Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
AHMAD MUHLISIN

Carboplatin: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Update terakhir: DEC 10, 2019 Tinjau pada DEC 10, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.716.497 orang

Obat carboplatin merupakan jenis obat yang digunakan dalam terapi penyakit kanker. Obat ini digunakan sebagai kemoterapi yang bertujuan untuk menurunkan perkembangan sel kanker yang menyerang jaringan tubuh. Carboplatin banyak digunakan sebagai terapi penyakit kanker payudara, kanker sel telur (ovarium), serta kanker kandung kemih.

Carboplatin merupakan suatu agen alkyating seperti pada beberapa jenis obat kanker lainnya. Carboplatin termasuk dalam golongan cytotoxic serta memiliki komposisi platinum agar dapat mematikan sel kanker. Obat ini dapat menghancurkan DNA sel kanker. Carboplatin dapat dikombinasikan dengan obat lainnya seperti cyclophosphamide dan paraplatin untuk meningkatkan kualitas kemoterapi serta sebagai terapi paliatif selama pemberian carboplatin

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Seperti halnya pada agen alkylating lainnya, obat ini langsung menyerang ikatan DNA guna menghentikan replikasi DNA sel kanker. Agen tersebut melekat ke dalam basis DNA yang juga mengambat transkrip RNA agar tidak terjadi formasi serta ikatan dengan sel DNA lainnya.

Carboplatin yang disuntikkan ke dalam tubuh akan tereliminasi ke dalam ginjal setelah 24 jam. Dalam waktu tersebut carboplatin tidak mengikat protein plasma tetapi kadar platinum di dalam obat ini akan hilang setelah 5 hari paska pemberian obat. Efek obat ini bekerja 1 hingga 2 jam setelah pemberian.

Manfaat obat Carboplatin

Carboplatin merupakan obat terpilih sebagai kemoterapi beberapa penyakit kanker seperti:

Kanker payudara

Kanker payudara menjadi salah satu kanker yang sangat membahayakan kaum wanita. Sekitar 1 dari 10 wanita pengidap kanker menderita kanker payudara dan beresiko menimbulkan kematian apabila tidak ditangani segera. Kanker bisa terbentuk melalui jaringan di payudara atau di kelenjar sekitar payudara dan secara perlahan membesar hingga dapat menyebar ke jaringan tubuh lainnya.

Gejala yang ditimbulkan adanya teraba benjolan yang keras dan tidak rata serta  berukuran 1 hingga 2 sentimeter yang dapat bertambah besar. Bentuk payudara semakin lama menjadi tidak simetris yang diikuti dengan rasa sakit di sekitar payudara hingga puting susu. Payudara menjadi bengkak dan terkadang keluar cairan bening atau warna kecokelatan dari puting susu.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Kanker Ovarium

Kanker ovarium berkembang pada indung telur tempat sel telur berada. Penyakit ini banyak terjadi pada wanita usia 50 tahun keatas. Gejala yang diitmbulkan tidak spesifik sehingga butuh pemeriksaan lebih lanjut di rumah sakit, Wanita dapat mengeluhkan rasa nyeri perut dan sekitar panggul serta ukuran perut yang semakin membesar. Wanita juga mengeluhkan kesulitan makan, buang air besar, dan adanya pendarahan yang keluar dari vagina.

Kanker kandung kemih

Kanker kandung kemih merupakan kanker ganas yang mengganggu tempat penampungan urin. Penyakit ini banyak dialami pria berusia lebih dari 50 tahun yang memeiliki riwayat genetik terjadinya kanker. Gejala yang ditemukan yaitu rasa terbakar saat buang air kecil, kencing berdarah, jumlah urin berkurang, nyeri pinggang, dan nafsu makan menurun.

Efek Samping Carboplatin

Timbulnya efek samping terjadi akibat dosis dan lama pengobatan dengan carboplatin. Efek samping biasanya muncul selama atau setelah pemberian obat carboplatin. Efek samping ringan dapat hilang sendiri selama kondisi kesehatan di jaga ketat. Efek samping yang muncul antara lain:

  • Mual muntah
  • Rambut rontok
  • Lelah
  • Anemia
  • Penurunan nilai sel darah putih
  • Diare

Perhatian Khusus Sebelum Pengobatan Carboplatin

Berikut hal yang perlu diperhatikan selama pengobatan carboplatin

Iklan dari HonestDocs
Beli MASKER N95 3M 8210 via HonestDocs

Gunakan masker ini untuk kegiatan sehari-hari pada waktu kepekatan polusi udara meningkat. Selain itu, masker ini dapat digunakan oleh pekerja konstruksi dan juga petugas kesehatan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Selama terapi carboplatin tidak boleh mengonsumsi obat aspirin

Obat carboplatin tidak boleh diberikan pada ibu hamil dan menyusui

Tidak boleh memberikan jamu atau obat herbal selama pengobatan dengan carboplatin

Obat phenytoin dikontraindikasikan pemberian dengan obat carboplatin

Penderita kanker dengan kondisi cacar air, herpes , dan penyakit ginjal tidak boleh menggunakan obat carboplatin atau dengan ketentuan khusus oleh dokter sebelum penggunaan.

Dosis Dan Cara Pemberian Obat Carboplatin

Carboplatin tersedia dalam bentuk injeksi intravena dengan dosis 10 mg/ 1 ml,  50 mg/5 ml, 150 mg/15 ml, 450 mg/5 ml, dan 600 mg/60 ml.  Dosis maksimum pemberian carboplatin adalah 900 mg, tetapi jumlah pemakaian dilihat dari kondisi beratnya kanker. Penggunaan yang berlebihan dapat meningkatlan efek toksisitas pada fungsi ginjal. Nilai kadar GFR ( glumerular Filtration Rate) di ginjal juga harus diperhatikan guna menghitung laju eksresi obat setelah pemakaian.

Dosis yang tepat adalah dosis dari dokter yang merawat. Panduan dosis yang ada di sini hanya berupa informasi yang bersifat umum.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini