Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
VINA SETIAWAN
Olahraga dan Kebugaran

Tips Menjaga Kebugaran Tubuh bagi Orang Sibuk

Update terakhir: OCT 21, 2019 Tinjau pada OCT 21, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 967.324 orang

Menjaga kebugaran tubuh sangat penting dilakukan agar dapat bekerja dan melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik. Namun, dengan berbagai kesibukan yang dimiliki, banyak orang yang mengabaikan kebugaran tubuh. 

Jika hal ini terus dilakukan maka akan menyebabkan masalah kesehatan dan mengganggu produktivitas kerja. Oleh karena itu, disela-sela kesibukan tetap harus menyisihkan waktu untuk menjaga kesehatan.

Cara menjaga kebugaran

Beberapa cara berikut dapat dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh, sehingga tubuh akan produktif dan prima saat beraktivitas, antara lain:

Menyempatkan olahraga secara teratur

Menyempatkan olahraga secara teratur minimal 3 kali dalam seminggu akan membuat kondisi tubuh menjadi lebih fit. Selain itu, olahraga secara teratur juga dapat menurunkan risiko diabetes dan darah tinggi, serta mencegah penyakit jantung

Terbiasa melakukan olahraga juga akan membuat tubuh menjadi lebih aktif, sehingga pekerjaan akan cepat selesai.

Menjaga asupan makanan

Dengan berbagai kesibukan yang dimiliki, banyak orang yang memilih mengkonsumsi makanan cepat saji. Kebiasaan tersebut harus segera dihentikan, karena makanan cepat saji mengandung kalori yang lebih banyak, sehingga jika dibiasakan akan menyebabkan gangguan kesehatan. 

Pilihlah makanan yang sehat dan mengandung gizi seimbang untuk menjaga kebugaran tubuh.

Memperbanyak minum air putih

Usahakan minum air putih 8 gelas setiap hari. Sebaiknya meminum air putih saat perut kosong pada pagi hari setelah bangun tidur. Hal ini bermanfaat untuk mengeluarkan seluruh racun dalam tubuh. 

Selain itu, mengkonsumsi air putih juga akan membuat tubuh segar dan sehat, serta dapat meningkatkan produksi sel otot dan sel darah baru.

Selalu berpikiran positif

“Berpikiran positif” merupakan kalimat yang mudah diucapkan, tetapi sangat sulit dilakukan. Banyak orang yang justru terjebak dengan pikiran negatif dan menyebabkan stres. Biasakan untuk berpikir positif seberat apapun kondisi yang dialami serta selalu mensyukuri apapun yang terjadi.

Istirahat yang cukup

Biasakan tidur maksimal 8 jam sehari untuk mengembalikan kesegaran tubuh. Sebaiknya kurangi kebiasaan yang tidak penting yang menyebabkan Anda begadang hingga terlalu malam.

Aktivitas untuk menjaga kebugaran

Beberapa aktivitas ringan berikut dapat dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh:

Jalan kaki atau bersepeda

Jika jarak kantor dengan rumah dekat, sebaiknya bersepeda atau berjalan kaki saja. Selain dapat meningkatkan kebugaran, bersepeda dan berjalan kaki juga dapat mencegah hipertensi, kolesterol tinggi dan diabetes.

Menaiki tangga

Selain dapat menjaga kebugaran, menaiki tangga juga dapat mengurangi risiko kematian hingga 33%. Menaiki tangga dengan tempo cepat juga dapat mencegah penyakit jantung dan menurunkan berat badan.

Jalan cepat

Jalan cepat merupakan salah satu aktivitas yang memiliki banyak manfaat seperti menjaga berat badan, mencegah penyakit jantung, mencegah hipertensi, serta mencegah diabetes tipe 2. 

Selain itu, jalan cepat juga bermanfaat untuk menguatkan tulang dan otot.  Untuk menghindari risiko cedera saat berjalan cepat, beberapa tips yang dapat dilakukan antara lain, pandangan selalu mengarah ke depan; melemaskan leher, bahu, dan punggung; bebas mengayunkan lengan; kencangkan otot perut dan luruskan punggung; serta berjalanlah dengan lancar.

Joging

Jogging merupakan aktivitas yang dapat dilakukan untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Agar lebih bersemangat saat joging, Anda juga bisa membawa anjing atau hewan peliharaan lainnya. Membawa hewan peliharaan akan membantu berlari dengan tempo yang dinamis.

Menari

Menari merupakan aktivitas menyenangkan dan dapat menjaga kebugaran. Selain itu, menari juga dapat meningkatkan keseimbangan tubuh dan mental, mengurangi risiko osteoporosis, serta tubuh lebih fleksibel.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit