Somatostatinomas - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Dipublish tanggal: Apr 29, 2019 Update terakhir: Jan 21, 2020 Waktu baca: 3 menit

Somatostatinoma adalah jenis tumor neuroendokrin langka yang tumbuh di pankreas dan kadang-kadang di usus kecil. Tumor neuroendokrin adalah tumor yang terdiri dari sel-sel penghasil hormon. Sel-sel penghasil hormon ini disebut sel islet. Kondisi ini, yang dapat mempengaruhi pria dan wanita, biasanya terjadi setelah usia 50 tahun.

Somatostatinoma berkembang secara khusus pada sel islet delta, yang bertanggung jawab untuk memproduksi hormon somatostatin. Dengan adanya tumor menyebabkan sel-sel islet delta memproduksi lebih banyak hormon somatostatin.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Dapatkan Obat Diabetes Terlengkap 2020. Beli sekarang juga, GRATIS ongkir* pengiriman ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Privasi Paket Pengiriman. Konsultasi gratis dengan apoteker kami.

Default internal ads 36

Ketika tubuh Anda memproduksi hormon somatostatin dalam jumlah yang berlebihan, tubuh Anda berhenti memproduksi hormon pankreas lainnya. Ketika terjadi defisiensi hormon pankreas lainnya terjadi, masalah kesehatan mulai bermunculan.

Apa penyebab dan faktor risiko terjadinya somatostatinoma?

Apa yang menyebabkan somatostatinoma hingga saat ini tidak diketahui. Namun, ada beberapa faktor risiko yang dapat menyebabkan somatostatinoma.

Berikut ini adalah beberapa faktor risiko yang mungkin menyebabkan tumor neuroendokrin:

  • Riwayat keluarga memiliki jenis endokrin neoplasia tipe 1 (MEN1), suatu jenis sindrom kanker langka yang bersifat herediter
  • Menderita neurofibromatosis
  • Menderita penyakit von Hippel-Lindau
  • Menderita penyakit sklerosis tuberous

Gejala somatostatinoma

Gejala-gejala somatostatinoma bervariasi. Gejalanya mulai dari ringan hingga parah secara bertahap. Gejala-gejala yang disebabkan oleh somatostatinoma meliputi:

Gejala-gejala ini mirip dengan yang disebabkan oleh kondisi medis lainnya. Oleh karena itu, penting untuk memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat. Anda harus memastikan diagnosa dari penyakit yang Anda derita, sebelum memulai perawatan.

Apa yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya somatostatinoma?

Somatostatinoma adalah penyakit yang tidak diketahui penyebabnya secara pasti. Selain itu, faktor resiko dari penyakit ini adalah faktor genetik. Oleh karena itu hingga saat ini, belum ada metode yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya somatostatinoma.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Dapatkan Onkologi Terlengkap 2020. Beli sekarang juga, GRATIS ongkir* pengiriman ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Privasi Paket Pengiriman. Konsultasi gratis dengan apoteker kami.

Default internal ads 19

Untuk dapat mengatasi kondisi ini kuncinya adalah dengan deteksi sedini mungkin. Jika Anda memiliki beberapa gejala somatostatinoma, Anda harus memeriksakan diri Anda ke dokter sesegera mungkin. 

Pengujian diagnostik akan dapat menentukan penyebab spesifik dari gejala Anda. Jika dokter Anda menentukan Anda memiliki somatostatinoma, maka semakin awal Anda memulai pengobatan, maka kemungkinan Anda untuk sembuh semakin besar.

Diagnosis

Diagnosis harus dibuat oleh seorang profesional medis. Dokter Anda biasanya akan memulai proses diagnosis dengan tes darah puasa. Tes ini memeriksa kadar somatostatin dalam darah. Tes darah biasanya dilakukan bersamaan dengan satu atau pemeriksaan diagnostik seperti:

Tes-tes ini memungkinkan dokter Anda untuk mendeteksi keberadaan tumor, yang mungkin bersifat kanker atau bukan kanker. Mayoritas somatostatinoma bersifat kanker. 

Satu-satunya cara untuk menentukan apakah tumor Anda bersifat ganas (kanker) adalah dengan melakukan pemeriksaan biopsi. Pemeriksaan biopsi dilakukan dengan mengambil sampel jaringan yang diduga tumor dan membawanya ke laboratorium untuk diperiksa di bawah mikroskop.

Perawatan Somatostatinoma

Perawatan Somatostatinoma yang paling efektif hingga saat ini dapat dilakukan dengan mengangkat tumor melalui operasi. Jika tumor yang Anda miliki adalah tumor ganas (kanker) dan kanker telah menyebar (suatu kondisi yang disebut metastasis), pembedahan mungkin tidak dapat dilakukan. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Dapatkan Alat Kontrasepsi & Hormon Terlengkap 2020. Beli sekarang juga, GRATIS ongkir* pengiriman ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Privasi Paket Pengiriman. Konsultasi gratis dengan apoteker kami.

Default internal ads 7

Dalam kasus metastasis, dokter Anda akan mengobati dan mengelola gejala apa pun yang mungkin ditimbulkan oleh somatostatinoma.

Kondisi dan komplikasi terkait

Beberapa kondisi yang berhubungan dengan somatostatinoma mungkin termasuk yang berikut:

  • Sindrom von Hippel-Lindau
  • MEN1
  • neurofibromatosis tipe 1
  • diabetes mellitus

Somatostatinoma biasanya ditemukan pada tahap lanjut, yang dapat mempersulit pilihan perawatan. Pada tahap akhir, kanker lebih cenderung telah bermetastasis. Setelah metastasis, pengobatan menjadi sangat sulit, karena somatostatinoma yang telah bermetastasis tidak dapat dioperasi.

Terlepas dari angka kejadian somatostatinoma yang langka, dan cenderung bersifat ganas, Somatostatinoma memiliki angka harapan hidup yang cukup tinggi. 

Ketika somatostatinoma dapat diangkat melalui pembedahan, tingkat kelangsungan hidup selama lima tahun ke depan setelah pengangkatan hampir 100%. Sedangkan tingkat kelangsungan hidup lima tahun untuk pasien dengan somatostatinoma telah bermetastasis adalah 60%.


4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi awal mengenai kondisi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini
Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app