Pokeweed: Informasi Manfaat dan Cara Kerja

Dipublish tanggal: Mei 17, 2019 Update terakhir: Okt 26, 2020 Waktu baca: 3 menit

Pokeweed yang juga dikenal sebagai Phytolacca americana merupakan tanaman tahunan yang beracun dan memiliki manfaat herbal ( buah dan akarnya biasanya digunakan sebagai obat). Pokeweed termasuk dalam keluarga pokeweed Phytolaccaceae yang tumbuh setinggi 8 kaki (2,4 m).

Pokeweed memiliki daun yang tumbuh pada batang hijau kemerahan atau keunguan dengan akar putih besar. Bunganya berwarna hijau hingga putih, diikuti oleh beri yang berwarna ungu kehitaman yang merupakan sumber makanan untuk burung seperti grey catbird, mockingbird dan burung-burung lainnya.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Bagian Pokeweed yang dapat dimakan yaitu daunnya, namun daun pokeweed harus dimasak dan sebaiknya airnya diganti hanya sekali saja. Hanya daun muda pokeweed yang dapat digunakan karena dapat berpotensi beracun jika sudah matang. Perhatian disarankan, lihat catatan di atas tentang toksisitas. 

Tunas muda jika dimasak dapat digunakan sebagai pengganti asparagus. Buah pokeweed dapat dimasak dan digunakan dalam membuat pai.

Mengenai Pokeweed

Golongan

Herbal

Kemasan

Ekstrak daun muda, buah berry dan ekstrak akar pokeweed

Kandungan

Pokeweed memiliki kandungan tertinggi Vitamin C. Satu cangkir (160 gram) tunas mentah Pokeberry menawarkan sekitar 217 mg Vitamin C, 696 ug Vitamin A, 0,528 mg Vitamin B2, 2,72 mg Besi, 0,669 mg Mangan, 0,251 mg Tembaga, 0,234 mg Vitamin B6, 1,92 mg Vitamin B3, 0,128 mg Vitamin B1 dan 70 mg Fosfor.

Manfaat Pokeweed

Pokeweed mungkin tidak aman untuk digunakan. 

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Meskipun demikian, akar pokeweed telah digunakan untuk mengatasi nyeri otot dan sendi yang pegal-pegal (rematik), pembengkakan pada hidung, tenggorokan, radang amandel, tenggorokan serak pembengkakan kelenjar getah bening, mastitis pada payudara, penyakit gondok, infeksi kulit termasuk scabies, tinea, sycosis, kurap, dan jerawat. 

Akar pokeweed juga diketahui dapat mengatasi retensi cairan (edema), kanker kulit, kram saat menstruasi, dan sifilis.

Daun pokeweed muda dan buah beri dapat dimakan sebagai makanan, tetapi hanya setelah dimasak dengan benar dengan merebus beberapa perubahan air. Dalam makanan, pokeweed berry dapat digunakan sebagai pewarna makanan merah dan sebagai pewarna anggur. 

Dalam penggunaan pabrik, pokeweed berry dapat digunakan untuk membuat tinta dan pewarna.

Dosis Pokeweed

Dosis pokeweed yang tepat tergantung pada beberapa faktor seperti usia pengguna, kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya. Perlu diingat bahwa produk alami tidak selalu aman dan penggunaan dosis bisa menjadi sangat penting. 

Pastikan untuk mengikuti petunjuk yang relevan pada label produk dan konsultasikan dengan apoteker atau dokter atau profesional kesehatan lainnya sebelum menggunakan.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Pada dosis 1 g, akar pokeweed kering bersifat emetik dan pencahar. Pada dosis rendah 60 hingga 100 mg / hari, akar dan beri pokeweed telah digunakan untuk mengobati rematik dan untuk stimulasi kekebalan tubuh. Namun, masih belum ada uji klinis yang mendukung penggunaan atau dosis tersebut.

Efek samping Pokeweed

Pokeweed dapat menyebabkan mual, muntah, kram, sakit perut, diare, tekanan darah rendah, kesulitan mengontrol buang air kecil (inkontinensia), haus, dan efek samping serius lainnya.

Jangan menyentuh pokeweed dengan tangan kosong. Bahan kimia di dalam tanaman dapat menembus kulit dan mempengaruhi darah. Gunakan sarung tangan pelindung sebelum menyentuh pokeweed.

Interaksi Pokeweed dengan obat Lain

Sampai saat ini masih belum ada informasi yang cukup mengenai interaksi pokeweed dengan penggunaan obat-obatan. Namun sebelum menggunakan pokeweed sebaiknya Anda konsultasikan kembali ke dokter mengenai obat-obatan yang sedang Anda gunakan. 

Hal tersebut dilakukan untuk menghindari terjadinya reaksi yang tidak diinginkan.

Perhatian

  • Kehamilan dan menyusui: Pokeweed tidak aman untuk digunakan pada kondisi tertentu, khususnya pada wanita hamil untuk tidak meminumnya atau mengoleskannya ke kulit. Buah Pokeweed dapat menyebabkan rahim berkontraksi dan menyebabkan keguguran. Wanita menyusui juga harus menghindari penggunaan pokeweed.
  • Anak-anak: Pokeweed tidak aman untuk anak-anak. Bahkan satu buah beri bisa beracun bagi seorang anak.

Sebelum Anda menggunakan pokeweed ada baiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu ke dokter atau profesional kesehatan lainnya mengenai manfaat dan efek samping penggunaan dari tanaman tersebut. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya komplikasi dari penggunaannya.


2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Pokeweed: Benefits, Side Effects, and Preparations. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/can-pokeweed-provide-health-benefits-4587368)
Pokeweed: Uses, Side Effects, Interactions, Dosage, and Warning. WebMD. (https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-220/pokeweed)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app