Peru Balsam: Informasi Manfaat dan Cara Kerja

Dipublish tanggal: Mei 17, 2019 Update terakhir: Okt 26, 2020 Waktu baca: 3 menit

Peru balsam adalah tanaman herbal yang berasal dari pohon yang dikenal sebagai Myroxylon balsamum var. pereirae, yang ditanam di Amerika Tengah (terutama di El Salvador) dan Amerika Selatan. Getah berminyak dari kulit kayu tanaman ini dapat digunakan untuk membuat obat. 

Bedakan antara peru balsam dengan tolu balsam, yang merupakan getah berminyak dari batang Myroxylon balsamum.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1

Peru balsam digunakan sebagai obat luar, karena berpotensi menyebabkan keracunan jika digunakan dengan cara dikonsumsi. 

Peru balsam digunakan dengan cara dioleskan langsung ke kulit untuk mengobati luka infeksi, luka bakar, luka baring (dekubitus) yang terinfeksi dan tidak dirawat dengan baik, cold sore, borok kaki yang disebabkan oleh sirkulasi yang buruk, memar, wasir, gatal pada anus, ruam popok, kulit yang teriritasi karena gesekan atau keringat, dan pendarahan.

Meskipun tidak aman untuk dikonsumsi, beberapa orang meyakini Peru balsam dapat digunakan untuk mengobati kanker, meningkatkan produksi urin (sebagai diuretik), dan membasmi cacing usus.

Dalam dunia kedokteran gigi, Peru balsam dapat digunakan untuk merawat "soket kering", kondisi nyeri pada gigi yang kadang-kadang terjadi setelah cabut gigi. Peru balsam juga dapat digunakan dalam campuran pasta gigi.

Dalam keperluan bahan-bahan rumah tangga, peru balsam dapat ditambahkan ke parfum, sabun, dan kosmetik sebagai pewangi. Hal ini dilakukan untuk membantu menjaga parfum agar tidak menguap terlalu cepat.

Mengenai Peru Balsam

Golongan

Herbal

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1

Kemasan

Ekstrak minyak

Kandungan

  • Cinnamein
  • Asam sinamat
  • Ssinamat sinamat
  • Benzil benzoat
  • Asam benzoat
  • Vanillin
  • Alkohol asam sinamat
  • Aldehida
  • Farnesol
  • Nerolidol
  • Resin
  • Ester

Manfaat Peru Balsam

Peru balsam dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri, dan membunuh serangga kecil (tungau) yang menyebabkan kondisi kulit yang disebut scabies. Dan juga dapat meningkatkan pertumbuhan sel kulit.

Peru balsam telah digunakan dalam perawatan dry socket dalam kedokteran gigi, obat oles sebagai pengobatan untuk luka dan bisul, dan dalam bentuk pil supositoria (pil yang dimasukan ke dalam anus) untuk mengatasi wasir.

Namun, hanya ada sedikit penelitian klinis yang mendukung penggunaan peru balsam untuk kegunaan seperti di atas. Oleh karena itu, diperlukan lebih banyak bukti untuk menilai efektivitas Peru balsam. Peru balsam tidak dianjurkan untuk digunakan secara internal.

Dosis Peru Balsam

Peru balsam digunakan sebagai obat luar dalam formulasi 5% hingga 20% untuk mengatasi luka dan luka bakar. Laporan kasus dan studi klinis kecil melaporkan kemanjuran balsam yang dikombinasikan dengan bahan lain dalam pengelolaan luka. 

Namun, tidak ada studi klinis terbaru yang dikontrol dengan baik, yang dapat menentukan penggunaan peru balsam dengan dosis yang tepat.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Obat ini hanya untuk pemakaian luar. Ikuti petunjuk pada label kemasan. Cuci tangan Anda sebelum dan sesudah mengaplikasikan. Oleskan peru balsam secara tipis ke daerah yang mengalami luka. Luka dapat dibiarkan terbuka atau dibalut seperti yang diarahkan oleh dokter atau profesional kesehatan Anda.

Overdosis: Jika Anda merasa terlalu banyak menggunakan obat ini dan timbul gejala-gejala klinis yang tidak diinginkan, segera pergi ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat, atau hubungi penyedia layanan kesehatan di tempat Anda.

Efek samping Peru Balsam

Mengkonsumsi peru balsam dengan cara dimakan atau diminum, dapat merusak ginjal. Peru Balsam aman digunakan untuk diaplikasikan pada kulit dengan waktu singkat (kurang dari satu minggu). 

Namun, walaupun demikian, penggunaan peru balsam tetap dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit dan menyebabkan kulit menjadi sangat sensitif terhadap sinar matahari. Kenakan tabir surya di luar, terutama jika Anda berkulit terang.

Interaksi Peru Balsam

Jangan gunakan obat ini dengan obat-obatan berikut:

  • sulfadiazin perak
  • Produk kecantikan yang diaplikasikan pada kulit di tempat yang sama

Daftar ini mungkin tidak menjelaskan semua interaksi yang berpotensi dapat terjadi pada penggunaan peru balsam. Beritahukan penyedia layanan kesehatan Anda mengenai daftar semua obat-obatan, ramuan atau suplemen makanan yang Anda gunakan. 

Beri tahu mereka jika Anda merokok, minum alkohol, atau menggunakan obat-obatan terlarang. Beberapa zat mungkin dapat berinteraksi dengan penggunaan peru balsam.

Perhatian :

  • Kehamilan dan menyusui: Tidak cukup diketahui tentang penggunaan balsam Peru selama kehamilan. Hindari penggunaan peru balsam jika tidak dianjurkan oleh ahli kesehatan.
  • Mungkin tidak aman untuk menerapkan Peru balsam pada kulit selama menyusui. Jika terkena puting susu, bayi yang menyusu mungkin dapat keracunan.
  • Bicaralah dengan dokter anak Anda mengenai penggunaan obat ini pada anak-anak. Perawatan khusus mungkin diperlukan.
  • Jangan sampai balsam mengenai mata. Jika balsam mengenai mata, segera bilas dengan air mengalir.
  • Jangan menggunakan obat ini lebih sering daripada yang disarankan. Jangan berhenti menggunakan obat ini kecuali atas saran dokter atau profesional kesehatan lainnya.
  • Penyakit ginjal: Peru balsam dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan mungkin memperburuk penyakit ginjal yang ada. Jangan gunakan Peru balsam jika Anda memiliki masalah ginjal.

6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Bruynzeel, Derk. (2003). Balsam of Peru (Myroxylon pereirae). 10.1007/978-3-642-55706-4_11.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/301157093_Balsam_of_Peru_Myroxylon_pereirae)
Scheman, Andrew & Rakowski, Ella-Marie & Chou, Vincent & Chhatriwala, Anam & Ross, Jeremy & Jacob, Sharon. (2013). Balsam of Peru: Past and Future. Dermatitis : contact, atopic, occupational, drug : official journal of the American Contact Dermatitis Society, North American Contact Dermatitis Group. 24. 153-60. 10.1097/DER.0b013e31828afab2.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/249647709_Balsam_of_Peru_Past_and_Future)
De Groot, Anton. (2019). Myroxylon pereirae resin (balsam of peru) a critical review of the literature and assessment of the significance of positive patch tests and the usefulness of restrictive diets. Contact Dermatitis. 80. 10.1111/cod.13263.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/331567504_Myroxylon_pereirae_resin_balsam_of_peru_a_critical_review_of_the_literature_and_assessment_of_the_significance_of_positive_patch_tests_and_the_usefulness_of_restrictive_diets)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app