Perawatan Tubuh

Cara Menghilangkan Bau Badan

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Mar 1, 2020 Tinjau pada Mei 14, 2019 Waktu baca: 3 menit
Cara Menghilangkan Bau Badan

Pernahkah Anda mencoba cara untuk menghilangkan bau badan? Apakah berhasil ? Jika Anda belum berhasil menghilangkan bau badan tersebut, Anda bisa lanjut membaca artikel ini.

Menghilangkan bau badan memang sangat penting untuk meningkatkan percaya diri seseorang. Betapa tidak, bau badan yang tak sedap dapat mengganggu baik pemilik badan itu sendiri maupun orang lain yang berada di sekitarnya. Jika bau badan tidak segera dihilangkan, maka akan sangat berpengaruh pada psikis seseorang, menggaggu hubungan sosial, mengganggu keharmonisan rumah tangga, bahkan berdampak buruk pada pekerjaan, terkhusus lagi pekerjaan yang mengharuskan banyaknya interaksi dengan orang lain.

Tahukah Anda, penyumbang terbesar timbulnya bau badan pada seseorang adalah bau ketiak, penyumbang lainnya antara lain bau mulut atau nafas tak sedap, dan bau kaki. Oleh karena itu, semua sumber tersebut harus diatasi agar dapat menghilangkan bau badan dengan efektif sampai tuntas ke akar-akarnya. 

Cara Menghilangkan Bau Badan yang efektif

Berikut beberapa cara efektif untuk menghilangkan bau badan, diantaranya : 

1. Mandi 2x sehari 

Pastikan mandi setiap hari, dengan frekuensi minimal dua kali sehari. Saat mandi gunakan pembersih tubuh yang tepat seperti sabun atau shower gel. Menggosok ringan seluruh tubuh secara merata, terutama daerah lipatan seperti ketiak, karena ketiak sebagai sumber bau badan yang paling dominan.

2. Tidak menggunakan deodoran atau antiperspirant

Jangan gunakan antiperspirant / deodoran (kecuali dalam kasus keringat berlebihan). Menurut penelitian Callewaert,et al (2014) dipublikasikan oleh Archives for Dermatological Research deodorant dapat meningkatkan bakteri actinobacteria penyebab bau badan. Cara ini akan benar-benar mengurangi bau badan dibanding sebelumnya. Tidak banyak orang tahu tentang hal ini, sebenarnya keringat itu sendiri tidak memiliki bau sama sekali. Ketiak bau disebabkan oleh bakteri dan kotoran. Deodoran sebetulnya akan membuat terganggunya flora normal (bakteri baik)  dan meningkatkan pertumbuhan bakteri jahat sehingga akan membuat bau menjadi berlebihan. Cukup mencuci ketiak Anda dengan air dan kain bersih. Lakukan ini selama satu bulan. Badan Anda tidak akan bau sama sekali. Namun, Apabila terlalu banyak berkeringat dan membuat anda terganggu, maka Anda harus  menggunakan antiperspirant yang dapat membantu mengurangi keringat.

3. Mengganti pakaian setiap hari

Ganti pakaian Anda, termasuk baju, celana, dan kaus kaki, setiap hari. Cuci pakaian setelah setiap kali digunakan, dan pakaian lainnya setidaknya ketika sudah kotor, berkeringat, atau ketika bau tak sedap. Kaus kaki  dapat diganti 1-2 kali per hari jika berkeringat, dan menjaga kaki tetap kering dapat mengurangi bau kaki dan melindunginya dari iritasi.

4. Menyimpan pakaian di tempat harum dan bersirkulasi udara

Anda juga bisa menyimpan pakaian di tempat-tempat di mana udara bisa menjangkaunya dan berbau harum untuk mencegah timbulnya bau badan. Gunakan kertas wangi sebagai lapisan dalam lemari. Menggantung pakaian  akan lebih baik daripada menyimpannya dalam bentuk lipatan, karena hal itu akan membuat baju tidak lembab dan tetap kering sehingga dapat membunuh bakteri yang mungkin tinggal di sana. Tapi jangan digantung dibelakang pintu ya, bisa jadi sarang nyamuk nantinya.

5. Mengatur pola makan / gaya hidup

Bau badan secara langsung terkait dengan produk limbah pencernaan tubuh. Apa yang Anda makan memiliki dampak yang besar terhadap bau badan. Jika Anda makan makanan yang tidak sehat, pencernaan Anda akan mencerminkannya yaitu mulai dari nafas tak sedap dan bau kentut yang sangat mengganggu. Oleh karena itu hindarilah makanan cepat saji, makanan yang digoreng, dan setiap makanan olahan lain yang mengandung banyak bahan kimia, jengkol, petai, bawang, dsb.

6. Berhenti merokok

Jika Anda merokok, berhentilah merokok. Semua orang tahu bahwa merokok menyebabkan bau nafas tak sedap, selain itu asap rokok  dapat menempel pada pakaian.

7. Memperhatikan kesehatan gigi

Anda bisa menjaga kesehatan gigi dengan cara menyikat gigi dan flossing minimal dua kali sehari, serta melakukan cek up rutin ke dokter gigi setidaknya dua kali setahun alias tiap enam bulan. Bau badan juga disebabkan oleh halitosis, yang seringkali merupakan tanda dan gejala gingivitis.

8. Berkonsultasi dengan dokter

Konsultasikan dengan dokter jika bau badan Anda merupakan masalah yang permanen. Anda mungkin didiagnosis dengan bromhidrosis. Hal ini sering dikaitkan dengan perubahan tingkat hormon (periode pubertas atau klimakterik), diabetes, radang tersembunyi, dll.

 

10 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Mattheis, C. Health (2015). 12 Surprising Beauty Uses for Baking Soda. (https://www.health.com/beauty/12-surprising-beauty-uses-for-baking-soda)
Roth, E. Healthline (2018). Sweating (Normal Amounts): Causes, Adjustments, and Complications. (https://www.healthline.com/health/sweating)
Gunnars, K. Healthline (2018). 6 Health Benefits of Apple Cider Vinegar, Backed by Science. (https://www.healthline.com/nutrition/6-proven-health-benefits-of-apple-cider-vinegar)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app