Simak Faktor Penyebab Lidah Terasa Gatal Berikut Ini !

Dipublish tanggal: Agu 7, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Simak Faktor Penyebab Lidah Terasa Gatal Berikut Ini !

Organ mulut Anda terdiri dari beberapa bagian, seperti gigi, gusi, lidah, rahang dan juga langit-langit mulut. 

Bagian-bagian tersebut bukan hanya sekedar pajangan atau bersifat fungsional, tetapi yang jarang orang ketahui adalah bahwa bagian mulut juga mampu mencerminkan seberapa baik kondisi kesehatan Anda, baik secara keseluruhan maupun kesehatan mulut Anda. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

Sebagai contoh adalah ketika lidah seseorang berwarna kuning hal ini dapat menandakan bahwa seseorang tersebut sedang menderita  penyakit kuning atau mungkin hanya sebatas kondisi mulut yang kering serta menunjukkan bahwa orang tersebut jarang menyikat gigi.

Namun, apabila Anda mengalami lidah gatal, kering, serta berwarna pucat, apa penyebabnya? Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan lidah Anda gatal. Untuk mengetahuinya, simak penjelasannya lebih lengkap di bawah ini.

Apa sajakah yang menyebabkan lidah terasa gatal ?

Lidah gatal dapat menjadi gejala suatu penyakit atau mungkin hanya kejadian ringan saja. Namun, untuk lebih baiknya 

Anda harus memahami apa faktor penyebabnya agar dapat menanganinya dengan tepat dan tidak menimbulkan kekhawatiran di kemudian hari. 

Berikut ini adalah beberapa kemungkinan yang mengakibatkan bagian lidah Anda terasa gatal, yaitu :

1. Mengalami Alergi

Anda harus memahami apakah Anda memiliki riwayat alergi, terutama alergi terhadap beberapa jenis makanan tertentu ? 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Alergi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 11

Misalnya saja seperti kacang-kacangan, biji-bijian (contoh : almond, hazelnut, kedelai, dan gandum), seafood (contohnya : kerang, ikan, cumi, udang, lobster dan kepiting), susu dan olahannya (misalnya keju, yoghurt) atau telur. 

Karena alergi yang merupakan reaksi tubuh terhadap zat tertentu yang terkandung dalam makanan juga bisa mengakibatkan lidah menjadi terasa gatal. Hal tersebut merupakan reaksi alergi tubuh.

Alergi makanan juga bisa terjadi tidak hanya sebatas pada jenis makanan-makanan di atas, namun juga bisa karena beberapa buah-buahan dan jenis sayur-sayuran tertentu, misalnya saja nanas,  persik, nektarin, apel, ceri, plum, pir, melon, kiwi, pisang, wortel, seledri, timun, dan zucchini. 

Menurut beberapa penelitian terbaru mengungkapkan bahwa buah dan sayur di atas dapat memicu timbulnya alergi pada tubuh Anda karena beberapa zat yang terkandung di dalamnya.

2. Memiliki komplikasi penyakit diabetes

Seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh atau sistem imunitas yang lemah akan menjadi lebih rentan terhadap bakteri, virus dan jamur, sehingga memudahkan dirinya terserang infeksi. 

Baik infeksi jamur di bagian mulut(infeksi ragi oral) atau berbagai jenis infeksi lainnya. Apalagi jika seseorang tersebut memiliki riwayat komplikasi penyakit diabetes, hal ini akan meningkatkan resiko serangan infeksi pada tubuhnya. Infeksi inilah yang dapat mengakibatkan lidah gatal, terasa kebas, atau bahkan berbulu.

Iklan dari HonestDocs
Beli Ketoconazole 200mg via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Ketoconazole dexa 200mg tab 1

Mengapa hal tersebut bisa terjadi ? Menurut penelitian, kandungan gula yang tinggi di dalam darah Anda yang merupakan ciri orang dengan penyakit diabetes, akan menjadi sumber makanan dan sumber energi bagi banyak bakteri maupun jamur dalam tubuh Anda. 

Sehingga akan meningkatkan dan mempercepat proses pertumbuhan serta kembang biak dari bakteri atau jamur tersebut. Semakin banyak bakteri dan jamur dalam tubuh Anda, Anda akan semakin beresiko terserang infeksi.

Cara mencegahnya cukup sederhana karena masih tergolong komplikasi diabetes ringan. Anda hanya harus lebih menjaga kebersihan mulut dan mengontrol gula darah Anda.

3. Konsumsi alkohol dan kebiasaan merokok

Jika Anda mengkonsumsi alkohol dan sering merokok, zat kimia didalamnya lah yang menimbulkan iritasi, sariawan hingga mulut kering (xerostomia) penyebab lidah terasa gatal.

4. Lidah terbakar akibat konsumsi makanan dan minuman yang terlalu panas

Ketika Anda sedang dikejar waktu dan jam makan siang hampir habis, Anda dengan cepat berusaha melahap makanan dan minum bahkan saat keadaannya masih panas. 

Hal ini tidak baik karena dapat menyebabkan lidah terasa panas dan gatal, juga menyebabkan rasa haus dan mulut kering. Bahkan rasa panas dan gatal juga bisa menyerang bagian lain seperti gusi, bibir dan langit mulut.

5. Mengalami infeksi jamur

Jika Anda mengalami infeksi jamur di mulut, kemungkinan juga dapat menyebabkan lidah terasa gatal, berubah menjadi berwarna pucat, dan seringkali memunculkan sariawan. 

Bahkan jika semakin parah bisa menjalar ke bagian pipi dan tenggorokan. Apalagi jika sistem kekebalan tubuh lemah, terutama pada bayi, anak-anak dan lansia. Kekebalan tubuh yang lemah/rendah akan memperparah kondisi infeksi dan sulit ditangani.

10 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app