Scoliosis - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Dipublish tanggal: Mei 17, 2019 Update terakhir: Mei 18, 2020 Waktu baca: 5 menit

Scoliosis adalah kondisi dimana lengkungan tulang belakang yang tidak normal. Bentuk normal tulang belakang seseorang terbentuk atas lengkungan (kurva0 pada bagian atas bahu dan kurva pada punggung bawah. Jika tulang belakang Anda melengkung dari sisi ke sisi sehingga membentuk huruf "S" atau "C", Anda mungkin menderita Scoliosis.

Menurut American Association of Neurological Surgeons (AANS) , sekitar 80 persen kasus Scoliosis tidak memiliki penyebab yang dapat diidentifikasi. Kondisi ini sering ditemukan pada tujuh tahun pertama kehidupan seorang anak. Biasanya seorang anak dicurigai menderita scoliosis karena ditemukannya :

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Keseleo 5 Kali Visit Di NK Health

Keseleo adalah suatu kondisi dimana ligament pada pergelangan kaki robek atau teregang. Masalah yang dialami adalah adanya bengkak pada pergelangan kaki, nyeri, kelemahan otot-otot ankle dan keterbatasan gerak pada pergelangan kaki. Dengan fisioterapi dapat membantu memulihkan pergelangan kaki yang keseleo menggunakan modalitas seperti ultrasound, tens, ice, dan latihan menggunakan elastic band. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang ( Rontgen, MRI, CT-Scan).

Fisioterapi keseleo 5x visit di nk health
  • Cacat bawaan lahir
  • kelainan neurologis
  • kondisi genetik

Apa jenis Scoliosis yang paling sering ditemukan?

Kategori Scoliosis terbesar adalah Scoliosis idiopatik, istilah idiopatik merujuk pada kasus yang tidak memiliki penyebab pasti. Scoliosis idiopatik dibagi berdasarkan kelompok umur:

  • bayi: 0 hingga 3 tahun
  • remaja: 4 hingga 10 tahun
  • remaja: 11 hingga 18 tahun
  • dewasa: 18+ tahun

Dari jumlah tersebut, Scoliosis idiopatik remaja adalah jenis yang paling umum ditemukan menurut AANS.

Dokter mengidentifikasi penyebab sekitar 20 persen pada kasus-kasus Scoliosis. Yang mana terdiri dari scoliosis jenis:

  • bawaan
    di mana kelainan bentuk tulang belakang terlihat saat lahir
  • neurologis
    ketika kelainan saraf mempengaruhi otot di tulang belakang

Scoliosis juga dapat dikategorikan sebagai struktural atau nonstruktural. Dalam Scoliosis struktural, kurva tulang belakang mengalami scoliosis karena disebabkan oleh penyakit, cedera, atau cacat bawaan lahir, dan bersifat permanen. Scoliosis non struktural menggambarkan pembengkokan sementara yang dapat diperbaiki.

Apa saja tanda dan gejala terjadinya Scoliosis?

Gejala Scoliosis dapat bervariasi tergantung pada derajat Scoliosis. Gejala umum yang terkait dengan Scoliosis meliputi:

  • satu sisi pundak yang lebih tinggi dari yang lainnya
  • satu sisi bahu yang menonjol lebih dari yang lain
  • pinggul yang tidak rata
  • tulang belakang yang berputar
  • masalah pernapasan karena berkurangnya area di dada untuk pengembangan paru-paru
  • sakit punggung

Apa yang menyebabkan Scoliosis?

  • Penyebab Scoliosis seringkali tidak dapat ditentukan. Penyebab umum yang dapat diidentifikasi dokter meliputi:
  • cerebral palsy , sekelompok gangguan sistem saraf yang memengaruhi gerakan, belajar, mendengar, melihat, dan berpikir
  • distrofi muskular , sekelompok kelainan genetik yang mengakibatkan kelemahan otot
  • cacat bawaan lahir yang memengaruhi tulang belakang bayi, seperti spina bifida
  • cedera tulang belakang atau infeksi

Orang dengan riwayat keluarga Scoliosis lebih mungkin untuk menderita kondisi ini. Anak perempuan lebih cenderung memiliki bentuk Scoliosis yang lebih parah daripada anak laki-laki.

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Keseleo 5 Kali Visit Di NK Health

Keseleo adalah suatu kondisi dimana ligament pada pergelangan kaki robek atau teregang. Masalah yang dialami adalah adanya bengkak pada pergelangan kaki, nyeri, kelemahan otot-otot ankle dan keterbatasan gerak pada pergelangan kaki. Dengan fisioterapi dapat membantu memulihkan pergelangan kaki yang keseleo menggunakan modalitas seperti ultrasound, tens, ice, dan latihan menggunakan elastic band. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang ( Rontgen, MRI, CT-Scan).

Fisioterapi keseleo 5x visit di nk health

Bagaimana Scoliosis didiagnosis?

Pemeriksaan fisik mengenai tulang belakang Anda adalah langkah pertama yang dilakukan dokter untuk mengetahui apakah Anda menderita Scoliosis. Dokter Anda juga dapat melakukan beberapa tes pencitraan untuk melihat tulang belakang Anda lebih dekat.

Pemeriksaan fisik
Dokter Anda akan mengamati punggung Anda saat Anda berdiri dengan tangan di samping tubuh. Mereka akan memeriksa kelengkungan tulang belakang dan  memeriksa apakah bahu dan pinggang Anda simetris. Selanjutnya, dokter Anda akan meminta Anda untuk membungkuk ke depan untuk melihat apakah kelengkungan pada punggung atas dan bawah Anda simetris atau tidak.

