Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Mual - Penyebab, Gejala dan, Pengobatan

Update terakhir: NOV 13, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.492.537 orang

Mual merupakan salah satu gejala yang sangat sering kita jumpai dan bahkan kita alami. Gejala seperti ini merupakan keadaan tidak nyaman di bagian atas perut sehingga timbul perasaan ingin muntah. Muntah sendiri terjadi dimana semua isi lambung keluar melalui mulut.

Proses muntah sendiri terjadi melalui tahapan atau mekanisme yang sangat banyak dan kompleks. Muntah dikontrol oleh pusat muntah yang berada pada saraf pusat otak. Muntah dapat terjadi bila terdapat kondisi tertentu yang menyebabkan rangsangan oleh pusat muntah.

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Domperidone IF digunakan untuk mengatasi rasa mual dan muntah akibat keterlambatan proses pengosongan lambung. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Domperidone if 10mg tab 1

Rangsangan yang berasal dari pusat muntah tersebut kemudian akan dilanjutkan ke diafragma yang letaknya di antara dada, perut dan juga otot lambung. Hal ini mengakibatkan adanya tekanan yang terjadi di dalam lambung yang pada akhirnya mengakibatkan isi dari dalam lambung ini keluar melalui mulut.

Perlu Anda ketahui bahwa mual dan juga muntah ini merupakan sebuah gejala dan bukan merupakan sebuah penyakit yang dapat berdiri sendiri. 

Oleh karena itu, gejala ini pada umumnya disebabkan oleh berbagai jenis kondisi medis tertentu dan juga kondisi ini juga merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh tubuh kita untuk membuang materi yang berbahaya bagi tubuh kita. 

Mencari penyebab gejala ini merupakan hal yang terpenting untuk diketahui. Untuk itu, perlu Anda ketahui penyebab dari gejala ini serta cara yang tepat untuk mengatasinya.

Penyebab terjadinya Mual

Sebuah gejala gastroenteritis merupakan infeksi yang menyerang pada usus atau perut yang diakibatkan oleh berbagai macam virus tertentu. Gejala gastroenteritis ini juga menjadi salah satu penyebab paling umum mengapa seseorang mengalami muntah atau mual

Selain itu, gejala ini juga menyebabkan seseorang mengalami diare.

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Domperidone IF digunakan untuk mengatasi rasa mual dan muntah akibat keterlambatan proses pengosongan lambung. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Domperidone if 10mg tab 1

Ada berbagai penyebab terjadinya gejala ini seperti:

  • Gejala gastroenteritis atau gejala yang disebabkan karena keracunan makanan
  • Mengonsumsi minuman keras secara berlebihan
  • Asupan makanan yang terlalu banyak
  • Adanya infeksi pada ginjal
  • Cedera pada otak atau gegar otak
  • Efek samping dari mengonsumsi berbagai jenis obat tertentu serta adanya gangguan pada saluran pencernaan di dalam tubuh.

Salah satu masalah timbul karena gejala ini ialah dehidrasi karena keluarnya cairan yang ada di dalam tubuh. Bahkan, kondisi seperti ini akan lebih parah jika dialami oleh anak-anak terutama bagi mereka yang menderita diare.

Penyebab terjadinya gejala ini sebenarnya dapat diketahui dari waktu seseorang yang mengalaminya. Jika gejala ini timbul tidak lama setelah selesai makan maka penyebabnya dapat dipastikan ialah keracunan dari makanan yang telah dikonsumsi, gejala maag, gastritis dan lain-lain.

Selain itu, jika gejala ini muncul muncul 1 hingga 8 jam setelah selesai makan maka juga disebabkan oleh keracunan makanan dimana kandungan di dalam makanan tersebut mengandung jenis bakteri yang berbahaya seperti salmonella. 

Bahkan, jika gejala ini terjadi pada ibu hamil secara terus-menerus maka dapat membahayakan janin di dalamnya karena ketidakseimbangan cairan di dalam tubuh.

Cara untuk mengatasi Mual

Mengingat dari bahaya yang akan ditimbulkan dari gejala ini maka sangat diperlukan cara untuk mengatasinya secara tepat. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Domperidone IF digunakan untuk mengatasi rasa mual dan muntah akibat keterlambatan proses pengosongan lambung. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Domperidone if 10mg tab 1

Adapun cara untuk mengatasinya ialah dengan meminum minuman dengan kandungan sari jahe, menghindari berbagai jenis yang sulit untuk dicerna, jangan terburu-buru untuk berbarik setelah selesai makan dan minumlah air sebanyak 1,5 hingga 2 liter untuk hindari dehidrasi.

Selain itu, saat gejala ini mulai menyerang pada tubuh Anda maka Anda juga bisa melakukan pencegahan dengan meminum minuman yang memiliki cita rasa yang manis seperti soda maupun jus buah. Usahakan hindari mengonsumsi minuman dengan kadar asam yang tinggi seperti jeruk bali. 

Selain itu, mengurangi berbagai aktivitas yang dilakukan setelah makan dapat mengurangi resiko terjadinya mual.

Sedangkan untuk anak-anak maka upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi resiko terjadinya ialah dengan mencegah mereka makan saat sedang bermain. 

Sedangkan cara untuk menghindari mabuk saat perjalanan ialah dengan memposisikan tempat duduk mereka di posisi paling depan atau jika tidak posisikan mereka dengan menghadap kaca.

Mengetahui penyebab dari mual ini merupakan hal yang terpenting sebelum dilakukan sebuah langkah penanganan. Penanganan dari gejala ini secara cepat dan tepat juga merupakan langkah yang tepat untuk mengobatinya supaya tidak berlarut-larut dan bahkan meninmbulkan penyakit yang parah.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini
kurang tidur menyebabkan mual cara biar muntah pusat muntah dimana