ADELIA MARISTA SAFITRI, S.K.M
Ditulis oleh
ADELIA MARISTA SAFITRI, S.K.M
DR.VINA SETIAWAN
Ditinjau oleh
DR.VINA SETIAWAN

Perawatan Setelah Suntik Botox Agar Hasilnya Tahan Lama

Dipublish tanggal: Jan 15, 2020 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Feb 21, 2020 Waktu baca: 4 menit
Perawatan Setelah Suntik Botox Agar Hasilnya Tahan Lama

Suntik botox masih banyak digandrungi oleh pria maupun wanita yang ingin tampak awet muda. Pasalnya, perawatan yang satu ini mampu menyamarkan bahkan menghilangkan kerutan di wajah dalam waktu cukup singkat. Namun, perlu diketahui bahwa efek suntik botox bertahan beberapa bulan, artinya kerutan bisa saja balik lagi setelahnya. Solusinya, Anda perlu melakukan perawatan setelah suntik botox agar tetap cantik paripurna.

Tahap-tahap suntik botox

Perawatan botox memanfaatkan racun dari bakteri Clostridium botulinum untuk membantu melemaskan otot-otot wajah. Bakteri tersebut mampu memberikan efek beku sementara pada otot wajah, sehingga kerutan jadi lebih rileks, elastis, menipis, atau bahkan hilang.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Baca Juga: Sebelum Menjajal, Kenali Dulu Seluk Beluk Suntik Botox

Berikut ini persiapan dan tahapan suntik botox yang perlu Anda ketahui, yaitu:

Sebelum suntik botox

Sebelum menjajal suntik botox, ada baiknya konsultasikan dulu dengan dokter. Pasalnya, tidak semua orang boleh melakukan suntik botox meskipun ingin mendapatkan wajah tanpa kerutan.

Suntik botox tidak dianjurkan untuk beberapa kondisi berikut:

Pastikan juga bahwa dokter maupun praktisi tersebut memang ahli di bidangnya dan tersertifikasi. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya malpraktik dan hal-hal buruk lainnya.

Saat suntik botox

Pertama-tama, wajah Anda akan dibersihkan terlebih dahulu dengan cairan non-alkohol. Dokter mungkin juga akan memberikan anestesi topikal untuk mengurangi rasa ketidaknyamanan pada kulit pasien.

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Botox via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket botox hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia b01 botox

Setelah itu, dokter mulai menyuntikkan botox ke otot wajah dengan menggunakan jarum tipis. Anda mungkin akan diminta untuk menggerakkan otot-otot wajah guna membantu dokter menemukan tempat terbaik untuk melakukan injeksi.

Jumlah suntikan berbeda-beda pada setiap orang, tergantung kebutuhan dan seberapa parah kerutannya. Secara umum, setiap sisi dahi membutuhkan sekitar 4-5 suntikan sedangkan kedua area mata membutuhkan 2-3 suntikan.

Karena tidak memerlukan proses pembedahan, lama perawatan botox berlangsung cukup cepat yakni hanya sekitar 10 menit. Beberapa orang mungkin membutuhkan 2-3 sesi botox untuk mengatasi kerutan yang cukup dalam. 

Setelah suntik botox

Setelah perawatan selesai, pasien diminta untuk setengah duduk sekitar 2-5 menit untuk memastikan bahwa pasien dalam kondisi baik setelah botox. Pasien tidak boleh berbaring selama 2-4 jam guna menghindari memar. Dokter juga berpesan untuk menghindari minum aspirin, ibuprofen, atau naproxen dengan alasan yang sama.

Kabar baiknya, Anda bisa lanjut beraktivitas dengan normal setelah menjalani suntik botox. Namun, hindari menggosok atau memijat area yang disuntik selama 1-3 hari setelah perawatan. Hal ini bertujuan untuk mencegah toksin botulinum menyebar ke area lainnya karena bisa memicu gangguan kelopak mata turun (terkulai).

Kapan hasil botox bisa mulai terlihat?

Wajah pasien biasanya akan difoto sebelum dan sesudah perawatan. Dengan begitu, pasien akan mengetahui seberapa besar perubahan pada kulit wajahnya setelah suntik botox. 

