Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Kesehatan Fisik

Antara Plank dan Lari, Mana yang Lebih Ampuh Bakar Kalori?

Update terakhir: FEB 17, 2020 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 1.350.885 orang

Antara Plank dan Lari, Mana yang Lebih Ampuh Bakar Kalori?

Sebagian besar orang berolahraga dengan tujuan untuk menurunkan berat badan, sedangkan sebagian lainnya berolahraga untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat. Salah satu manfaat dari olahraga adalah membantu membakar kalori sehingga membantu menurunkan berat badan.

Sebenarnya hampir semua olahraga bisa membantu membakar kalori dan menurunkan berat badan. Hanya saja yang membedakan adalah seberapa banyak kalori yang dibakar dari olahraga tersebut. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Beberapa olahraga yang dikenal mampu membakar banyak kalori adalah lari dan plank. Dua olahraga ini berbeda dari jenisnya karena lari termasuk olahraga kardio sedangkan plank adalah latihan kekuatan otot. Lalu mana yang lebih ampuh dalam membakar kalori? Plank atau lari? Berikut ulasannya.

Fakta tentang lari

Berlari adalah salah satu jenis olahraga kardio dimana olahraga ini mampu meningkatkan performa jantung, pernapasan, dan sebagainya. Olahraga ini menjadi salah satu olahraga yang dipercaya mampu membakar kalori dalam jumlah banyak dalam satu sesi latihan.

Faktanya berlari selama 10 menit bisa membakar kalori tubuh sebanyak 80 kkal dengan berat badan 60 kilogram. Oleh karena itu bila dikalkulasikan, berlari selama 30 menit bisa membakar kalori tubuh sebanyak 240 kkal. 

Berdasarkan penelitian lain, orang dengan berat badan 60-63 kilogram mampu membakar kalori sebanyak 13,2 kkal dalam satu menit. Oleh karenanya ketika berlari selama 30 menit bisa membakar kalori sebanyak 396kkal.

Meskipun jumlah kalori yang dibakar terlihat banyak, namun ada beberapa faktor yang mempengaruhi. Misalnya kecepatan berlari yang bervariasi pada setiap orang bisa membuat durasi latihan semakin lama meskipun jumlah kalori yang dibakar sama.

Fakta tentang plank

Selain berlari, plank adalah salah satu olahraga yang juga dipercaya bisa membantu membakar kalori. Dalam olahraga plank dikenal dengan istilah putaran atau satu gerakan dasar. Putaran pada plank diawali dengan posisi berdiri dengan kaki sama lebar dengan pinggul. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Lalu, bungkukkan badan sehingga kedua telapak tangan menyentuh lantai. Dorong kedua tangan ke arah depan tanpa menggerakkan kaki namun gunakan bantuan otot perut. 

Kemudian ulurkan tangan ke arah depan hingga memanjang membentuk posisi plank. Tahan posisi ini selama beberapa detik kemudian kembali ke posisi awal dengan menarik tangan ke belakang.

Dalam satu putaran plank, Anda bisa membakar kalori sebanyak 12 kkal. Bila Anda bisa melakukan plank sebanyak 10 putaran, kalori yang dibakar tubuh sebanyak 120 kkal. Selain itu, bila Anda mempunyai berat badan minimal 60 kilogram, Anda bisa membakar sebanyak 30 kkal saat melakukan plank hold.

Mana yang lebih banyak membakar kalori?

Melakukan olahraga sebaiknya dilakukan sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Misalnya bila Anda ingin menurunkan berat badan, lakukan olahraga yang memang bisa membakar kalori. Dalam hal ini latihan kardio seperti berlari lebih membakar kalori dibanding dengan olahraga kekuatan otot.

Buka berati latihan otot tidak membantu membakar lemak. Baik plank maupun lari sama-sama mampu membakar kalori tubuh, hanya saja dengan intensitas dan jumlah yang berbeda. 

Anda bisa memulai program menurunkan berat badan dengan melakukan olahraga kardio terlebih dahulu kemudian olahraga kekuatan otot. Hal ini karena latihan kardio bisa membantu memaksimalkan pembakaran kalori dalam tubuh serta meningkatkan efek pembakaran kalori bahkan setelah berolahraga.

Anda bisa mengkombinasikan dua latihan ini untuk pembakaran kalori yang lebih cepat dan lebih banyak. Misalnya hari ini latihan berlari kemudian besok latihan plank agar pembakaran kalori tubuh bisa maksimal.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit