Sakit Telinga Bikin Tak Nyaman, 4 Hal Ini Mungkin Penyebabnya

Dipublish tanggal: Okt 25, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Tinjau pada Nov 8, 2019 Waktu baca: 3 menit
Sakit Telinga Bikin Tak Nyaman, 4 Hal Ini Mungkin Penyebabnya

Sama seperti bagian tubuh lainnya, telinga juga bisa mengalami nyeri atau sakit. Kondisi ini membuat Anda jadi tidak leluasa mendengar suara-suara yang ada di sekitar, bahkan juga sampai mengganggu aktivitas karena nyerinya kian tak tertahankan. Lantas, apa saja penyebab sakit telinga dan bagaimana mengatasinya? Simak ulasannya berikut ini.

Berbagai penyebab sakit telinga

Sakit telinga bisa disebabkan oleh bermacam-macam hal, tapi paling seringnya akibat infeksi telinga. Tidak hanya itu, sakit telinga juga bisa diartikan sebagai tanda bahwa organ yang satu ini sedang mengalami peradangan atau penumpukan cairan di salah satu bagiannya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Alergi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 11

Lebih lanjut, berikut penyebab sakit telinga yang mungkin sedang Anda alami saat ini, antara lain:

1. Infeksi telinga

Infeksi telinga sering kali disebabkan oleh penumpukan cairan di bagian telinga tengah, lebih sering dialami oleh anak-anak usia di bawah 10 tahun. Ada banyak penyebab penyumbatan ini, misalnya saja merokok, alergi, flu, atau produksi lendir yang berlebihan. 

Selain menyebabkan nyeri, gejala infeksi telinga meliputi penurunan pendengaran hingga keluar cairan dari dalam telinga. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri, menggunakan obat tetes peradangan, atau mengompres telinga dengan kain yang hangat. 

2. Tinnitus

Sering mendengar suara berdenging yang asalnya tidak dari tubuh Anda sendiri? Bisa jadi ini adalah salah satu tanda bahwa Anda sedang terkena tinnitus. 

Penyakit ini muncul karena terjadi infeksi di bagian telinga tengah atau dalam. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobati tinnitus ini, di antaranya minum obat dari dokter, rutin menghilangkan kotoran telinga, hingga operasi. Hindari juga berbagai suara bising yang volumenya terlalu kencang guna mengatasi telinga berdenging.

Baca Juga: Cara Mengatasi Telinga Berdengung Tanpa Membuat Bingung

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

3. Penyakit Meniere

Gejala utama penyakit Meniere ini adalah vertigo dan tinnitus. Penyakit ini biasanya menyerang orang yang berusia antara 20 sampai 50 tahun. Anda bisa menangani penyakit ini dengan obat-obatan, suntikan pada telinga bagian tengah, atau operasi telinga. 

4. Barotrauma telinga 

Barotrauma telinga adalah sebuah cedera telinga yang disebabkan karena tekanan udara atau air. Orang yang mengalami barotrauma telinga akan merasakan hilang pendengaran, kepala pusing, telinga buntu, hingga sakit telinga. 

Bagaimana cara mengatasi sakit telinga?

Jangan anggap remeh sakit telinga, karena beberapa kasus menunjukkan bahwa hal ini juga bisa berakhir pada ketulian. Dengan beberapa penyebab sakit telinga diatas, ada 3 hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sakit telinga, antara lain:

1. Hindari suara yang kencang dalam durasi waktu yang lama

Hindari mendengarkan musik menggunakan earphone menyala dalam waktu yang lama, apalagi sampai kebawa tidur. Kalau digunakan tidak saat tidur, Anda tetap tidak dianjurkan untuk menggunakannya terlalu lama untuk mendengar musik yang kencang. Hal ini bisa mengakibatkan sakit telinga. 

Baca Selengkapnya: 5 Cara Aman Mendengarkan Musik bagi Kesehatan Telinga

2. Tidak berada dekat pengeras suara 

Hal ini biasanya dilakukan orang saat sedang ada di konser musik. Hindari pengeras suara sejauh mungkin karena bisa menimbulkan sakit telinga. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

3. Hindari membersihkan telinga terlalu dalam 

Banyak orang yang sering membersihkan telinga pakai cotton bud karena lebih praktis. Akan tetapi, Anda harus berhati-hati agar tidak sampai ke bagian dalam. 

Apabila ingin membersihkan bagian dalam telinga, maka lebih baik kunjungi dokter spesialis THT untuk membantu Anda. Salah-salah cara justru bisa mendorong kotoran masuk lebih jauh ke dalam telinga dan memicu sakit telinga. 

Baca Juga: Berbahayakan Menggunakan Cotton Bud untuk Membersihkan Telinga?

Kalau cara-cara diatas sudah dilakukan dan telinga Anda masih terasa sakit, maka Anda disarankan untuk langsung bertanya kepada dokter spesialis THT. Jika Anda lama dan terus menunda untuk datang ke dokterm, maka gangguan telinga ini dianggap sulit untuk diobati dan bisa saja permanen

Tentunya Anda tidak ingin kehilangan pendengaran karena hal sepele bukan? Segera periksakan ke dokter apabila terjadi sesuatu yang tidak beres dengan telinga Anda. Semakin cepat penyebab sakit telinga terdeteksi, maka semakin cepat pula penanganan dilakukan.


8 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app