Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Kehamilan

Penyebab Tes Kehamilan Negatif Tanpa Adanya Menstruasi

Update terakhir: NOV 18, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 852.643 orang

Penyebab Tes Kehamilan Negatif Tanpa Adanya Menstruasi

Secara historis, wanita tidak memiliki metode yang dapat diandalkan untuk mengetahui apakah mereka hamil tanpa pergi ke dokter. Tidak sampai tes kehamilan pertama di rumah ditemukan pada tahun 1976 bahwa wanita dapat mengkonfirmasi kehamilan melalui test-pack.

Tetapi meskipun ada kemajuan teknologi yang membuat wanita tahu bahwa mereka hamil, masih ada banyak misteri tentang siklus menstruasi wanita yang belum kita ketahui.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Seorang wanita mungkin mengalami menstruasi yang terlambat atau tidak terjawab, tetapi masih memiliki tes kehamilan negatif. Dalam situasi itu, dia harus bertanya-tanya apa yang terjadi. Apakah dia hamil? Apakah ada yang salah?

Berikut adalah beberapa alasan mengapa menstruasi Anda mungkin terlambat, bahkan jika tes kehamilan Anda negatif.

Kadar hormon rendah

Kadang-kadang, kadar hormon kehamilan human chorionic gonadotropin (hCG) di awal kehamilan belum cukup tinggi untuk dideteksi oleh tes kehamilan di rumah.

Salah satu penelitian menemukan bahwa tes kehamilan test-pack hanya dapat mendeteksi tingkat hCG di atas 25 mIU / mL untuk mencapai tingkat akurasi 99 persen. Para penulis studi tahun 1991 menghitung bahwa untuk mendeteksi 95 persen kehamilan, sebuah tes harus mendeteksi tingkat serendah 12,4 mIU / mL.

Siklus seorang wanita dapat sangat bervariasi. Ada kemungkinan bahwa kadar hormon hCG Anda masih rendah sehingga belum dapat terdeteksi dengan alat test-pack saat menstruasi terlewat.

Jika Anda berpikir Anda mungkin hamil setelah periode yang tidak terjawab tetapi mendapat hasil negatif pada tes kehamilan Anda, tunggu beberapa hari. Lalu tes ulang. Jika Anda tetap tidak mendapat menstruasi, pastikan untuk berbicara dengan dokter untuk mengesampingkan komplikasi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Kehamilan ektopik

Hal ini jarang terjadi, tetapi terkadang kehamilan ektopik dapat muncul sebagai negatif pada tes kehamilan.

Segera cari pertolongan medis jika tes kehamilan Anda negatif dan Anda memiliki gejala-gejala ini:

  • sakit tak tertahankan di perut atau di satu sisi
  • pusing atau pusing
  • perdarahan atau bercak
  • mual dan muntah

Faktor gaya hidup

Beberapa faktor luar juga dapat merusak siklus menstruasi Anda. Stres, misalnya, dapat menunda siklus menstruasi Anda.

Selain itu, malnutrisi juga dapat mempengaruhi siklus mensturasi. Siklus Anda dapat berfluktuasi jika Anda minum terlalu banyak kafein atau tidak makan cukup.

Perubahan gaya hidup yang tiba-tiba, seperti olahraga yang intens atau bekerja dalam shift semalam di pekerjaan Anda, juga dapat menyebabkan menstruasi menjadi tidak teratur.

Menyusui

Siklus menyusui dapat menyebabkan beberapa penyimpangan dalam siklus menstruasi Anda. Bahkan setelah bayi lahir dan menstruasi Anda kembali, mungkin akan memerlukan beberapa waktu sebelum siklus Anda kembali normal.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Proses menyusui juga tidak bisa diprediksi dari bulan ke bulan. Saat bayi tumbuh, pemberian makanan mereka dapat berubah. Misalnya, jika bayi Anda mengalami lonjakan pertumbuhan dan tiba-tiba meningkatkan frekuensi menyusui di malam hari, hal ini dapat mengganggu siklus Anda.

Kondisi medis

Kondisi medis seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS) atau masalah tiroid dapat menyebabkan wanita memiliki siklus yang sangat tidak teratur dan menstruasi yang terlewat. Beberapa wanita mungkin memiliki periode yang sangat ringan, beberapa mungkin memiliki periode yang sangat berat, dan beberapa mungkin melewatkan periode sama sekali.

Menopause untuk wanita biasanya dimulai sekitar usia 50 tahun. Namun, pada beberapa wanita, hal ini dapat terjadi lebih awal, sebelum usia 40 tahun. Jika Anda melewatkan menstruasi selama lebih dari 90 hari dan tidak hamil, bicarakan dengan dokter Anda untuk menjalani tes kondisi medis yang mendasarinya.

Obat-obatan

Penggunaan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan perubahan pada siklus menstruasi. Misalnya, obat tekanan darah atau obat alergi dapat mengganggu siklus Anda.

Setelah mendapatkan hasil tes negatif, kami sarankan Anda untuk menunggu beberapa hari hingga seminggu sebelum melakukan test-pack lainnya. Jika Anda melakukan tes negatif untuk kedua kalinya dan masih belum mengalami menstruasi, buatlah rencana untuk segera menemui dokter Anda.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit