Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Multiple Myeloma - Penyebab, Gejala dan, Pengobatan

Update terakhir: DEC 4, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.144.730 orang

Mengobati penyakit keturunan memang menjadi tantangan sendiri dalam dunia kedokteran, khususnya jika penyakit keturunan yang belum bisa diobati, Multiple Myeloma (MM) contohnya. Mungkin Anda pernah mendengat bahwa komposisi darah yang terdapat dalam tubuh manusia terdiri dari sel darah putih, sel darah merah, thrombosit dan plasma darah.

Keempat komponen ini di produksi di sumsum tulang dan mereka memiliki fungsinya masing-masing. Plasma darah berfungsi untuk membantu melawan infeksi dengan menghasilkan suatu zat dalam darah yang disebut dengan Immunoglobulin.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Multiple Myeloma adalah suatu kondisi dimana plasma darah menghasilkan suatu protein yang disebut dengan M protein, yang fungsinya mengganggu kerja sel darah lain di sumsum tulang maupun dibagian lain di seluruh tubuh dimana plasma darah berada.

Karena MM mengganggu dan merusak sel lain yang terdapat di dalam sumsum tulang, maka beberapa masalah kesehatan yang berkaitan dengan berkurangnya sel darah merah,sel darah putih dan kerusakan sumsum tulang terjadi. Untuk lebih jelasnya berikut adalah gejala yang terjadi pada orang yang menderita MM:

  • Jumlah darah rendah
  • Pada Multiple Myeloma, pertumbuhan sel plasma yang berlebih dalam sumsum tulang dapat merusak sel pembentuk darah normal, yang menyebabkan jumlah darah yang rendah:

    Menyebabkan Anemia (kekurangan sel darah merah). Orang dengan anemia biasanya memiliki gejala mudah lelah dan pucat.

    Multiple Myeloma juga dapat Menyebabkan tingkat trombosit dalam darah menjadi rendah (disebut Trombositopenia). Hal ini dapat menyebabkan perdarahan tanpa alasan yang tidak jelas dan memar muncul tanpa adanya benturan yang keras.

    Kondisi lain yang dapat berkembang adalah Leukopenia (kekurangan sel darah putih normal). Ini dapat menyebabkan masalah melawan infeksi.


  • Masalah tulang dan kalsium
    Sel-sel myeloma juga mengganggu sel-sel yang membantu menjaga tulang tetap kuat. Tulang mengalami perombakan dan pembentukan untuk menjaga tulang tetap dalam kondisi yang baik. Dua jenis sel tulang bekerja sama untuk menjaga tulang tetap sehat dan kuat:

    • Osteoklas menghancurkan tulang tua
    • Osteoblas membentuk tulang baru
    Sel-sel Myeloma membuat suatu zat yang memberitahu Osteoklas untuk mempercepat penghancutan tulang. Tulang jadi rusak tanpa adanya tulang baru untuk menggantikannya, sehingga membuat tulang lemah dan mudah patah.
  • Patah tulang merupakan masalah utama pada orang dengan MM. Karena perombakan tulang lebih cepat daripada pembentukannya, mengakibatkan kadar kalsium dalam darah meningkat, sehingga bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan lainnya yang berhubungan dengan peningkatan kalsium.
  • Infeksi
    Sel plasma yang tidak normal tidak dapat melindungi tubuh dari infeksi. Seperti disebutkan sebelumnya, sel plasma normal menghasilkan antibodi yang menyerang kuman.

    Pada Multiple Myeloma, sel-sel myeloma menghancurkan sel-sel plasma normal, sehingga antibodi untuk melawan infeksi tidak dapat dihasilkan. Antibodi yang dibuat oleh sel-sel myeloma tidak membantu melawan infeksi.

  • Masalah ginjal
  • Sel-sel Mieloma membuat antibodi yang dapat membahayakan ginjal, yang menyebabkan kerusakan ginjal dan bahkan gagal ginjal.

Apa yang menyebabkan seseorang menderita Multiple Myeloma?

Walaupun diketahui bahwa “m protein” adalah biang kerok dari penyebab terjadinya MM, tetapi selain faktor genetik, belum diketahui apa yang menyebabkan seseorang bisa mengalami kelainan ini. Multiple myeloma biasa terjadi pada orang dengan usia di atas 45 tahun.  

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Apa yang bisa Anda lakukan jika Anda menderita Multiple Myeloma?

Untuk mengambil langkah pengobatan, pertama Anda harus mengenali gejala dan kemungkinan jika Anda menderita Multiple Myeloma. Jika Anda berusia lebih dari 45 tahun dan Anda mengalami lemah letih dan lesu dalam jangka panjang dan tidak dapat diobati dengan penanganan Anemia seperti konsumsi suplemen penambah darah.

Dan Anda sering mengalami masalah kesehatan seperti radang tenggorokan atau infeksi paru-paru disertai dengan masalah pada tulang, disarankan Anda untuk segera memeriksakan diri Anda ke dokter.

Pemeriksaan MM bisa sangat sulit, bahkan untuk profesional sekalipun. MM akan didiagnosa oleh dokter dengan pemeriksaan antibody. Pada orang dengan MM biasanya antibody seperti immunoglobulin A dan G akan meningkat.

Multiple Myeloma belum bisa diobati, tetapi penyakit ini dapat dikontrol agar gejalanya tidak terlalu menimbulkan penderitaan bagi penderitanya. Pengobatan Multiple Myeloma bertujuan untuk mengontrol sistem kekebalan tubuh yang fungsinya tidak sesuai dengan fungsi aslinya.

Kombinasi pengobatan dengan obat-obatan kemoterapi, terapi radiasi, transplantasi sel cangkok dan, dan operasi akan dilakukan tergantung dari kondisi tiap-tiap pasien.

Ada banyak obat-obatan yang berguna untuk mengobati Multiple Myeloma. Obat-obatan di bawah ini sering digunakan dalam kombinasi dengan dexamethasone, terkadang diminum atau dengan diinfus, tergantung keadaan masing-masing pasien:

  • Dexamethasone (Decadron)—modulasi sel yang kebal
  • Bortezomib (Velcade)—penghambat protease
  • Lenalidomide (Revlimid)—modulasi sel yang kebal
  • Asam pamidronic (Aredia)—menghambat reabsorpsi tulang
  • Asam zoledronic (Zometa)—menghambat reabsorpsi tulang
  • Melphalan (Alkeran)—agen alkylasi yang beracun bagi sel myeloma

Multiple Myeloma adalah kanker darah nomor dua paling umum, dan walaupun dianggap tidak dapat disembuhkan, penyakit ini masih bisa diobati berkat adanya kemajuan dalam penelitian kanker saat ini. Multiple myeloma mampu teratasi dengan mengurangi faktor risiko. Diskusikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Malam dok...saya punya asma, apa bisa disembuhkan dok? tks Salam, Satria Dwi P
Pertanyaan ini telah dijawab oleh seorang ahli medis

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit