Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR SCIENTIA INU KIRANA ENWA SIWI
Olahraga dan Kebugaran

Cara Mengecilkan Perut Buncit Dengan Cepat dan Sehat

Update terakhir: SEP 21, 2019 Tinjau pada SEP 21, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 928.778 orang

Cara Mengecilkan Perut Buncit Dengan Cepat dan Sehat

Memiliki perut buncit tentu bukanlah suatu kebanggaan, malah hal ini sering kali membuat seseorang risih, tak percaya diri bahkan minder. Apalagi bagi seorang wanita yang selalu ingin tampak terlihat langsing dan seksi.

Selain merusak penampilan, perut buncit juga mengindikasikan kondisi yang kurang sehat, Oleh karena itu diperlukan cara mengecilkan perut dengan cepat namun tetap memperhatikan kesehatan.

Mungkin banyak cara mengecilkan perut buncit yang telah dilakukan, baik dengan olah raga, diet ketat, ramu-ramuan, dan sebagainya. Namun ternyata hasilnya tidak memuaskan, atau mungkin malah hanya mendapat efek samping yang merugikan kesehatan, duh jangan sampai deh!.

Ketahui kenapa perut bisa buncit?

Perut buncit memang banyak penyebabnya tapi yang akan kita bahas disini adalah perut buncit karena penimbunan lemak yang berlebihan pada bagian perut, oleh karena cara mengecilkan perut buncit disini bertujuan untuk membakar lemak sehingga dapat mengurangi perut buncit agar menjadi rata dan langsing.

Berbicara mengenai lemak perut, ada 2 jenis lemak perut yaitu lemak subkutan dan lemak visceral. Lemak subkutan merupakan lemak dibawah kulit yang dapat kita goyang dengan tangan kita. Sedangkan lemak visceral (lemak dalam) lebih berbahaya, yaitu lemak yang melekat pada organ-organ Anda seperti usus, jantung dan organ lainnya.

Sel-sel lemak visceral tampak lebih besar dan lebih resisten terhadap insulin daripada sel-sel lemak tubuh lainnya. Akibat resistensi insulin tersebut proses pembakaran sel-sel lemak menjadi lebih lambat. Hubungan antara resistensi insulin dan obesitas sangat kuat, dan keduanya merupakan faktor risiko utama untuk pengembangan diabetes melitus tipe 2 (kencing manis).

Selain itu, lemak pada perut didominasi oleh lemak kuning yang mudah untuk meningkatkan risiko penyakit seperti jantung, atherosclerosis, stroke, diabetes dan penyakit degenerative yang laiinya.

Berikut cara mengecilkan perut dengan cepat dan aman

1. Diet secara teratur dengan kebiasaan makan yang sehat

Jika gaya makan kita tidak sehat, maka jangan berharap dapat mengurangi lemak perut apalagi mengecilkan perut dengan berhasil. Bahkan, mungkin itu salah satu alasan mengapa sekarang perut menjadi buncit, maka harus diubah kebiasaan makan sebelumnya yang buruk itu.

Diet sehat untuk mengecilkan perut antara lain:

  • Sering makan buah-buahan dan sayuran (serat)
  • Makanan rendah lemak dan rendah kalori
  • Makanan tinggi protein
  • Hindari Alkohol
  • Makan tetap teratur (3 kali sehari) namun dengan porsi yang lebih kecil dibanding biasanya. Jangan mentang-mentang ingin cepat mengecilkan perut, lantas melewatkan waktu makan. Hal ini malah akan membuat kelaparan dan dapat menghilangkan massa otot dan kurus tak sehat.
  • Minum air 2-3 liter sehari
  • Makanlah cemilan sehat seperti buah atau makanan yang tinggi serat.
  • Jangan makan diatas jam 6 malam untuk mencegah penumpukan lemak

2. Latihan atau olah raga perut secara konsisten

Kita tidak bisa hanya duduk di sofa sambil bermimpi mendapatkan perut yang langsing. Tapi kita harus melakukan beberapa olah raga yang menggerakkan otot-otot perut. Hal ini bertujuan untuk membakar lemak sehingga tujuan kita mengecilkan perut dapat tercapai.

Banyak jenis latihan atau olah raga yang dilakukan sebagai cara untuk mengecilkan perut dengan sehat, antara lain:

  • Sit-up , belly dance, sikap lilin, plank merupakan  beberapa olahraga yang baik untuk membakar lemak perut.
  • Olahraga teratur akan membantu mencapai tujuan.
  • Pastikan latihan dengan intensitas tinggi untuk mengecilkan lemak perut dengan lebih cepat.
  • Latihan kardio seperti lari sprint, berenang, aerobic, senam juga dapat membantu.
  • Olahraga juga membantu meningkatkan metabolisme sehingga dapat juga membantu menurunkan berat badan.

3. Mengikuti gaya dan pola hidup yang sehat

Untuk dapat mengecilkan perut dan mempertahankannya, maka kita harus menjalani gaya hidup sehat. Hal ini memang sudah termasuk diet dan olahraga seperti di atas. Namun disamping itu, kita juga harus memiliki kebiasaan yang baik untuk mendukung pengurangan lemak.

Tentu kita tidak ingin ketika sudah langsing, perut kembali buncit karena gaya hidup yang tidak sehat. Ada banyak cara untuk mencapai gaya hidup sehat sebagai cara mengecilkan perut dan mempertahankannya:

  • Istirahat malam yang baik. Tidur malam yang cukup akan membantu kita memiliki energi untuk berolahraga. Selain itu kurang tidur dapat membuat kita mudah terasa lapar sehingga akan makan lebih banyak dan pada akhirnya terjadi penimbunan lemak di perut.
  • Jangan Merokok. Perokok lebih cendrung memiliki penumpukan lemak pada perut dibanding mereka yang tidak merokok, karena rokok dapat meningkatkan hormon stress, cortisol, yang memiliki peran demikian. Ketika sesorang berhenti merokok, maka lemak pada perut akan menurun.
  • Berpikir positif. Selalu berpikiran positif dan tidak stress akan membantu kita menurunkan lemak perut. Kita perlu bersikap positif dalam rangka melaksanakan rencana untuk mendapatkan perut yang rata.  Jangan malah stres duluan, karena kemungkinan berhasilnya akan kecil.

Itulah cara mengecilkan perut buncit dengan cepat & sehat yang dapat diterapkan untuk Anda. Selain itu, Anda tidak dianjurkan untuk meminum obat-obatan atau ramuan khusus yang tidak memiliki penjelasan secara medis yang mungkin malah akan menimbulkan efek samping yang merugikan kesehatan.

Membutuhkan keinginan dan konsistensi yang tinggi untuk bisa mengecilkan perut buncit, terlebih jika tidak bisa mengubah gaya hidup menjadi pola hidup yang sehat, rasanya sangat sulit untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Tidak perlu dilakukan secara ekstrim pada awal-awal, asalkan bisa menemukan cara yang paling nyaman untuk Anda yang bisa Anda lakukan secara konsisten.

 

Referensi

Anderson, T. Health (2014). Get a Flat Belly in 4 Weeks.

Ashford, K. Health (2013). Your A-to-Z Guide to a Flat Belly.

Baby Center (2017). Body changes after childbirth.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit