Pertanyaan & Jawaban Seputar HPV yang Harus Anda Ketahui

Dipublish tanggal: Mei 24, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Pertanyaan & Jawaban Seputar HPV yang Harus Anda Ketahui

Tahukah Anda, di lingkungan sekitar kita ternyata ada banyak virus yang menyebar. Salah satunya virus HPV. Ketika virus ini berhasil menginfeksi tubuh, maka akan mengganggu kesehatan Anda. Dampak apa yang akan terjadi ketika terinfeksi virus HPV? Yuk simak selengkapnya berikut ini!

Apakah virus hpv?

Sebelum mempelajari lebih lanjut mengenai dampak yang akan terjadi pada tubuh ketika terinfeksi virus HPV, terlebih dulu ketahui apakah virus HPV ini. Human papilloma virus atau sering disingkat menjadi HPV terdiri dari 150 jenis virus pada satu golongan virus. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Ada beberapa jenis dari HPV mampu menimbulkan kutil dan ada pula jenis lainnya yang menyebabkan kanker. Virus ini menyerang bagian kulit dan selaput lembab yang melapisi tubuh, misalnya leher rahim, anus, mulut, sampai tenggorokan.

Apa yang terjadi ketika diserang hpv?

Pertanyaan selanjutnya, bagaimana yang akan terjadi ketika tubuh Anda diserang HPV? Pada beberapa kasus, ada HPV yang akan hilang dengan sendirinya dan tidak terlalu berdampak signifikan terhadap kesehatan. Namun, ada juga kasus dimana HPV tidak kunjung hilang. 

Jika hal ini terjadi, maka akan menyebabkan terbentuknya kutil di area tangan, kaki, bahkan alat kelamin. Kutil ini berupa benjolan kecil maupun kelompok benjolan dengan ukurannya yang variatif dari kecil sampai besar.

Beberapa jenis HPV ini juga menyebabkan kanker seperti kanker tenggorokan, kanker mulut, kanker anus, kanker serviks, kanker vagina, sampai kanker vulva. Namun, HPV penyebab kulit tidak sama dengan jenis HPV penyebab kanker.

Apakah hpv dapat menyerang pria?

Jangan kira, HPV ini hanya menyerang wanita saja. Sebab, baik pria maupun wanita memiliki peluang sama terserang infeksi HPV. Bahkan, ada beberapa jenis HPV yang menyebabkan kanker penis

Virus ini dapat menginfeksi Anda ketika aktif secara seksual. Virus ini juga bisa menular melalui seks atau dari kontak kulit alat kelamin Anda dengan pasangan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Bagaimana upaya pencegahan tertular HPV?

Nah untuk mencegah tertularnya virus HPV, berikut ini cara yang dapat Anda lakukan.

  • Vaksinasi HPV

Cara ini terbukti aman dan efektif untuk melindungi diri dari penyakit yang disebabkan oleh HPV, termasuk jenis HPV penyebab kanker.

Bagi Anda wanita berusia 21 sampai dengan 65 tahun, usahakan untuk rutin memeriksakan organ intim guna mengetahui adanya kanker serviks. Dengan demikian, adanya kanker serviks dapat dicegah lebih dulu.

  • Gunakan kondom saat berhubungan

Gunakan kondom dengan benar saat berhubungan seks untuk mencegah tertularnya virus HPV. Namun, virus ini masih bisa menular pada bagian tubuh yang tidak tertutupi kondom.

  • Hindari gonta-ganti pasangan seks

Menghindari gonta-ganti pasangan seks juga berperan penting untuk menurunkan risiko tertularnya virus HPV.

  • Jaga kebersihan vagina

Yang terpenting, jagalah organ vagina Anda supaya tetap bersih. Apabila vagina bersih, maka risiko tertularnya penyakit HPV akan kecil. Caranya, gunakan cairan antiseptik untuk membersihkan organ kewanitaan. 

Ingat, gunakan pembersih ini pada bagian luar vagina saja dan hindari penggunaan cairan antiseptik untuk membersihkan bagian dalam vagina.

Kapan Vaksin HPV dilakukan?

Menurut CDC, vaksin HPV dapat diperoleh saat usia 11 sampai 12 tahun. Namun, bagi Anda yang belum mendapatkannya saat usia sudah dewasa, pemberian vaksin HPV masih dapat dilakukan pada usia 26 tahun baik wanita maupun pria. 

Bedanya, dosis yang diberikan pada usia lebih dari 15 tahun adalah tiga kali yaitu saat 0 bulan, 1-2 bulan setelah dosis pertama, dan 6 bulan setelah dosis pertama.

6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
9 Facts You Should Know About Human Papillomavirus (HPV). Verywell Health. (Accessed via: https://www.verywellhealth.com/five-things-you-didnt-know-about-hpv-514129)
Human papillomavirus (HPV). NHS (National Health Service). (Accessed via: https://www.nhs.uk/conditions/human-papilloma-virus-hpv/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app