Sakit Perut Sebelah Kanan - Penyebab, Gejala dan, Pengobatan

Update terakhir: Apr 5, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 1.130.772 orang

Sakit perut selalu menjadi masalah kesehatan yang cukup sering terjadi di masyarakat bersamaan dengan batuk,pilek,demam dan gatal. Tapi apakah Anda tahu bahwa sakit perut bisa disebabkan oleh banyak hal? 

Lantas sebagai masyarakat awam, bagaimana Anda menentukan apa yang menjadi penyebab utama sakit perut yang Anda alami tersebut?

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Sebagai masyarakat awam, Anda dapat mengenali penyebab sakit perut dari lokasinya, apakah sakit perut terjadi pada perut bagian atas, bawah, kiri atau kanan. 

Pada pembahasan kali ini akan dibahas secara lengkap, penyakit apa saja yang bisa menjadi penyebab sakit perut sebelah kanan.

Organ dan nyeri pada perut sebelah kanan

Untuk mengetahui apa yang menyebabkan sakit perut pada perut sebelah kanan, pertama-tama, Anda harus mengetahui apa saja organ yang ada di bagian perut tersebut. 

Sebagian besar sakit perut di sebelah kanan disebabkan oleh adanya masalah pada organ yang ada di dalam perut sebelah kanan,

walaupun sebenarnya tidak sesimpel itu, karena sakit perut bisa disebabkan oleh adanya penjalaran dari organ lain yang menjalar ke perut sebelah kanan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Organ pada perut sebelah kanan meliputi  hati, usus halus, usus buntu, ginjal, pankreas , ovarium, kantung empedu, rongga peritoneum , otot dan tulang Oleh karena itu kemungkinan besar nyeri perut bagian kanan disebabkan jika terdapat masalah-masalah pada organ-organ tersebut. Penyakit umum yang menyebabkan nyeri perut sebelah kanan meliputi : 

Hepatitis Penyakit hepatitis adalah peradangan hati yang disebabkan oleh virus hepatitis. Ada 5 jenis virus hepatitis: A, B, C, D, dan E. Penyakit hepatitis adalah satu dari sekian banyak ancaman kesehatan utama di dunia. 

Gejala  dari hepatitis sangat beragam, yang menjadi salah satu ciri utama hepatitis adalah nyeri tekan pada perut bagian kanan atau pembengkakan atau pengecilan hati saat perabaan. 

batu empedu Batu empedu adalah kondisi yang terjadi akibat cairan yang diproduksi hati untuk mencerna lemak (disebut sebagai cairan empedu) mengeras. 

Batu empedu biasanya terbentuk akibat tersumbatnya kantong empedu atau saluran empedu Anda. Saat terjadi penyumbatan ini, maka akan terasa nyeri pada perut secara tiba-tiba pada bagian kanan atas.

Peradangan Pankreas Pankreatitis akut adalah peradangan yang terjadi di dalam pankreas dalam waktu yang cukup singkat.Pankreas sendiri merupakan sebuah organ berukuran kecil yang terletak di belakang organ lambung dan di bawah tulang iga.

Nyeri tumpul hebat (rasa sakit seperti ditekan atau diremas) di sekitar bagian perut atas. Nyeri ini bisa bertambah buruk dan menjalar sepanjang punggung hingga bagian bawah tulang belikat kiri.

Ulkus Duodenum Gejala utama dari ulkus duodenum adalah nyeri pada perut. Rasa nyeri tersebut dirasakan pada jeda antar waktu makan atau pada malam hari

Namun, penyakit ini jarang menimbulkan gejala yang parah. Sebagian besar ulkus duodenum dapat pulih seiring waktu dengan pengobatan yang tepat.

Kanker Kanker bisa terjadi dimana saja, namun yang paling sering terjadi adalah kanker pada usus besar. Kanker usus besar – terjadi pada pasien usia lanjut dan bermanifestasi sebagai sembelit atau perubahan kebiasaan buang air besar, sakit perut kronis, dan penurunan berat badan yang luar biasa.

Peradangan Usus Buntu Radang usus buntu Penyebab paling umum sakit perut kanan bawah adalah radang usus buntu, atau  dalam istilah medis disebut apendicitis

Radang usus buntu ini terjadi pada sekitar 10% dari populasi dan kejadian tersering pada usia antara 10-30 tahun, meskipun radang usus buntu dapat terjadi pada usia berapa pun.

Penyebab radang usus buntu bisa berupagt;infeksi atau penyumbatan, yang menyebabkan peradangan dan pembengkakan pada usus buntu.

Gejala biasanya dimulai sebagai rasa nyeri di sekitar pusar atau di tengah-tengah perut bagian atas, dan kemudian bergeser ke perut kanan bagian bawah. 

Rasa sakit ini menjadi lebih tajam setelah beberapa jam (akut) dan disertai dengan nyeri atau sakit saat terkena tekanan. Ketika dilakukan penekanan dalam dan dilepaskan, akan timbul rasa sakit yang tajam, disebut dengan ‘nyeri lepas’.

Gejala yang menyertai termasuk demam ringan, mual, muntah, kehilangan nafsu makan, dan sembelit atau diare.

Hernia inguinal kanan

Peritonitis

Peritonitis merupakan radang dikarenakan infeksi yang menyerang rongga kosong diantara usus (peritoneum). Selain nyeri perut keluhan lain berupa demam, mual,muntah dan konstipasi.

Tarikan otot (Muscle spasm)

Tarikan otot-otot perut akan mengakibatkan keluhan nyeri.

Sakit Perut Sebelah Kanan Pada Wanita

  • Kista ovarium kanan  Suatu tumor yang berisi cairan (kista) bisa terbentuk dalam ovarium (indung telur), yang bisa tumbuh besar dan menghasilkan ketidaknyamanan. Meskipun kista biasanya tidak berbahaya dan dapat mereda sendiri, namun ada kemungkinan kista menjadi besar dan bisa terpuntir, menimbulkan nyeri perut bagian bawah pada wanita.
  • Kehamilan ektopik.  Terjadi Ketika telur yang dibuahi tertanam di luar rahim, maka hasilnya adalah kehamilan ektopik. telur yang telah dibuahi dapat menempel di ovarium, tuba fallopi kanan, atau di rongga perut, dan akan menyebabkan rasa sakit yang parah. Jika itu terjadi di perut sebelah kanan maka mungkin keliru dengan usus buntu. Namun, bisa kita kenali karena biasanya berhubungan dengan haid, gejala awal kehamilan, dan perdarahan vagina.
  • Penyakit radang panggul  infeksi yang melibatkan organ reproduksi wanita, yang disebabkan oleh bakteri menular seksual. nyeri perut disertai dengan keluarnya cairan dari jalan lahir yang berbau busuk, gangguan menstruasi, demam, nyeri punggung bawah, dan nyeri saat berhubungan seks.

 

Banyaknya kemungkinan diagnosis dari nyeri perut kanan harus dikonfirmasi oleh seorang dokter dengan pemeriksaan fisik berupa melihat, meraba , perkusi dan mendengarkan dengan stetoskop. Jika diperlukan dokter perlu melakukan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah, USG perut , USG ginekologi dan bila perlu CT scan abdomen.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit