Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Perawatan Tubuh

Perut Ramping Setelah Melahirkan, Ini Caranya

Update terakhir: NOV 17, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 1.141.617 orang

Perut Ramping Setelah Melahirkan, Ini Caranya

Saat hamil, bentuk tubuh Ibu akan berubah secara perlahan. Namun yang paling terlihat adalah bagian tubuh yang semakin membesar yang dikarenakan oleh nafsu makan yang bertambah. Ya, saat hamil, kebanyakan para ibu makan lebih banyak karena beranggapan bahwa ia harus makan untuk dua orang, yaitu dirinya dan calon bayi yang ada di dalam kandungan. Tak heran jika banyak Ibu hamil yang mengalami kelebihan berat badan. 

Apa pun alasannya, kelebihan berat badan bisa mengakibatkan terjadinya obesitas yang tentunya dapat memberikan dampak negatif pada kesehatan Anda. Sayangnya, selama mengandung banyak ibu yang tidak memperhatikan hal tersebut. Para ibu baru menyadari 'kesalahan' tersebut setelah melahirkan dan merasa lingkar pinggangnya telah membesar. Oleh sebab itu, banyak ibu yang kemudian bersemangat melakukan diet agar perut ramping seperti semula. 

Seperti diketahui, bahwa lemak di area perut lebih sulit dihilangkan dan berbahaya dibandingkan dengan lemak panggul dan lemak paha. Terlebih, timbunan lemak berlebih dapat meningkatkan risiko penyakit yang lebih serius seperti penyakit jantung dan pembuluh darah, diabetes dan gangguan metabolisme.

Menurut dr. Janfrional, untuk mengurangi berat badan dan lingkar pinggang setelah melahirkan adalah dengan melakukan beberapa hal, seperti:

Latihan aerobik
Salah satu cara efektif untuk mengecilkan perut setelah melahirkan adalah dengan melakukan latihan aerobik, seperti jogging sebanyak 4-5 kali setiap minggu selama 30 menit.

Kurangi makan
Agar perut mengecil, maka sebaiknya Anda melakukan diet untuk menurunkan berat badan. Caranya yaitu dengan mengurangi porsi makan, terutama karbohidrat yaitu nasi. Namun, hal tersebut harus dilakukan secara bertahap dan perlahan.

Namun, untuk mengetahui seberapa ideal bentuk perut Anda, dapat melakukan cara dengan menghitung berat badan dengan rumus BMI (Body Mass Index). Kemudian, ukur lingkar pinggang dari atas tulang pinggul. Untuk pinggang wanita sebaiknya tidak lebih dari 80cm, sedangkan laki-laki tidak lebih dari 90cm.

Seperti yang sudah dijelaskan oleh dr. Janfrional, cara efektif untuk mengecilkan perut setelah melahirkan adalah dengan melakukan diet sehat dan melakukan olahraga.

Nah, berikut ini adalah beberapa jenis makanan dan olahraga untuk mengembalikkan bentuk perut Anda seperti semula:

Gandum
Untuk mengecilkan perut, sebaiknya Anda mengurangi konsumsi karbohidrat dan menggantinya dengan gandum. Hal itu disebabkan gandum memiliki kandungan serat yang tinggi yang dapat menjaga level insulin Anda tetap rendah. 


Ikan salmon
Selain bagus untuk kesehatan otak, ikan salmon juga dapat membantu tubuh dalam pembakaran lemak dan mencegah penumpukan lemak. Hal itu disebabkan, ikan salmon kaya akan kandungan omega-3.

Kuning telur
Kuning telur mengandung protein dan vitamin B12 yang dapat membantu dalam menghancurkan sel lemak dan kandungan choline nya dapat membantu metabolisme lemak sehingga dapat mengecilkan perut.


Kardio
Salah satu cara mengecilkan perut yaitu dengan melakukan latihan kardio yang dapat berfungsi untuk membantu Anda membakar kalori dan menjaga tubuh tetap ramping. Lakukanlah minimal 30 menit setiap harinya.

Latihan otot perut
Latihan otot-otot adalah salah satu hal penting, salah satunya yaitu dengan melakukan pelatihan otot perut bagian atas, bawah dan sisi samping. Anda dapat melakukan sit-up dengan berbagai variasi.

 Semoga bermanfaat!(PR)

Ditinjau oleh: dr. Nina Amelia Gunawan

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit