Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Squalene: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Update terakhir: NOV 17, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 884.391 orang

Squalene ialah salah satu jenis supplemen yang biasanya berbentuk kapsul atau obat oles yang umumnya diproduksi oleh proses ekstrasi minyak ikan terutama minyak hati ikan hiu dari perairan laut yang paling dalam. 

Produk Squalene yang umumnya terkenal ialah squalene yang berasal dari perairan dalam laut Australia. Sebenarnya squalene sendiri merupakan senyawa organik yang ada dan dapat diproduksi oleh makhluk hidup baik itu tubuh manusia, hewan dan tumbuh tumbuhan.   

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Di dalam tubuh manusia sendiri, biasanya squalene diproduksi oleh organ hati dan bersikulasi di dalam darah.

Fungsi kegunaan Squalene

Squalene yang terdapat dalam tubuh manusia atau yang sudah berupa supplemen hasil ekstrasi minyak hati ikan hiu umumnya digunakan sebagai antioksidan alami bagi kulit dan tubuh karena squalene merupakan sumber pelembab alami bagi kulit yang kaya akan kandungan emollient yang efektif dalam melembabkan kulit yang kering. 

Selain fungsinya yang sangat baik untuk kulit manusia, supplemen squalene juga sangat baik dalam mengatasi kolesterol tinggi pada tubuh manusia karena kandungan yang ada pada squalene telah diteliti mampu menaikkan tingkat kolesterol baik atau HDL dan bisa juga menurunkan tingkat kolesterol jahat atau LDL dan trigliserida. 

Fungsi supplemen squalene yang baik lainnya bagi tubuh ialah untuk memperlancar sistem pernafasan, mengobati sariawan, mencegah sakit akibat proses radiasi, meningkatkan imun dan sistem kekebalan tubuh dan dipercaya juga mampu mengobati penyakit mematikan seperti penyakit kanker.

Dosis pengkonsumsian supplemen Squalene

Supplemen squalene merupakan salah satu supplemen yang dijual bebas di pasaran. Walaupun dibanderol dengan harga yang lebih mahal dibanding supplemen lainnya yang digunakan untuk menurunkan kolesterol jahat dan supplemen pelembab kulit pada umumnya namun minat masyarakat pada supplemen squalene tetaplah tinggi karena manfaat yang sangat baik dan besar yang dimiliki di dalam setiap kapsul atau obat oles squalene. 

Untuk dosis pemakaiannya, para konsumen bisa melihat cara pemakaian dan dosisnya di bagian belakang kemasan supplemen squalene yang sudah dibeli. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Umumnya di setiap kemasan akan ditulis standard dosis yang harus dioleskan atau dikonsumsi oleh konsumen sesuai kebutuhan konsumen dan usia konsumen sehingga konsumen yang sudah membeli supplemen squalene hanya tinggal mengikuti petunjuk pemakaian dan dosisnya saja.

Peringatan dalam mengkonsumsi Squalene

Selalu ikuti petunjuk pemakaian yang terdapat di balik kemasan supplemen squalene.

Bila ingin mengkonsumsi supplemen squalene untuk menyembuhkan atau merawat tubuh yang memang sedang mengalami penyakit seperti kolesterol yang tinggi dibarengi dengan mengkonsumsi obat obatan jenis lainnya dari dokter sebaiknya memberitahukan kepada team dokter terlebih dahulu sebelum mencampur pemakaian supplemen squalene dan obat obatan dari dokter karena dikhawatirkan akan menyebabkan interaksi obat kimiawi di dalam tubuh pasien tersebut. 

Ingat juga untuk memberikan jedah waktu atau interval waktu 2 hingga 3 jam dari pengkonsumsian obat dokter dengan pengkonsumsian atau penggunaan supplemen squalene.

Untuk pemakaian supplemen squalene yang bentuknya beruma krim, lotion atau obat oles maka sebaiknya konsumen untuk membersihkan terlebih dahulu area kulit yang mau diberikan squalene atau pemakaian bisa digunakan setelah konsumen mandi terlebih dahulu. Usahakan bagian kulit yang mau diolesi squalene dalam keadaan bersih dan juga kering. 

Bila selama pemakaian pada kulit muncul iritasi atau reaksi yang tidak diinginkan pada kulit konsumen, segeralah memberhentikan pemakaian supplemen squalene dan konsultasikan keadaan kulitmu ke dokter terdekat apabila kulitmu tidak juga membaik setelah pemberhentian pemakaian squalene.  

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Perlu untuk kamu ingat bahwa untuk tidak mengoleskan krim atau losion squalene pada area kulit yang sensitif dan tipis seperti pada area sekitar mata dan sekitar membran mukosa atau area pada jaringan lunak yang melindungi area hidung, rektum, mulut dan area vagina.

Efek samping pemakaian Squalene

Belum banyak efek samping yang ditemukan pada para konsumen pemakai obat oles squalene atau pengkonsumsi supplemen squalene. 

Namun bila terjadi alergi saat menggunakan obat oles squalene atau setelah meminum supplemen squalen maka konsumen bisa segera menghentikan pemakaian atau konsumsi squalene agar efek samping dapat segera dihindari.


Referensi

BPOM RI (2018). Cek BPOM. Squalene.

Drugs (2011). Shark Liver Oil.

Gabas-Rivera et al. (2014). Dietary Squalene Increases High Density Lipoprotein-Cholesterol and Paraoxonase 1 and Decreases Oxidative Stress in Mice. PLoS One, 9(8), e104224.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini