HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI
Olahraga dan Kebugaran

Olahraga Yang Tepat Untuk Mengecilkan Perut Buncit

Dipublish tanggal: Mar 3, 2019 Update terakhir: Agu 4, 2020 Waktu baca: 3 menit
Olahraga Yang Tepat Untuk Mengecilkan Perut Buncit

Bagi setiap orang baik pria maupun wanita, penampilan ideal merupakan hal yang penting. Penampilan ideal menurut masyarakat sekarang ini biasanya ditandai dengan badan yang langsing untuk wanita dan body yang six packs untuk pria. 

Namun bagi sebagian besar wanita dan pria yang tidak memiliki badan ideal, mereka perlu melakukan usaha extra dalam berdiet, baik dengan melakukan olahraga maupun dengan membatasi makanan yang dikonsumsi. 

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Menurut riset yang dilakukan kepada 100 pria dan wanita, mereka menyatakan bahwa bagian yang paling mudah gemuk dan ingin mereka ‘hilangkan’ lebih dahulu ialah bagian perut dimana perut buncit ialah ‘momok’ yang menakutkan bagi mereka. 

Disini khusus untuk kamu, akan kami bahas mengenai olahraga yang cocok dan baik untuk mereka yang ingin mengecilkan perutnya.

Macam olahraga untuk mengecilkan perut buncit

Bagi wanita hamil, perut buncit ialah keadaan yang lumrah dan pasti terjadi, namun bagaimana dengan wanita yang tidak dalam kondisi hamil ataupun pria yang masih muda? Perut memang mudah sekali untuk melar. 

Hal ini dikarenakan perut merupakan salah satu bagian tubuh yang memiliki elastisitas tinggi dan paling mudah berlemak. Nyatanya, perut buncit tidak selalu dialami oleh orang yang obesitas atau berat badan berlebih. 

Orang-orang yang berat badannya proporsional atau kurus pun dapat mengalami yang namanya perut buncit. 

Untuk mengatasi masalah perut buncit ini, kamu harus bisa menahan nafsu makanmu, membatasi makanan dan minuman yang masuk kedalam tubuhmu, istirahat yang cukup serta yang paling berpengaruh ialah olahraga. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Berikut ini ialah beberapa gerakan olahraga yang dapat dilakukan untuk kamu yang ingin mengecilkan perutmu:

Sit Up

Olahraga ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi setiap dari kami. Ya sedari kecil dalam pelajaran Olahraga di sekolah, sit up merupakan gerakan dasar yang sudah diajarkan.

Sit up memang terbukti sangat efektif untuk mengecilkan lemak di perut serta menguatkan otot perutmu. Lakukanlah Sit up 30 kali setiap harinya untuk mendapatkan perut yang kecil. Tingkatkan intesitas Sit up mu begitu kamu sudah terbiasa dengan olahraga satu ini.

Elbow Plank

Gerakan ini ternyata tidak hanya melatih otot perut, namun Elbow Plank juga berguna untuk melatih stabilitas tubuh serta otot inti yang ada pada tubuh atau core muschles berpusat pada perut, paha serta pinggang. 

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Elbow plank juga dapat kamu lakukan untuk mendapatkan lengan yang lebih kecil. Cara melakukan Elbow Plank : 

  • Posisikan tubuh kamu menghadap ke arah lantai.
  • Letakkan kedua tangan kamu sampai siku menyentuh area lantai.
  • Angkat tubuh dengan posisi telapak tangan yang tegak dan jaga supaya posisi punggung tetap dalam keadaan lurus.
  • Tahan perut kamu selama melakukan gerakan Elbow Plank ini.
  • Ulangi gerakan ini selama 30 detik setiap harinya

Yoga

Yoga ialah olahraga yang memusatkan fokusnya pada kekuatan, kelenturan, dan pernapasan. Penelitian di India membuktikan bahwa yoga sangat membantu menghilangkan gas berlebih di perut, sehingga melancarkan pencernaan dan menghilangkan lipatan di perut. 

Yoga juga terbukti dapat melatih serta menyelaraskan tubuh dan pikiran supaya lebih rileks akan memacu tubuh mengeluarkan hormon yang bisa membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh secara efektif.

Leg Raise

Olahraga satu ini dinamakan gerakan leg raise atau kaki yang diarahkan keatas, olahraga ini memusatkan latihan pada area otot perut bawah dan bisa kamu lakukan tanpa memerlukan alat bantu apapun.

Meski gerakan ini terlihat mudah, namun dengan melakukannya beberapa set saja maka akan membuat otot area perut kamu serasa terbakar karena pembakaran lemak sedang berlangsung. 
Caranya juga sangat mudah yaitu: 

  • Baringkan tubuh di lantai dengan posisi terlentang.
  • Angkat kedua kaki kamu sampai membentuk sudut 90 derajat.
  • Lalu turunkan kaki tanpa menyentuh area lantai dan angkat kembali kaki ke arah 90 derajat.
  • Lakukan gerakan ini sebanyak 15 kali setiap harinya.

Olahraga Kardio

Olahraga Cardio merupakan olahraga yang mengaktifkan hampir semua anggota tubuh seperti bersepeda, berlari, berjalan, dan lainnya. Saat melakukan kardio, otot-otot di tubuh kita bekerja sempurna mulai dari otot betis, otot paha, otot punggung, otot perut, lengan dan pundak. 

Sehingga untuk kamu yang bukan hanya mau mengecilkan perut, namun seluruh tubuhmu. Kamu bisa melakukan olahraga cardio sebagai solusinya.

Demikianlah beberapa olahraga yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan perut idealmu. Selain olahraga, kamupun harus menjaga makanan dan minuman yang kamu konsumsi, batasi pengkonsumsian lemak dan karbohidrat, lebih banyaklah mengkonsumsi buah, sayuran serta serat dan protein. 

Yang terpenting tetap jaga kesehatanmu dan tidur yang cukup ya guys. 

2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
This Genius 5-Minute Workout Will Stop Your Bloating. Healthline. (https://www.healthline.com/health/fitness-exercises/exercise-for-bloating-and-gas)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app