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Botox via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket botox hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia b01 botox

Hasil suntik botox memang tidak akan langsung terlihat setelah perawatan selesai. Botox yang disuntikkan ke wajah umumnya membutuhkan waktu sekitar 1-3 hari untuk bekerja, lalu mulai terlihat hasilnya 1-2 minggu ke depan.

Baca Selengkapnya: Sama-sama Bikin Cantik, Apa Bedanya Suntik Botox dan Filler?

Langkah-langkah perawatan setelah suntik botox

Efek suntik botox biasanya mampu bertahan hingga 3-6 bulan, sehingga membutuhkan perawatan lanjutan agar kerutan tidak balik lagi. Jika Anda ingin suntik botox lagi, Anda harus menunggu sekitar 3 bulan dari suntikan pertama sebab jika terlalu sering malah bisa menurunkan efektivitas botox dalam kulit.

Supaya hasilnya tahan lama, ada sejumlah perawatan setelah suntik botox yang perlu dilakukan, antara lain:

1. Hindari aktivitas berat dan terpapar panas

Hindari aktivitas terlalu berat, berjemur, dan sauna selama 1 jam setelah suntik botox. Suhu panas dapat meningkatkan risiko memar pada area kulit yang disuntik. Selain itu, paparan sinar matahari juga dapat memicu kerutan di wajah.

2. Hindari konsumsi alkohol dan obat-obatan tertentu

Pasca perawatan, Anda wajib menghindari minum alkohol dan beberapa jenis obat seperti ibuprofen, naproxen, aspirin, obat pengencer darah, ginkgo biloba, dan vitamin E selama 1 jam pasca suntik. Obat-obatan tersebut dapat meningkatkan risiko memar.

3. Hindari berbaring dan memijat area wajah

Kalau ingin hasil yang optimal, baiknya hindari berbaring, menggosok, atau memijat area wajah yang disuntik 2-4 jam setelah perawatan. Ini dilakukan untuk menghindari cairan botox menyebar ke area kulit lainnya.

4. Latih otot-otot wajah dengan gerakan ringan

Gerakkan otot-otot wajah secara perlahan sekitar 2 jam setelah perawatan. Hal ini bertujuan agar ujung saraf wajah dapat menyerap botox sebanyak mungkin. 

Misalnya, jika Anda mendapatkan suntik botox untuk mengurangi kerutan di dahi, maka kerutkan dahi sekuat mungkin supaya otot-otot dahi menyerap botox dengan maksimal.

Yang tak kalah penting, kunjungi dokter tempat Anda suntik botox secara rutin untuk memantau kondisi wajah Anda, minimal setiap 2 minggu.

Tanda-tanda komplikasi botox yang harus diwaspadai

Sama seperti perawatan kecantikan lainnya, suntik botox juga dapat memberikan efek samping tertentu. Beberapa efek samping suntik botox meliputi rasa nyeri, memar, sakit kepala, hingga kelopak mata terkulai (turun).

Memar pada area kulit bekas suntikan biasanya akan hilang selama 1-2 minggu setelah perawatan. Dokter biasanya akan memberikan obat oles mengandung vitamin K untuk membantu meredakan memar.

Jika Anda mengalami kelopak mata terkulai, segera konsultasikan ke dokter tempat Anda melakukan suntik botox. Terlebih jika Anda mengalami komplikasi seperti sesak napas atau gejala alergi lainnnya.

Tanyakan pada dokter mengenai langkah perawatan setelah suntik botox sejelas-jelasnya. Hal ini tidak hanya dapat membantu mengoptimalkan hasil yang didapatkan, tapi juga meminimalisir risiko efek samping yang mungkin terjadi pasca perawatan.

30 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Serious and Long-Term Adverse Events Associated with the Therapeutic and Cosmetic Use of Botulinum Toxin - FullText - Pharmacology 2015, Vol. 95, No. 1-2. Karger Publishers. (https://www.karger.com/Article/FullText/370245)
Cosmetic procedures - Botox injections. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/conditions/cosmetic-procedures/botox-injections/)
Botox: Get Facts on the Cosmetic Procedure. MedicineNet. (https://www.medicinenet.com/botox_treatment/article.htm)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app