Pentingnya Punya Tubuh Sehat dan Bugar di Usia 30-an

Kebugaran, bersama dengan nutrisi yang tepat, penting untuk mempertahankan gaya hidup sehat. Menjadi sehat dan bugar dapat meningkatkan energi, mempertahankan fungsi fisik dan dapat mencegah atau meminimalkan komplikasi dari penyakit kronis.
Dipublish tanggal: Agu 8, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Pentingnya Punya Tubuh Sehat dan Bugar di Usia 30-an

Seiring bertambahnya usia seseorang maka metabolisme di dalam tubuh juga akan semakin berkurang. Saat usia 30-an dengan sejumlah kesibukan yang ada, kebanyakan orang lupa pentingnya menjaga kesehatan tubuh. 

Namun, Tidak peduli berapapun usia Anda, tidak ada kata terlambat untuk memiliki tubuh yang sehat dan bugar. Berikut pada artikel di bawah ini akan membahas pentingnya punya tubuh sehat dan bugar di usia 30-an.

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Apa manfaat olahraga untuk Anda yang berusia 30-an?

Ada banyak alasan mengapa seseorang cenderung melambat dan menjadi lebih tidak aktif seiring bertambahnya usia. Hal tersebut mungkin karena masalah kesehatan, masalah berat badan, atau masalah yang lainnya. 

Atau mungkin Anda berpikir bahwa berolahraga tidak cocok untuk Anda yang sudah berusia 30-an. Namun seiring bertambahnya usia, gaya hidup aktif menjadi lebih penting dari sebelumnya bagi kesehatan Anda.

Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa melakukan aktivitas fisik merupakan kontributor nomor satu untuk mendapatkan umur panjang dan menambah tahun ekstra dalam hidup Anda. 

Tetapi menjadi aktif bukan hanya tentang membuat tubuh Anda sehat, namun lebih tentang menambahkan ekstra kehidupan ke setiap tahunnya.

Bergerak dapat membantu meningkatkan energi, mempertahankan tubuh yang sehat, melindungi jantung, dan mengatasi gejala penyakit atau rasa sakit serta menjaga berat badan tetap ideal. 

Dan olahraga teratur juga baik untuk pikiran, suasana hati, dan memori Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

Manfaat berolahraga dapat berupa:

  • Membantu Anda mempertahankan atau menurunkan berat badan. Karena metabolisme tubuh secara alami akan melambat seiring bertambahnya usia, mempertahankan berat badan yang sehat adalah sebuah tantangan. Olahraga dapat membantu meningkatkan metabolisme dan membangun massa otot, membantu membakar lebih banyak kalori.
  • Mengurangi munculnya penyakit dan penyakit kronis. Orang yang berolahraga cenderung memiliki fungsi kekebalan dan pencernaan yang lebih baik, tekanan darah dan kepadatan tulang yang lebih baik, dan risiko penyakit Alzheimer, diabetes, obesitas, penyakit jantung, osteoporosis, dan kanker tertentu yang lebih rendah.
  • Meningkatkan mobilitas, fleksibilitas, dan keseimbangan. Olahraga dapat meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, dan postur tubuh Anda, yang pada gilirannya akan membantu keseimbangan, koordinasi, dan mengurangi risiko jatuh. Latihan kekuatan juga dapat membantu meringankan gejala kondisi kronis seperti radang sendi.

Jika Anda belum menjadikan aktivitas fisik sebagai kebiasaan, pada usia 30-an Anda adalah waktu yang tepat untuk memulai. Kebugaran, bersama dengan nutrisi yang tepat, penting untuk mempertahankan gaya hidup sehat. 

Menjadi sehat dan bugar dapat meningkatkan energi, mempertahankan fungsi fisik dan dapat mencegah atau meminimalkan komplikasi dari penyakit kronis.

Kenapa harus memiliki tubuh yang sehat dan bugar?

Ada banyak manfaat kesehatan yang terkait dengan kebugaran. Untuk beberapa penyakit seperti:

Motivasi merupakan sebuah kunci. Anda mungkin perlu dorongan atau motivasi ketika ingin mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Apa yang dapat memotivasi Anda untuk memiliki pola hidup yang sehat? 

Memunculkan beberapa alasan mengapa menjadi lebih aktif dapat membantu menciptakan tubuh yang sehat dan bugar, seperti:

  • Menjadi panutan yang positif untuk anak-anak
  • Mengurangi resiko terkena tekanan darah tinggi atau diabetes tipe 2
  • Mempertahankan berat badan yang sehat

Berapa banyak dan berapa lama aktivitas fisik yang harus dilakukan?

Berikut anjuran olahraga yang dapat Anda lakukan pada usia 30-an:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36
  • Lakukan setidaknya 2½ jam dengan intensitas sedang atau 1¼ jam aktivitas fisik aerobik intensitas tinggi setiap minggunya.
  • Sertakan latihan kekuatan menggunakan semua kelompok otot sebanyak dua kali seminggu atau lebih.
  • Untuk manfaat kesehatan yang lebih banyak, tingkatkan aktivitas fisik aerobik intensitas sedang hingga 5 jam atau termasuk 2½ jam aktivitas fisik aerobik intensitas tinggi tiap minggunya.

Selain berolahraga, hal penting lainnya yang dapat Anda lakukan untuk mengontrol berat badan Anda adalah mengkonsumsi makanan yang bergizi.

 Ingat, semakin bertambahnya usia Anda, maka semakin mudah Anda mengalami kenaikan berat badan, terlebih jika Anda tidak melakukan olahraga secara teratur. 

Oleh karena itu, ada baiknya Anda mulai mengurangi makanan yang mengandung tinggi gula dan kalori, seperti makanan manis dan junk food. 

Perbanyaklah mengkonsumsi makanan berprotein, sayur dan buah yang mengandung banyak nutrisi penting yang tubuh Anda butuhkan untuk tetap sehat dan bugar.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Sports and Exercise at Every Age. American Academy of Family Physicians. (https://familydoctor.org/sports-and-exercise-at-every-age/)
Losing Weight in Your 30s: The 5 Best Tips. Verywell Fit. (https://www.verywellfit.com/weight-loss-tips-for-women-in-their-30s-3495419)
Longevity To-Do List for Your 30s. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/longevity-to-dos-for-your-30s-2223717)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app