HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI
Perawatan Tubuh

Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Ketiak

Dipublish tanggal: Jun 11, 2019 Update terakhir: Mei 30, 2020 Waktu baca: 2 menit
Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Ketiak

Bromhidrosis atau bau badan disebabkan oleh adanya peningkatan kadar hormon androgen saat manusia memasuki masa-masa pubertas. Bau badan timbul saat bakteri yang berada pada tubuh bertemu dengan keringat yang sebenarnya tidak memiliki bau. 

Bakteri pun akan berkembang biak dengan keringat sebagai medianya. Bau pun akan muncul sebagai hasil dari pemecahan protein keratin oleh bakteri tersebut pada permukaan kulit tubuh Anda.

Iklan dari HonestDocs
Brightening And Hair Removal By Pulse Light di Genese Clinic

Perawatan ini berfungsi untuk menghilangkan rambut pada area keringat. Perawatan ini di lakukan oleh dokter.

Brightening and hair removal by pulse light di genese clinic

Orang yang berisiko mengalami bau ketiak

Bau badan dapat terjadi pada siapa saja yang telah memasuki masa pubertas. Beberapa kelompok orang berikut ini berisiko mengalami bau ketiak, di antaranya yaitu:

  • Orang dengan keringat berlebih atau orang yang kurang menjaga kebersihan sehingga pada kulit terdapat banyak sekali bakteri.
  • Laki-laki lebih berisiko memiliki bau badan karena laki-laki lebih banyak memiliki keringat dibanding dengan wanita.
  • Orang yang mengonsumsi makanan-makanan tertentu, misalnya makanan pedas, serta makanan yang menimbulkan aroma, misalnya kari atau bawang.
  • Orang yang sedang memiliki penyakit tertentu, misalnya diabetes dan gagal ginjal
  • Orang yang mempunyai kelebihan berat badan atau obesitas.
  • Orang yang sedang mengonsumsi jenis obat-obatan tertentu, misalnya antidepresan.

Penyebab bau ketiak

Tubuh dilapisi oleh kulit yang mempunyai kelenjar keringat, yaitu ekrin serta apokrin. Kelenjar tersebut berfungsi untuk menjaga suhu tubuh supaya tetap normal. Kelenjar ekrin itu hampir menutupi sebagian besar kulit di tubuh Anda. 

Sementara, pada kelenjar apokrin biasanya terdapat pada area-area kulit yang ditumbuhi dengan rambut, misalnya ketiak, sekitar payudara, serta selangkangan.

Pada saat suhu tubuh meningkat, maka kelenjar keringat akan mendinginkan tubuh dengan cara mengeluarkan keringat. Nah, keringat yang dikeluarkan oleh kelenjar keringat apokrin tersebut mengandung lemak serta sangat mudah diurai oleh bakteri dibandingkan dengan keringat kelenjar ekrin yang berbasis air.

Oleh sebab itu, keringat di daerah ketiak, selangkang, maupun sekitar payudara Anda dapat mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Cara mengatasi bau ketiak

Berikut ini merupakan tips mengatasi bau ketiak, di antaranya yaitu:

Iklan dari HonestDocs
Brightening And Hair Removal By Pulse Light di Genese Clinic

Perawatan ini berfungsi untuk menghilangkan rambut pada area keringat. Perawatan ini di lakukan oleh dokter.

Brightening and hair removal by pulse light di genese clinic

Hindari penggunaan obat tertentu

Penyebab keringat berlebih dapat menyebabkan ketiak menjadi bau, salah satunya yaitu penggunaan obat tertentu, misalnya penggunaan beberapa obat hipertensi maupun antidepresan. Jika bau ketiak tersebut sangat mengganggu Anda, maka mintalah dokter untuk meresepkan obat lain yang memiliki efek samping tidak meningkatkan produksi dari keringat.

Gunakanlah deodoran atau antiperspiran

Menggunakan deodoran merupakan cara paling sederhana dalam mengatasi bau ketiak. Deodoran memiliki aroma yang dapat menutupi bau tidak sedap pada ketiak Anda. Deodoran pun dapat menyebabkan kulit ketiak menjadi lebih asam yang dapat mencegah adanya reaksi antara keringat dengan bakteri.

Kebersihan tubuh

Kurang menjaga kebersihan tubuh dapat menyebabkan bakteri menempel dan sel kulit mati dapat menumpuk. Akibatnya, kulit pun akan menjadi kotor serta menimbulkan bau tidak sedap, terutama pada bagian ketiak Anda. Pencegahannya yaitu Anda dapat merawat dan menjaga kebersihan tubuh.

Pilihlah pakaian yang tepat

Mencegah dan mengurangi bau ketiak bukan hanya terletak pada kebersihan tubuh saja. Namun, kebersihan pakaian dan pilihan bahan pakaian pun harus Anda perhatikan. Cucilah baju hingga bersih, tambahkan pewangi pakaian, serta jemurlah di bawah sinar matahari supaya dapat mematikan bakteri.

Perhatikan menu makanan Anda

Mengurangi munculnya bau ketiak, dapat Anda lakukan dengan memerhatikan kembali makanan yang Anda makan. Ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan bau pada ketiak, misalnya bawang-bawangan, makanan yang pedas dan panas, serta minuman yang mengandung alkohol.

Itulah beberapa penjelasan mengenai bau ketiak sehingga kita bisa menjaga kebersihan tubuh agar tidak menimbulkan bau badan. Rapi dan wangi akan membuat diri kita merasa lebih percaya diri.


3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Smelly Armpits: Causes, Treatments, Prevention, and More. Healthline. (https://www.healthline.com/health/smelly-armpits)
Body odor: Causes, prevention, and treatments. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/173478.php)
How To Talk to Your Doctor About Excessive Sweating (Hyperhidrosis). WebMD. (https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/hyperhidrosis-doctor-11)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app