Doctor men
Ditinjau oleh
DR SCIENTIA INU KIRANA

Barotrauma - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: Aug 13, 2019 Tinjau pada Agu 27, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.017.061 orang

Gangguan Barotrauma mungkin saja masih asing di telinga anda,namun beberapa orang pasti pernah merasakannya. Barotrauma sendiri adalah kondisi ketidaknyamanan pada telinga yang terjadi akibat terjadinya perubahan tekanan.

Di dalam telinga terdapat tabung eustachius yang berfungsi menghubungkan bagian tengah telinga ke tenggorokan dan hidung. Selain sebagai penghubung, tabung eustachius juga berguna untuk membantu menjaga tekanan telinga. Barotrauma terjadi saat tabung eustachius tersumbat atau mengalami disfungsi.

Mengalami Barotrauma sesekali menjadi hal yang umum terjadi, terutama jika anda bepergian ke lingkungan dengan ketinggian yang berbeda. 

Kondisi ini tidak berbahaya bagi beberapa orang, namun kasus ini dapat menyebabkan terjadinya komplikasi lebih lanjut, sehingga sangat penting untuk mengetahui sejauh mana kondisi ini membutuhkan penanganan lebih lanjut.

Gejala Barotrauma

Gejala awal Barotrauma ditandai dengan timbulnya rasa tidak nyaman akibat tekanan yang berubah. Selanjutnya gejala Barotrauma dapat disimpulkan sebagai berikut :

  • Vertigo
  • Nyeri di bagian wajah atau daerah mulut
  • Kesulitan mendengar
  • Terasa penuh atau tersumbat di bagian telinga
  • Mual
  • Rasa sakit pada telinga
  • Adanya tekanan pada telinga, seperti sedang berada didalam air
  • Mimisan
  • Munculnya gangguan pendengaran baik ringan maupun berat
  • Gendang telinga yang bermasalah
  • Dengan perawatan yang benar, maka gejala yang muncul ini akan hilang.

Gejala di atas adalah gejala yang umum terjadi saat seseorang mengalami Barotrauma, namun jika dibiarkan akan muncul gejala lain yang meningkat, diantaranya :

Penyebab Barotrauma

Penyebab terjadi Barotrauma pada telinga pada umumnya adalah penyumbatan yang terjadi pada tabung Eustachius. Tabung Eustachius sendiri membantu menjaga keseimbangan tubuh selama terjadinya perubahan tekanan. Penjelasan mengenai barotrauma sering menggunakan Hukum Boyle & Henry.

Misalnya saja saat seseorang menguap, maka tabung Eustachius akan membuka. Namun,  saat tersumbat akan muncul gejala akibat adanya tekanan yang terjadi pada telinga.

Salah satu penyebab umum terjadinya Barotrauma adalah perubahan ketinggian. Biasanya terjadi saat seseorang naik atau turun pesawat. Selain itu, terdapat beberapa kondisi yang meningkatkan resiko terjadinya Barotrauma, diantaranya :

  • Menyelam
  • Hiking
  • Melakukan perjalanan melalui pegunungan

Siapa yang beresiko mengalami Barotrauma?

Masalah apa pun yang dapat menghambat tabung eustachius membuat anda beresiko mengalami Barotrauma. Selain itu, seseorang yang sedang mengalami alergi, pilek, atau infeksi mungkin saja mengalami Barotrauma.

Bayi dan anak-anak juga beresiko mengalami Barotrauma ini, karena ukuran tabung eustachiusnya masih terbilang kecil, sehingga resiko tersumbatnya lebih besar. Seringkali bayi atau anak-anak menangis saat berada di pesawat mungkin saja mereka mengalami Barotrauma.

Mendiagnosis Barotrauma

Barotrauma mungkin saja hilang dengan sendirinya,namun harus segera menghubungi medis jika gejalanya mencakup rasa sakit yang luar biasa disertai pendarahan. Pemeriksaan medis sangat diperlukan guna memeriksa terjadinya infeksi telinga.

Barotrauma dapat dideteksi melalui pemeriksaan fisik. Dokter akan menggunakan otoskop untuk mendapatkan gambaran bagian dalam telinga, sehingga dapat diketahui bagian yang bermasalah. 

Karena perubahan tekanan, seringkali gendang telinga bergeser sedikit dari tempatnya. Selain itu, dokter akan memeriksa apakah terjadi penumpukan cairan atau darah di belakang gendang telinga.

Kadang Dokter juga akan melakukan tes laboratorium yaitu darah lengkap, analisis gas darah, atau kadar serum kreatinin fosfokinase. Foto thorax juga dapat dilakukan jika Anda mengeluh rasa tidak nyaman pada dada atau sesak nafas.

Perawatan Barotrauma

Sebagian besar kasus Barotrauma umumnya dapat sembuh dengan sendirinya tanpa bantuan medis. Ada beberapa langkah perawatan yang dapat dilakukan untuk meringankan Barotrauma ini, diantaranya :

  • Menguap
  • Mengunyah permen karet
  • Berlatih pernapasan
  • Menggunakan antihistamin atau dekongestan

Dokter mungkin akan meresepkan antibiotik atau steroid untuk membantu mengurangi infeksi dan peradangan pada kasus tertentu. Anda juga mungkin akan diberikan dekongestan sebagai usaha untuk membuka salulran eustachius.

Dalam beberapa kasus, Barotrauma dapat menyebabkan pecahnya gendang telinga. Jika begini, maka mungkin saja dibutuhkan pembedahan yang bisa memakan waktu hingga dua bulan untuk pulih. 

Biasanya akan diberikan bantuan berupa tabung telinga yang di selipkan melalui gendang telinga untuk merangsang aliran udara.


Referensi

Elliott, EJ. Smart, DR. (2014). The Assessment and Management of inner ear Barotrauma in Divers and Recommendations for Returning to Diving. Diving and Hyperbaric Medicine, 44(4), pp. 208-222.

Hamilton-Farrell, M. Bhattacharyya, A. (2004). Barotrauma. Injury Journal, 35(4), pp. 359-370.

Harding, M. Patient (2016). Barotrauma of the Ear.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit