5 Alasan Kenapa 4 Jenderal Ini Bisa Tetap Bugar Meski Tak Muda Lagi

Dipublish tanggal: Mei 29, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Jun 20, 2019 Waktu baca: 2 menit
5 Alasan Kenapa 4 Jenderal Ini Bisa Tetap Bugar Meski Tak Muda Lagi

Pasca kerusuhan 22 Mei 2019 silam, Kapolri Jenderal Tito Karnavian membeberkan keempat nama pejabat negara yang menjadi target pembunuhan dalam aksi tersebut. Disebutkan ada nama Menko Polhukam Wiranto, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Budi Gunawan, dan staf khusus presiden bidang intelijen dan keamanan Gois Mere.

Entah apa dasarnya keempat jenderal tersebut menjadi sasaran empuk para pelaku. Namun bila diperhatikan, bertambahnya usia tidak menyurutkan kharismatik keempat jenderal andalan tanah air.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

Justru, semakin bertambahnya usia, keempat jenderal tersebut tampak semakin bugar dan sehat. Kira-kira apa rahasianya? Mari intip jawabannya dalam ulasan berikut ini.

Tips menjaga kebugaran meski usia tak lagi muda

Seiring bertambahnya usia, fungsi organ tubuh memang akan mengalami penurunan. Tubuh tentu tidak akan lagi sekuat dan sebugar saat masih muda dulu.

Namun, bukan hal yang tidak mungkin bila nantinya Anda dapat menjalani masa-masa tua dengan tubuh yang prima. Buktinya, kondisi fisik keempat jenderal yang tengah ramai diperbincangkan, yaitu Wiranto, Luhut, Budi Gunawan, dan Gories Mere, justru tampak kian sehat dan bugar saja.

Kalau diperhatikan, usia yang tak lagi muda tidak sekalipun menurunkan kebugaran keempat tokoh tersebut. Ingin menjaga kebugaran seperti mereka? Berikut tipsnya.

1. Jaga pola makan

Untuk menjaga kebugaran di usia yang tak lagi muda, jaga pola makan Anda setiap hari. Perbanyaklah konsumsi sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, gandum utuh, dan produk susu rendah lemak.

Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa jenis makanan tersebut dapat memperpanjang umur. Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi juga dapat melindungi diri dari penyakti jantung, kanker, penyakti Parkinson, hingga penyakit Alzheimer.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

2. Rajin olahraga

Manfaat olahraga tidak hanya untuk menjaga kebugaran, tapi juga memperbaiki mood, menjaga kesehatan tulang dan otot, hingga membantu tidur lebih nyenyak. 

Hal ini karena olahraga dapat membantu mengalirkan lebih banyak darah dan oksigen ke seluruh tubuh. Sel-sel tubuh jadi lebih sehat dan tidak gampang sakit.

Pilih olahraga favorit Anda, bisa dengan jalan kaki, jogging, berenang, atau yoga. Lakukan 30 menit setiap hari untuk menjaga kebugaran tubuh meski usia tak lagi muda.

3. Jaga silaturahmi dengan orang lain

Banyak orang bilang bahwa menjaga silaturahmi bisa memperpanjang umur. Ternyata, hal ini tidak hanya sekadar isapan jempol belaka, lho!

Para ahli menemukan bahwa orang yang kesepian cenderung memiliki kadar hormon stres yang lebih tinggi. Hal ini dapat menyebabkan peradangan terkait arthritis dan diabetes.

Oleh karena itu, terus jalin komunikasi dengan orang-orang terdekat Anda. Hati akan merasa bahagia dan kebugaran tubuh pun tetap terjaga.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

4. Berhenti merokok

Zat-zat racun dalam rokok dapat merusak hampir semua organ dalam tubuh Anda. Bahkan, merokok telah lama diketahui dapat menyebabkan penyakit paru-paru, jantung, hingga kanker.

Jadi, tidak ada kata terlambat untuk berhenti merokok demi menjaga kebugaran. Bulatkan niat dan kurangi frekuensi merokok sedikit demi sedikit, sampai pada akhirnya Anda bisa berhenti merokok secara total.

5. Rutin periksa kesehatan

Medical check-up alias pemeriksaan kesehatan penting dilakukan. Hal ini dapat membantu melihat kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan.

Bila ditemukan adanya penyakit tertentu, maka dokter dapat menanganinya lebih cepat. Semakin cepat dideteksi, pengobatan pun akan semakin mudah dilakukan dan peluang kesembuhannya juga semakin besar.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
7 Steps to Healthy Aging, Happy Aging. Everyday Health. (https://www.everydayhealth.com/senior-health/understanding/index.aspx)
The Best Way to Stay Fit After Age 40. Health Essentials from Cleveland Clinic. (https://health.clevelandclinic.org/the-best-way-to-stay-fit-after-age-40/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app