Anda lakukan untuk mendapatkan kulit dan rambut impian. Anda bisa memberikan tambahan asupan suplemen untuk kulit dan rambut Anda. Selain itu, suplemen juga bisa memenuhi gizi yang tubuh butuhkan. Beberapa suplemen yang bisa Anda konsumsi adalah:
Dipublish tanggal: Agu 27, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 15, 2020 Waktu baca: 3 menit
Suplemen Untuk Kulit Dan Rambut

Kulit dan rambut yang indah dan sehat tentunya menjadi impian bagi setiap orang. Banyak hal dilakukan untuk mendapatkan kulit dan rambut yang sehat mulai dari perawatan alami hingga perawatan di salon kecantikan. 

Namun tak jarang kulit dan rambut mengalami kerusakan akibat salah dalam melakukan perawatan atau mengalami gangguan kesehatan dan pola hidup. Namun Anda tak perlu khawatir, terdapat beberapa suplemen yang bisa Anda coba untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit.

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8

6 Suplemen untuk kulit dan rambut yang sehat

Jika perawatan dari luar sudah Anda lakukan untuk mendapatkan kulit dan rambut impian. Anda bisa memberikan tambahan asupan suplemen untuk kulit dan rambut Anda. Selain itu, suplemen juga bisa memenuhi gizi yang tubuh butuhkan. Beberapa suplemen yang bisa Anda konsumsi adalah:

1. Biotin

Biotin merupakan salah satu kandungan suplemen yang dibutuhkan oleh tubuh. Biotin adalah vitamin B7 yang menunjang kesehatan kulit, saraf, saluran pencernaan, dan metabolisme. Dari segi kecantikan, Biotin dapat membantu mencegah rambut rontok dan mendorong pertumbuhan kuku.

Anda dapat menemukan kandungan Biotin dalam selai kacang dan pisang. Jumlah Biotin yang disarankan oleh dokter untuk dikonsumsi adalah 35 mikrogram setiap hari. Tanpa Anda sadari, mungkin takaran minimal Biotin yang tubuh butuhkan sudah Anda penuhi dalam menu makanan Anda sehari-hari.

2. Ekstrak pakis

Sayuran pakis tentunya sudah tak asing lagi di telinga. Ternyata kandungan ekstrak pakis sangat bagus untuk menjaga kesehatan kulit. Hal ini telah diteliti hampir 20 tahun lamanya untuk membuktikan ektrak pakis dapat membantu proses peremajaan kulit. 

Bahkan sebuah studi terbaru menyebutkan bahwa ekstrak pakis terbukti mampu melindungi kulit dari radiasi sinar UV

Selain itu, ekstrak pakis juga bermanfaat untuk mengobati gangguan kesehatan seperti eksim, psoriasis dan vitiligo. Suplemen ini juga megandung efek anti-inflamasi yang sangat dibutuhkan oleh jaringan kulit. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8

Bagi Anda yang tertarik menggunakan suplemen ektrak pakis hendaknya berkonsultasi kepada dokter. Dosis yang dianjurkan untuk suplemen ini bergantung pada berat badan masing-masing pengguna. 

3. Zat besi

Zat besi berfungsi untuk mengaktifkan vitamin B yang ada di dalam tubuh. Kekurangan zat besi memberikan dampak tidak baik pada kesehatan kulit dan rambut. Rambut dapat terlihat kusam, tipis dan kering. 

Selain itu, kuku yang kekurangan zat besi akan mudah patah. Kulit pun akan terlihat kusam jika tubuh kekurangan zat besi.

Anda dapat mendapatkan kandungan zat besi pada makanan seperti sayuran berdaun hijau gelap, kacang-kacangan, daging sapi, daging ayam dan makanan laut. 

Yang perlu diperhatikan adalah konsumsi makanan yang mengandung zat besi dengan takaran yang sewajarnya, karena kelebihan zat besi menimbulkan efek yang sama dengan efek radikal bebas. 

4. Asam lemak omega

Asam lemak omega-3 telah terbukti memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit dan rambut. Nutrisi yang terkandung di dalamnya dapat membantu proses peremajaan kulit, mengatur produksi minyak, dan menjaga kelembapan kulit. 

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Pada tahun 2005 terdapat sebuah studi yang membuktikan bahwa EPA, salah satu jenis omega 3, dapat menangkal sinar UV. 

Asam lemak omega 3 juga terbukti dapat mencegah rambut kering, menyehatkan kulit kepala, dan membuat rambut berkilau. Anda disarankan untuk memenuhi kebutuhan omega-3 sebanyak 600 mg DHA per hari. Hal ini sesuai dengan yang disarankan Angka Kebutuhan Gizi (AKG) harian. 

Jika Anda memiliki riwayat penyakit tertentu seperti gangguan mood, alergi ikan, diabetes, atau tekanan darah tinggi, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Anda dapat menemukan kandungan omega 3 pada ikan salmon, sarden, dan mackerel.

5. Vitamin C

Fungsi vitamin C untuk kesehatan terutama kulit dan rambut adalah membantu meningkatkan pertumbuhan rambut, menghilangkan ketombe, dan mencegah kerontokan. 

Pada tahun 2003 terdapat sebuah studi yang membuktikan bahwa vitamin C dan E yang dikonsumsi seseorang dapat menimbulkan efek yang positif pada kulit. Kulit akan terlihat lebih bersinar dan sehat hanya dalam waktu 4 bulan saja.

Takaran konsumsi vitamin C tergantung pada jenis kelamin. Untuk wanita berusia 19 tahun ke atas disarankan untuk mengkonsumsi 75 g suplemen vitamin C setiap hari. Sedangkan untuk pria berusia 19 tahun ke atas, Anda hanya perlu mengkonsumsi vitamin C sebanyak 19 g saja per harinya.

Bagi Anda yang memiliki hemokromatosis dan penderita penyakit zat besi yang berlebihan sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter jika ingin mengonsumsi vitamin C. Hal ini karena vitamin C dapat meningkatkan proses penyerapan zat besi.

6. Vitamin E

Vitamin ini memiliki fungsi hampir sama dengan vitamin C. Vitamin E sangat kaya dengan antioksidan yang membantu menangkal radikal bebas penyebab garis-garis halus pada kulit. 

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2000 telah membuktikan bahwa seorang pria yang mengkonsumsi vitamin E memiliki rambut yang lebih subur dibandingkan dengan pria yang melakukan perawatan plasebo.

Penggunaan vitamin E yang terbaik adalah dalam bentuk gel karena vitamin E dapat larut dengan lemak. Penggunaan vitamin E yang berlebihan juga dapat memunculkan memar di bawah permukaan kulit. Asupan vitamin E dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi makanan seperti alpukat, minyak zaitun, dan gandum.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
6 Supplements or Vitamins for Hair and Skin Growth. Everyday Health. (https://www.everydayhealth.com/pictures/supplements-skin-hair/)
Skin and Hair Supplements: Do They Work?. Everyday Health. (https://www.everydayhealth.com/skin-beauty/skin-hair-supplements-they-work/)
The 5 Best Vitamins for Hair Growth (+3 Other Nutrients). Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/best-vitamins-hair-growth)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app