Tidak Merokok Tapi Bibir Tetap Menghitam? 6 Hal Ini Penyebabnya

Dipublish tanggal: Jun 19, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Jul 2, 2019 Waktu baca: 2 menit
Tidak Merokok Tapi Bibir Tetap Menghitam? 6 Hal Ini Penyebabnya

Semua orang tentu ingin memiliki bibir yang kemerahan, cerah, dan sehat. Pasalnya, sepasang bibir yang cantik dapat meningkatkan wajah secara keseluruhan. Kalau bibir tampak pucat atau menghitam, tentu ini akan membuat penampilan jadi tidak maksimal dan menurunkan kepercayaan diri Anda.

Selama ini, masalah bibir hitam dipercaya hanya bisa dimiliki oleh para perokok saja. Padahal, penyebab bibir hitam juga bisa karena kebiasaan buruk.

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Penyebab bibir hitam selain karena rokok

Tidak hanya perokok saja, semua orang juga bisa mengalami bibir hitam. Sebelum mencari cara mengatasi bibir hitam, Anda harus tahu dulu penyebab mengapa bibir Anda tampak menggelap dari biasanya.

Berikut ini sejumlah penyebab bibir hitam yang bukan cuma karena rokok, yaitu:

1. Hiperpigmentasi

Meski tidak merokok, bibir Anda bisa tampak lebih gelap atau hitam karena paparan sinar matahari. Paparan sinar ultraviolet (UV) yang berlebihan dapat menyebabkan hiperpigmentasi, yaitu kondisi dimana kulit jadi lebih gelap akibat produksi melanin berlebih.

Dibandingkan bagian tubuh lainnnya, bibir cenderung lebih rentan terhadap hiperpigmentasi karena posisinya paling terbuka. Untuk mencegahnya, gunakan lip balm yang mengandung SPF guna mencegah bibir kering, pecah-pecah, hingga bibir hitam.

2. Kebiasaan menjilat bibir

Anda mungkin tidak sadar bahwa kebiasaan menjilat bibir bisa jadi penyebab bibir hitam. Alih-alih melembapkan bibir, menjilat bibir justru dapat membuat bibir semakin kering dan menggelap.

Meski awalnya membuat bibir lembap sesaat, sisa-sisa air yang menempel di bibir akan cepat menguap dan justru menyebabkan bibir makin kering. Lama-kelamaan, sel-sel kulit mati terus menumpuk dan merangsang munculnya bintik-bintik gelap di bibir.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Alergi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 11

Baca Selengkapnya: Cara Paling Ampuh Mencegah Bibir Kering dan Mengelupas

3. Konsumsi kafein dan alkohol

Selain dialami oleh perokok, masalah bibir hitam juga banyak terjadi pada orang-orang yang sering mengonsumsi alkohol dan minuman berkafein. 

Kafein dan alkohol bersifat diuretik sehingga membuat tubuh lebih cepat mengeluarkan cairan lewat urine. Akibatnya, Anda mengalami dehidrasi di seluruh bagian tubuh, termasuk bibir. Warna bibir yang semula kemerahan lambat laun jadi pucat dan menggelap.

Kalau ingin terhindar dari masalah bibir hitam, segera batasi konsumsi alkohol dan minuman kafein dalam sehari. Ganti dengan memperbanyak minum air putih untuk mengembalikan warna alami bibir dan menjadikannya lebih sehat.

Baca Juga: Kopi dan Kafein: Jumlah Aman dan Efeknya Pada Tubuh

4. Alergi

Anda tidak merokok tapi bibir tetap saja menghitam? Coba cek lagi kandungan dan tanggal kedaluwarsa lipstik atau produk perawatan kulit Anda. Salah satu penyebab bibir hitam bisa jadi karena bibir Anda terkena alergi.

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Reaksi alergi ini sering disebabkan oleh pewarna atau zat pewangi dalam produk kecantikan. Semakin lama digunakan, bibir tidak hanya bisa terasa gatal tapi juga pecah-pecah dan menghitam.

5. Cedera pada bibir

Memar pada salah satu atau kedua bibir bisa menyebabkan bibir berwarna keunguan atau kehitaman. Bibir kering, pecah-pecah, hingga luka bakar pada bibir juga bisa membuat bibir menjadi gelap.

6. Penyakit Addison

Penyakit Addison adalah kondisi ketika kelenjar adrenal tidak memproduksi hormon kortisol atau aldosteron yang cukup. Penyakit Addison dapat menyebabkan hiperpegmentasi pada kulit dan bibir sehingga tampak lebih gelap dari biasanya. Segera konsultasikan ke dokter untuk memastikan penyebab bibir hitam yang Anda alami.

Baca Juga: Cara Mudah Memerahkan Bibir Secara Alami

10 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Dark lips: Causes and 5 natural remedies. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/326104.php)
How to Lighten Dark Lips: 16 Natural Home Remedies. Healthline. (https://www.healthline.com/health/dark-lips)
Yoshimura M, et al. (2005). Inhibitory effect of an ellagic acid-rich pomegranate extract on tyrosinase activity and ultraviolet-induced pigmentation. DOI: (https://doi.org/10.1271/bbb.69.2368)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app