Pemeriksaan radiologi
Tes pencitraan yang dapat dilakukan oleh dokter Anda untuk mendeteksi Scoliosis meliputi:

  • X-ray :menggunakan sejumlah kecil radiasi untuk membuat gambar tulang belakang Anda
  • Pemindaian MRI: menggunakan gelombang radio dan magnetik untuk mendapatkan gambaran rinci tentang tulang dan jaringan di sekitarnya
  • CT scan : mengambil sinar-X pada berbagai sudut untuk mendapatkan gambar 3-D tubuh
  • pemindaian tulang : mendeteksi solusi radioaktif yang disuntikkan ke dalam darah Anda yang terkonsentrasi di area sirkulasi yang meningkat, sehingga dapat menyoroti apakah terdapat kelainan pada tulang belakang

Apa saja pilihan pengobatan untuk menanganai Scoliosis?

Pengobatan Scoliosis tergantung pada banyak faktor, tingkat kelengkungan tulang belakang adalah faktor utama. Dokter Anda juga akan mempertimbangkan:

  • usia
  • apakah Anda dalam masa pertumbuhan
  • jumlah dan jenis kelengkungan
  • jenis Scoliosis

Pilihan perawatan utama adalah pemasangan bracing dan pembedahan.

Pemasangan Bracing

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Sakit Leher 5 Kali Visit Di NK Health

Untuk pemulihan pasien yang mengalami keluhan pada leher, seperti tightness pada otot-otot sekitar leher sampai ke pundak, timbul gejala neurologis yang terjadi pada penjalaran saraf cervical pada vertebrae dengan menggunakan exercise dan manipulasi. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang (Rontgen, MRI, CT-Scan).

Fisioterapi sakit leher 5x visit di nk health

Menurut National Institute of Arthritis dan Musculoskeletal dan Penyakit Kulit , seseorang dengan Scoliosis mungkin perlu menggunakan brace jika:

  • Mereka masih dalam masa pertumbuhan dan kelengkungan lebih dari 25 hingga 30 derajat.
  • Jika Anda dalam masa pertumbuhan dan derajat kelengkungan antara 20 dan 29 derajat, tetapi kelengkungan semakin memburuk seiring berjalannya waktu.
  • Derajat kelengkungan berkisar antara 20 dan 29 derajat dan orang tersebut memiliki setidaknya dua tahun lagi untuk tumbuh (juga berlaku untuk anak perempuan yang belum mulai menstruasi).

Pemasangan brace tidak akan meluruskan tulang belakang, tetapi mereka dapat mencegah derajat kelengkungan meningkat. Metode perawatan ini lebih efektif untuk kasus-kasus yang terdeteksi sejak dini.

Mereka yang membutuhkan brace perlu memakainya 24 jam sehari untuk efektivitas maksimum. Sebagai pengecualian, anak-anak dapat melepas brace mereka untuk berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan olahraga.

Dokter biasanya menyarankan agar anak-anak memakai brace sampai mereka mencapai usia remaja dan tidak lagi dalam masa pertumbuhan.

Ada dua jenis utama brace:

  • Underarm
    Terbuat dari plastik dan dipasang pas pada tubuh, brace ini hampir tidak terlihat. Brace ini digunakan untuk merawat kurva tulang belakang bagian bawah dan bagian bawah tubuh.
  • Milwaukee
    brace ini dimulai di leher dan menutupi seluruh tubuh, kecuali kaki dan lengan. Brace ni digunakan untuk kurva yang tidak bisa ditangani oleh Brace Underarm.

Pembedahan

Pembedahan biasanya diperuntukkan bagi orang dengan kurva yang melebihi 45 atau 50 derajat. Namun, konsultasikan dengan dokter Anda tentang opsi ini jika Anda telah didiagnosis menderita Scoliosis dan merasa kurva tersebut mengganggu kehidupan sehari-hari Anda atau menyebabkan Anda tidak nyaman.

Fusi tulang belakang adalah prosedur operasi Scoliosis yang standar. Dalam prosedur ini, dokter menyatukan tulang belakang Anda menggunakan cangkok tulang, batangan, dan sekrup. Cangkok tulang terdiri dari tulang atau bahan sintetis. batangan tersebut menahan tulang belakang Anda dalam posisi lurus, dan sekrup menahan batangan tersebut pada tempatnya. Akhirnya, cangkok tulang dan tulang belakang bergabung menjadi satu tulang. Batang yang ditempatkan pada saat operasi dapat disesuaikan pada anak-anak seiring dengan pertumbuhan mereka.

Beberapa risiko operasi fusi tulang belakang meliputi:

  • perdarahan yang berlebihan
  • Penyembuhan yang gagal
  • infeksi
  • rasa sakit
  • kerusakan saraf

Apa prospek jangka panjang untuk Scoliosis?

Prospek jangka panjang untuk Scoliosis tergantung pada seberapa parah kelengkungannya. Untuk kasus ringan hingga sedang, kondisi ini tidak akan mengganggu aktivitas dan fungsi sehari-hari. Individu dengan bentuk Scoliosis parah dapat memiliki keterbatasan fisik.

Hidup dengan Scoliosis bisa sulit. Jika Anda ingin mencari bantuan untuk menangani Scoliosis yang Anda miliki, Anda mungkin ingin mencari kelompok pendukung. Kelompok pendukung memungkinkan Anda untuk bertemu orang lain yang mengalami hal yang sama, dan Anda bisa mendapatkan motivasi dan saran tentang cara mengatasi kondisi ini untuk menjalani aktivitas sehari-hari.


23 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Johnson, S. Healthline (2016). What Causes Scoliosis? (https://www.healthline.com/health/scoliosis)
National Institute of Health (2017). Medline Plus. Scoliosis (https://medlineplus.gov/scoliosis.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi awal mengenai kondisi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini
Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app