Tumor: Penyebab, Gejala, dan Pengobatannya

Update terakhir: Mar 6, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.251.667 orang

Kata tumor tidak asing lagi didengar di telinga kita. Tumor berasal dari bahasa latin dari kata kepiting. Bentuk kepiting tidaklah simetris dari bentuk dan memiliki sepasang capit yang kuat, layaknya sel kanker bentuknya dapat menjadi keras, tidak teratur, dan sulit untuk dilepas dan dapat menyebar ke sel organ tubuh lain. 

Karena sering disalah artikan, maka perrlu dibedakan antara tumor dan kanker. Tumor berupa massa, kanker bersifat ganas yang berasal dari perkembangan tumor. Terdapat juga kata neoplasma yang berarti munculnya sel baru yang bertambah besar dan merusak sel organ lainya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Secara garis besar tumor dibagi menjadi 3 kelompok, tumor jinak (benigna), premaligna dan ganas (maligna). Tumor beningna merupakan sel baru yang tumbuh pada jaringan organ tubuh manusia yang tidak beresiko kanker dan tidak menyebar ke organ lain. 

Sel tumor beningna mempertahankan ukuran dan kepadatan sel dalam bentuk yang sama. Tetapi pertumbuhan sel tumor jinak juga dapat beresiko terjadi penyempitan pembuluh darah dan saraf akibat penekanan oleh sel tumor. 

Tumor beningna yang sudah dibuang biasanya tidak tumbuh kembali. Pada tumor premaligna, kondisi ini dapat memicu ke sel kanker jika tidak diketahui segera dengan pemeriksaan atau skrining. 

Sel kanker akan tumbuh dari perjalanan tumor maligna, pertumbuhan akan lebih cepat dan semakin memberat karena beresiko terjadi metastase atau penyebaran ke organ-organ sekitar.

Tumor tidak hanya tumbuh oleh orang dewasa, tumor juga dapat tumbuh pada masa anak-anak walaupun dalam kondisi jinak contohnya hemangioma

Pada orang dewasa, derajat tumor dapat dinilai dari riwayat serta pemeriksaan yang dilakukan secara dini sebagai tujuan agar tumor tidak berkembang menjadi sel kanker yang ganas dan memicu kematian. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Dari segi ukuran tentu saja dapat bervariasi, terkadang tumor jinak yang terdapat didalam organ sulit ditemukan tanda karena ukuran yang terlalu kecil. Keluhan mulai muncul ketika sel tumor membesar dan menganggu struktur organ sekitar. 

Tumor jinak biasa lunak dan mudah digerakkan, tetapi pada tumor ganas akan bertekstur kasar dan keras.

Berikut beberapa contoh tumor jinak non kanker antara lain

  1. Fibroma
    Tumor fibroma tumbuh di jaringan fibrosa dan sering menimbulkan pendarahan. Contohnya adalah angiofibroma
  2. Hemangioma
    Tumor jinak khas pada anak-anak. Hemangioma tumbuh di luar permukaan kulit yang berwarna kemerahan dan lunak. Hemangioma dapat hilang sendiri sesuai perjalanan usia. Hemangioma berat dapat mempengaruhi pendengaran dan penglihatan perlu penanganan.
  3. Adenoma
    Tumor adenoma tumbuh di jaringan epitel yang berdinding tipis dan dapat berkembang di beberapa organ dan kelenjar. Adenoma dapat beresiko menjadi kanker yang dinamakan adenokarsinoma.
  4. Lipoma
    Lipoma mengandung sel lemak yang tidak nyeri, lunak, dan mudah digerakkan. Kondisi ini muncul pada umur 40 hingga 50 tahun. 

Beberapa contoh tumor premaligna yang sering terjadi yaitu:

  1. Displasia serviksDisplasia serviks adalah pertumbuhan abnormal pada sel dan jaringan serviks. Tumor displasia tidak menyebabkan kanker pada kondisi awal, tetapi dapat memungkinkan untuk menjadi kanker bila penanganan tidak segera dilakukan. Penderita displasia serviks tergolong masuk usia muda yaitu pada rentang usai 25 hingga 40 tahun. Pap smear adalah salah satu pemeriksaan penunjang untuk mendiagnosa tumor tersebut.
  2. LeukoplakiaLeukoplakia adalah bercak berwarna putih yang terletak di daerah rongga mulut. Kondisi ini memiliki presentase tinggi menjadi sel kanker yang ganas. Leukoplakia terjadi akibat kebiasaan buruk seperti merokok dan alkohol

Beberapa contoh tumor maligna yang berbahaya antara lain:

  1. Sarcoma
    Tumor sarcoma tumbuh pada jaringan ikat seperti pada tulang, lemak, sendi, dan sel saraf.
  2. Karsinoma
    Tumor karsinoma berkembang dari sel epitel pada organ-organ vital seperti hati, paru-paru, pankreas, lambung, dan prostat. Karsinoma adalah salah satu sel tumor yang mengakibatkan kematian terbanyak.
  3. Blastoma
    Munculnya blastoma terjadi mulai usia anak-anak hingga remaja. Contoh tumor blastoma yaitu retinoblastoma, osteoblasroma, neuroblastoma, dan glioblastoma.
  4. Germ cell tumor
    Germ cell tumor dapat tumbuh di alat kelamin pria dan wanita. Pada bayi baru lahir, tumor ini dapat muncul di punggung belakang, dada, dan sekitar perut. Germ cell tumor menyebar cepat ke kelenjar getah bening dan organ lainnya dan menimbulkan gangguan hormon dan pubertas

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit