Senang Melakukan Meditasi? Ini Manfaat yang Anda Dapatkan

Dipublish tanggal: Jun 28, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Sep 27, 2019 Waktu baca: 3 menit
Senang Melakukan Meditasi? Ini Manfaat yang Anda Dapatkan

Meditasi kerap dihubungkan dengan hal berbau mistis dan supranatural. Meditasi juga dianggap sebagai salah satu cara beribadah suatu agama tertentu. Akan tetapi, meditasi sebenarnya bisa dilakukan oleh siapa saja. Anda dapat melatih diri untuk memiliki pikiran dan sikap yang lebih baik dengan meditasi.

Latihan meditasi bertujuan untuk menjaga ketenangan pikiran dan tubuh yang lebih rileks. Latihan ini bisa dilakukan di mana saja tanpa alat bantu khusus. Meditasi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, baik fisik maupun mental. Mau tahu lebih lanjut? Simak uraian berikut ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

Mengontrol rasa cemas dan mengurangi stres

Sebuah studi tentang meditasi kesadaran selama delapan minggu membuktikan bahwa meditasi dapat membantu mengurangi kecemasan. Meditasi juga dapat menurangi gejala gangguan kecemasan seperti paranoid, perilaku obsesif-kompulsif, dan serangan panik.

Meditasi juga dapat membantu mengendalikan kecemasan terkait pekerjaan di lingkungan kerja dengan tekanan tinggi. Sebuah studi mengatakan bahwa program meditasi dapat mengurangi kecemasan pada sekelompok perawat di rumah sakit.

Meditasi juga dapat membantu Anda mengurangi stres dan membuat Anda berpikir jernih. Dalam studi dengan responden 1.300 orang dewasa menunjukkan bahwa meditasi dapat mengurangi stres, khususnya bagi individu dengan tingkat stres yang tinggi.

Meningkatkan kesadaran diri

Beberapa jenis meditasi dapat membantu Anda mengembangkan pemahaman diri dan menjadi versi terbaik diri Anda. Meditasi penyelidikan diri dapat membantu Anda memahami diri dan hubungan dengan orang-orang di sekitar Anda. 

Meditasi ini membuat Anda memiliki kesadaran yang lebih besar sehingga Anda dapat mengarahkan pikiran ke pola yang lebih konstruktif.

Sebuah penelitian terhadap 21 wanita dengan kanker payudara membuktikan bahwa mereka yang mengikuti program meditasi memiliki penghargaan diri lebih tinggi dari pada ketika mendapatkan dukungan sosial. Latihan meditasi yang mendalam dapat menumbuhkan cara memecahkan masalah dengan lebih kreatif.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Menurunkan Tekanan Darah

Meditasi juga dapat meningkatkan kesehatan fisik dengan mengurangi tekanan darah. Tekanan darah yang tinggi membuat jantung lebih bekerja keras untuk  memompa darah dan menyebabkan fungsi jantung memburuk. 

Tekanan darah tinggi juga berkontribusi pada penyempitan pembuluh darah atau aterosklerosis yang menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Sebuah penelitian terhadap 996 sukarelawan menemukan bahwa ketika mereka bermeditasi dengan berkonsentrasi pada mantra bisu (kata yang diulangi tanpa disuarakan) dapat menurunkan tekanan darah sebanyak lima poin. 

Meditasi dapat melemaskan sinyal-sinyal saraf yang mengoordinasikan fungsi jantung, ketengangan dalam pembuluh darah, dan respons yang meningkatkan kewaspadaan dalam situasi penuh tekanan.

Membantu melawan kecanduan

Disiplin mental dapat dikembangkan melalui meditasi. Hal ini bisa bermanfaat untuk melawan kecanduan atau ketergantungan dengan meningkatkan kendali dan kesadaran Anda akan perilaku adiktif. 

Meditasi dapat membantu orang belajar mengarahkan perhatian, meningkatkan kemauan, mengendalikan emosi, dan meningkatkan pemahaman mengenai penyebab di balik perilaku adiktif.

Iklan dari HonestDocs
Beli Gangguan Tidur via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 45

Sebuah studi yang mengajarkan meditasi terhadap 19 pecandu alkohol menunjukkan bahwa peserta menjadi lebih baik dalam mengendalikan keinginan dan stres yang berkatikan dengan perilaku adiktif. 

Penelitian lain menunjukkan bahwa meditasi mindfulness membantu partisipan mengurangi keinginan makan yang berlebihan.

Meningkatkan kualitas tidur

Banyak orang mengalami gangungan tidur atau insomnia. Sebuah studi membandingkan dua kelompok yang melakukan meditasi dengan yang tidak melakukan meditasi. Peserta yang bermeditasi dapat tertidur dengan lebih cepat dan tetap tertidur lebih lama dibandingkan peserta yang tidak bermeditasi.

Meditasi akan membantu Anda untuk rileks, melepaskan ketegangan, dan menjaga pikiran lebih tenang sehingga Anda lebih mudah untuk tidur. Menjadi terampil dalam bermeditasi dapat membantu Anda mengendalikan dan mengarahkan pikiran yang sering kali menjadi penyebab insomnia.

9 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
The Types and Benefits of Meditation. Verywell Mind. (https://www.verywellmind.com/what-is-meditation-2795927)
Benefits of Mindfulness. HelpGuide.org. (https://www.helpguide.org/harvard/benefits-of-mindfulness.htm)
20 Scientific Reasons to Start Meditating Today. Psychology Today. (https://www.psychologytoday.com/us/blog/feeling-it/201309/20-scientific-reasons-start-meditating-today)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app