BAB Berdarah - Penyebab, Gejala dan, Pengobatan

Update terakhir: Apr 5, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 631.426 orang

Apakah kamu pernah mengalami Buang Air Besar berdarah?  BAB berdarah ialah suatu kondisi dimana terdapat darah yang keluar pada feses atau tinja saat kamu sedang BAB. Kondisi BAB berdarah memang bisa terjadi di sebagian orang dan umumnya sering dianggap sepele oleh masyarakat, namun bila kejadian BAB berdarah ini berlangsung terus menerus dan tidak kunjung sembuh, maka bisa jadi keadaan ini mengindikasikan bahwa adanya penyakit serius pada tubuh kamu.  Oleh karena itu sebaiknya segera konsultasikan keadaanmu ke dokter  terdekat untuk penanganan lebih lanjut. Namun sebelum kamu kawatir terlalu dalam mengenai kondisi BAB yang berdarah ini, ada baiknya kamu menyimak artikel dibawah ini untuk mengenal lebih lanjut mengenai kondisi BAB berdarah. 

Apa itu BAB Berdarah?  

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, BAB berdarah ialah kondisi dimana adanya darah yang keluar saat kamu sedang BAB. Sebenarnya BAB berdarah setiap orang berbeda-beda, sebagian menemukan darah yang bercampur dengan tinja dan sebagian menemukan darah yang terpisah dari tinja. 

Selain itu, BAB berdarah yang dirasakan pada setiap penderita juga berbeda-beda, ada yang disertai rasa sakit, ada juga yang tidak disertai dengan rasa sakit,  ada yang mengeluarkan darah dengan volume sedikit, ada juga yang mengeluarkan darah dengan volume yang banyak, lalu warna darah yang keluarpun juga bisa berbeda. 

Namun secara medis, kondisi BAB berdarah ini erat hubungannya dengan adanya masalah atau gangguan pada saluran pencernaan tubuh manusia sehingga dapat menyebabkan BAB yang keluar disertai darah.  

Penyebab BAB Berdarah  

BAB berdarah dibagi menjadi dua yaitu BAB berdarah segar (hematochezia) dan BAB berdarah kehitaman (melena). Penyebab BAB berdarah segar yaitu wasir, fisura ani, kolitis, kanker usus halus dan besar, divertikulosis. Penyebab BAB kehitaman yaitu tukak lambung, varises, gastritis, esofagitis dan kanker esofagus hingga lambung.

  • Penyakit Wasir

Wasir atau sering dikenal dengan sebutan ambeien atau hemorrhoid ini ialah kondisi dimana terjadi pembesaran pembulu darah vena yang menjadi rapuh pada daerah rektum ( daerah sisi dalam dari anus ) sehingga muda berdarah.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Penyakit wasir atau ambeien ini merupakan penyebab buang air besar berdarah yang paling umum dan sering dijumpai di masyarakat kita.  Adapun ciri-ciri dari penyakit wasir ini ialah darah yang keluar berwarna merah terang dan akan menetes ketika atau setelah tinja keluar dan terkadang dijumpai adanya tonjolan dari dalam anus yang keluar ketika BAB dan kembali masuk setelah BAB selesai.  Dalam kondisi wasir atau ambeien ini, penderita ada yang merasakan sakit atau juga tidak merasakan sakit tergantung kondisi kesehatan masing-masing penderita.

  • Tukak Lambung

Ialah luka pada lapisan lambung atau usus dua belas jari atau ujung atas dari usus kecil. Tukak lambung biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri Helicobacter pylori.  Penggunaan obat anti radang atau antinyeri dalam jangka panjang dan dosis yang tinggi seperti aspirin, ibuprofen dan naproxen juga dapat menyebabkan tukak lambung dan mengakibatkan BAB berdarah dan bewarna hitam. Darah berwarna hitam karena pencampuran dengan asam lambung.

  • Fissura Ani

Fissura Ani merupakan suatu kondisi dimana adanya robekan pada lapisan anus bagian dalam sehingga menyebabkan dalam proses buang air besar, feses yang dikeluarkan akan diikuti dengan darah yang juga keluar.  Penyakit fissura ani ini sering disebabkan oleh karena feses atau tinja yang terlalu besar dan keras sehingga menimbulkan robekan atau luka pada bagian dalam anus. Kondisi fissura ani ini juga biasanya akan menyebabkan rasa sakit atau panas ketika si penderita melakukan buang air besar. 

  • Angiodisplasia usus Ini ialah kondisi dimana pembuluh darah saluran pencernaan mengalami kondisi abnormal dan rapuh sehingga menyebabkan pendarahan saat buang air besar.

Cara mengobati BAB Berdarah  

  • Perbanyak konsumsi air putih minimal 8 gelas atau 2 liter per hari
  • Kulit manggis Kulit manggis dapat menyehatkan pencernaan, menyehatkan usus besar, melancarkan buang air besar dan menyehatkan pembuluh darah vena seputar anus.
  • Makan makanan dengan serat yang tinggi seperti buah dan sayuran terutama buah pepaya dan pisang
  • Berolahraga rutin setiap hari agar kondisi tubuh kembali fit dan sehat
  • Hindari makanan pedas, minuman beralkohol dan makanan junkfood
  • Memakan jambu biji
  • Menggunakan daun sirsak Daun sirsak dikenal mampu menyehatkan pembulu darah vena dan pembuluh darah disekitar anus
  • Menggunakan Daun cocor bebek Sosor bebek adalah jenis tumbuhan yang mengandung air dan dapat digunakan untuk meringankan penyakit ambeien
  • Lidah Buaya
  • Daun pepaya muda 

Bila pengobatan alami diatas tidak mampu menyembuhkan BAB mu yang berdarah, sebaiknya kamu lekas pergi ke dokter untuk mengkonsultasikan keadaanmu dan mendapatkan pengobatan medis terbaik untuk menyembuhkan penyakitmu.

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit