Pilihan Pengobatan Kanker Usus Besar Stadium Awal

Dipublish tanggal: Agu 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 11, 2020 Waktu baca: 3 menit
Pilihan Pengobatan Kanker Usus Besar Stadium Awal

Kanker usus besar adalah jenis kanker yang dimulai di usus besar yang merupakan bagian terakhir dari saluran pencernaan. Kanker usus besar biasanya mempengaruhi orang dewasa yang lebih tua, meskipun itu bisa terjadi pada usia berapa pun. 

Kelainan yang dibentuk biasanya dimulai sebagai gumpalan kecil, sel non-kanker (jinak) yang disebut polip yang terbentuk di bagian dalam usus besar. Seiring waktu beberapa polip ini dapat menjadi kanker usus besar.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Polip dapat berbentuk kecil dan secara perlahan menimbulkan gejala. Untuk alasan ini, dokter merekomendasikan tes skrining secara teratur untuk membantu mencegah kanker usus dengan mengidentifikasi dan menghilangkan polip sebelum berubah menjadi kanker.

Jika kanker usus besar berkembang, banyak perawatan tersedia untuk membantu mengendalikannya, termasuk pembedahan, terapi radiasi dan perawatan obat, seperti kemoterapi, terapi yang ditargetkan dan imunoterapi.

Kanker usus besar kadang-kadang disebut kanker kolorektal, yang merupakan istilah yang menggabungkan kanker usus besar dan kanker dubur, yang dimulai pada daerah anus

Stadium Kanker Usus Besar

Stadium pada kanker usus besar dinilai dari berkembangnya tumor, penyebarannya di kelenjar getah bening, dan metastase atau penyebaran di bagian organ tubuh lain. 

Salah satu alat yang digunakan dokter untuk menggambarkan panggung adalah sistem TNM. Dokter menggunakan hasil dari tes diagnostik dan scan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini:

Hasilnya digabungkan untuk menentukan stadium kanker untuk setiap orang. Stadium ini menyediakan cara umum untuk menggambarkan kanker, sehingga dokter dapat bekerja sama untuk merencanakan perawatan terbaik. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Berikut adalah kategori stadium pada kanker usus besar:

  • Stadium 0: Ini disebut kanker in situ. Sel-sel kanker hanya di mukosa, atau lapisan dalam, dari usus besar atau dubur.
  • Stadium IIA: Kanker telah tumbuh melalui dinding usus besar atau rektum dan belum menyebar ke jaringan terdekat atau ke kelenjar getah bening di dekatnya 
  • Stadium IIB: Kanker telah tumbuh melalui lapisan otot ke lapisan perut, yang disebut percerium visceral. Ini belum menyebar ke kelenjar getah bening di dekatnya atau di tempat lain 
  • Stadium IIC: Tumor telah menyebar melalui dinding usus besar atau rektum dan telah tumbuh menjadi struktur di dekatnya. Ini belum menyebar ke kelenjar getah bening di dekatnya atau di tempat lain 
  • Stadium IIIA: Kanker telah tumbuh melalui lapisan dalam atau ke dalam lapisan otot usus. Ini telah menyebar ke 1 hingga 3 kelenjar getah bening atau ke nodul tumor dalam jaringan di sekitar usus besar atau dubur yang tampaknya bukan kelenjar getah bening tetapi belum menyebar ke bagian lain dari tubuh 
  • Stadium IIIB: Kanker telah tumbuh melalui dinding usus atau ke organ-organ di sekitarnya dan menjadi 1 hingga 3 kelenjar getah bening atau ke nodul tumor dalam jaringan di sekitar usus besar atau dubur yang tampaknya bukan kelenjar getah bening.
  • Stadium IIIC: Kanker usus besar, terlepas dari seberapa dalam ia tumbuh, telah menyebar ke 4 atau lebih kelenjar getah bening tetapi tidak ke bagian tubuh yang jauh lainnya 
  • Stadium IVA: Kanker telah menyebar ke satu bagian tubuh yang jauh, seperti hati atau paru-paru 
  • Stadium IVB: Kanker telah menyebar ke lebih dari 1 bagian tubuh
  • Stadium IVC: Kanker telah menyebar ke peritoneum. Mungkin juga telah menyebar ke situs atau organ lain.

Penanganan Kanker Usus Besar stadium 0 awal

Pembedahan seringkali merupakan pengobatan yang direkomendasikan untuk kanker kolon stadium 0.

Karena kanker usus besar stadium 0 belum tumbuh di luar lapisan dalam usus besar, pembedahan untuk mengangkat kanker seringkali merupakan satu-satunya pengobatan yang diperlukan. 

Dalam kebanyakan kasus, tindakan dapat dilakukan dengan menghapus polip atau mengambil daerah dengan kanker melalui colonoscope (eksisi lokal). Pengangkatan sebagian dari usus besar (colectomy parsial) mungkin diperlukan jika suatu tumor terlalu besar untuk diangkat oleh eksisi lokal.

Berikut adalah metode pembedahan yang dapat dilakukan: 

  • Polipektomi - menjerat dan menghilangkan polip yang mengandung kanker selama kolonokopi
  • Eksisi lokal - pengangkatan pertumbuhan kolon secara perlahan dan bertahap selama tindakan kolonoskopi
  • Open surgery- mengangkat kanker, bagian usus besar, dan kelenjar getah bening di sekitarnya dalam situasi berisiko tinggi. 

Kanker stadium Awal tidak membutuhkan kemoterapi biologis dan radiasi. Pemantauan kesehatan penderita kanker harus terus dikontrol untuk mencegah kekambuhan. 

20 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Grothey A, et al. Duration of adjuvant chemotherapy for stage III colon cancer. New England Journal of Medicine. 2018;378:1177.
Warner KJ. Allscripts EPSi. Mayo Clinic, Rochester, Minn. Oct. 10, 2019.
Dean PA, et al. Laparoscopic-assisted segmental colectomy: Early Mayo Clinic experience. Mayo Clinic Proceedings. 1994;69:834.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app