Ragam Fakta Menarik Seputar Miss V yang Tak Pernah Terduga

Dipublish tanggal: Mei 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Ragam Fakta Menarik Seputar Miss V yang Tak Pernah Terduga

Ragam Fakta Menarik Seputar Miss V yang Tak Pernah Terduga

Seberapa baik sih Anda mengenal seluk beluk organ seks wanita, yakni vagina? Meski kerap menjadi topik yang tabu dibicarakan, sebenarnya pengetahuan tentang organ kewanitaan ini sangat perlu. Salah satunya berguna untuk menjaga kesehatan Anda nantinya. Tahu tidak, ternyata ada banyak fakta dari vagina yang tak terduga? Ini dia!

Punya Ribuan Ujung Saraf
Vagina atau disebut juga dengan Miss V ini ternyata memiliki 8.000 ujung saraf klitoris yang berada di antara dua bibir vagina. Jumlah ini jauh lebih banyak ketimbang yang ada di penis yang hanya 4.000 saja. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Oleh sebab itulah mengapa area ini menjadi area paling sensitif pada wanita. Rangsangan yang didapat dari saraf ini bahkan bisa mempengaruhi 15.000 saraf lain.

Punya Kesamaan dengan Hiu
Hiu dan vagina ternyata punya kesamaan, loh! Mereka sama-sama mengandung zat dengan nama squalene. Zat ini umumnya ada di hati hiu yang diekstrak menjadi minyak hati hiu. 

Namun, yang ada pada vagina wanita fungsinya jelas berbeda. Squalene di vagina berfungsi sebagai pelumas alami.

Bisa Mengembang
Tahukah Anda bahwa vagina wanita bisa mengembang hingga tiga kali ukuran aslinya? Ukuran normal lebar vagina adalah 3 cm saja. Tak hanya lebarnya, panjangnya pun sama. 

Panjang rata-rata vagina adalah 7 cm dan ketika berhubungan intim bisa menjadi 11 cm. Itu dikarenakan jaringan otot di sekitar vagina yang sangat lentur sehingga bisa meregang alami.

Punya Banyak G-Spot
Fakta lain seputar vagina yang unik adalah ternyata ia punya banyak G-spot. Padahal, banyak orang yang mengira bahwa G-spot vagina hanya ada 1 saja. G-spot inilah yang jadi kunci kenikmatan ketika berhubungan intim.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Memiliki Bau yang Berbeda
Vagina memiliki bau yang khas dan pada setiap perempuan, baunya berbeda. Namun, perlu Anda tahu bahwa bau yang normal adalah tidak wangi layaknya bunga dan malah cenderung asam seperti cuka. Alasan kenapa baunya berbeda ada banyak yakni karena makanan yang dikosumsi, kebersihan pribadi, keringat, apa yang mereka pakai dan lainnya.

Bisa Kentut
Bukan hanya jalan belakang saja yang bisa kentut, vagina pun ternyata juga bisa. Hal ini disebut dengan nama quefing atau udara yang terjebak di saluran vagina dan vagina menghembuskannya keluar. 

Namun, quefing ini tidak berbau. Quefing ini bisa terjadi dikarenakan melemahnya otot vagina dan panggul sehingga udara terjebak.

Sangat Kuat
Vagina ternyata memiliki otot yang sangat kuat. Saking kuatnya otot yang dimiliki vagina, seorang wanita pernah memecahkan rekor di tahun 2009 lalu untuk angkat beban seberat 30 gram dengan menggunakan vagina. Kekuatannya ini bahkan bisa memerangkap penis sehingga terjadi penis captivus atau vagina menjepit penis dan membuatnya tak bisa keluar.

Bisa Runtuh
Meski kuat, ternyata vagina juga bisa runtuh. Kondisi ini dikenal dengan nama hernia atau turun bero. 

Kondisi ini disebut dengan prolaps utero-vagina yang menyebabkan vagina atau rahim menonjol keluar. Biasanya, hal ini terjadi setelah melahirkan atau di masa menopause. Namun, ini bisa diperbaiki dengan cara operasi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Tingkat Keasamannya sama dengan Tomat
Vagina pada umumnya memiliki pH 4. Angka pH ini setara dengan segelas red wine atau satu buah tomat. 

Keasaman dengan tingkat ini adalah normal dan yang paling baik untuk vagina. Sebab, dengan ini keseimbangan ekosistem di vagina bisa terjaga. Hindari menggunakan produk kebersihan tertentu karena sebenarnya ini bisa menyebabkan iritasi.

Bisa Membersihkan Diri Sendiri
Bila pria harus rutin membersihkan penisnya untuk mencegah infeksi jamur dan bakteri, wanita tidak. Sebab, vagina memiliki sistem pembersihan diri otomatis yang berasal dari cairan alami yang bisa membersihkan bakteri jahat. 

Cairan alami itu bisa menjaga kesehatan vagina Anda. Namun, cairan itu juga bisa rusak bila Anda memakai produk tertentu di sana.

Darah Menstruasi Bisa Dijadikan Obat Gagal Jantung
Sebuah penelitian telah dilakukan untuk mengobati pasien gagal jantung. Sampel penelitiannya adalah darah menstruasi. 

Darah tersebut dikultur dalam lab untuk menghasilkan berbagai sel baru yang salah satunya adalah sel punca. Sel inilah yang dibuat menjadi sel otot jantung dan bisa memperbaiki jantung. Hasilnya, disimpulkan darah haid bisa membantu.

Wah, ternyata ada banyak sekali fakta seputar vagina yang selama ini tabu untuk dibicarakan, ya? Meski sangat tabu, namun tentunya tak masalah Anda mencari tahunya sebab ini juga baik untuk Anda. Dengan begitu, Anda bisa menjaga kebersihannya dan juga organ kewanitaan lain lebih baik.

13 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Wallen K, et al. (2011). Female sexual arousal: Genital anatomy and orgasm in intercourse. DOI: (https://dx.doi.org/10.1016%2Fj.yhbeh.2010.12.004)
Suschinsky KD, et al. (2012). Is sexual concordance related to awareness of physiological states? DOI: (https://doi.org/10.1007/s10508-012-9931-9)
Pendergrass PB, et al. (1996). The shape and dimensions of the human vagina as seen in three-dimensional vinyl polysiloxane casts. DOI: (https://www.karger.com/Article/Abstract/291946)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app