Terpin Hydrate: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Feb 21, 2019 Update terakhir: Okt 25, 2020 Tinjau pada Jun 25, 2019 Waktu baca: 3 menit

Saat seseorang mengalami batuk pastinya hal tersebut akan mengganggu aktivitasnya sehari-hari. Batuk merupakan suatu mekanisme pertahanan tubuh untuk mengeluarkan zat atau partikel dari dalam saluran pernapasan dan mencegah benda asing untuk masuk ke saluran pernapasan. Batuk dapat menjadi suatu gejala pada beberapa penyakit seperti flu, penyakit jantung, paru, dll.

Ada banyak macam pengobatan untuk mengatasi masalah batuk, dari obat-obatan alami sampai obat-obatan yang diresepkan oleh dokter. Khusunya pada batuk berdahak, yang memerlukan obat-obatan yang dapat membantu mengeluarkan atau mengencerkan dahak

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Pada artikel ini akan membahas salah satu obat yang dapat digunakan untuk mengurangi batuk serta mengencerkan dahak yaitu obat Terpin Hydrate. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai kegunaan, dosis dan efek samping obat Terpin Hydrate. Selamat membaca.

Mengenai Terpin Hydrate

Golongan:

Obat resep

Kemasan:

Bubuk

Kandungan:

Obat pengencer dahak

Kegunaan obat Terpin Hydrate

Obat Terpin Hydrate merupakan ekspektoran, yang biasanya digunakan untuk mengencerkan lendir dan mengurangi batuk pada pasien dengan bronkitis akut atau kronis, pneumonia, bronkiektasis, penyakit paru obstruktif kronis, penyakit menular dan peradangan pada saluran pernapasan bagian atas. 

Obat ini biasanya diformulasikan dengan antitusif (mis, Kodein) sebagai sediaan kombinasi. Obat Terpin Hydrate berasal dari berbagai macam sumber seperti minyak terpentin, oregano, thyme dan eucalyptus.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Batuk dan Flu via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 9

Obat Terpin hydrate bekerja dengan cara meningkatkan fungsi mukosiliar  yang langsung pada sel sekretori bronkial di saluran pernapasan bagian bawah untuk mencairkan dan memfasilitasi pengeluaran sekresi bronkial. Obat ini juga memberikan efek antiseptik yang lemah pada parenkim paru.

Dosis obat Terpin Hydrate

Obat Terpin Hydrate merupakan obat minum yang biasa diberikan dengan dosis sebagai berikut:

  • Dewasa: Biasanya digunakan dalam persiapan kombinasi. Dosis dapat berkisar dari 85-130 mg, diminum 3-4 kali sehari.
  • Belum diketahui keamanan dan keefektivitasan obat ini pada anak-anak usia dibawah 18 tahun.

Bacalah selalu petunjuk penggunaan obat pada kemasan yang tertera atau pada resep dokter. Simpan dan letakkan obat ini pada suhu ruangan. Jauhkan dari paparan sinar matahari secara langsung serta jauhkan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Efek samping obat Terpin Hydrate

Hampir semua obat-obatan memiliki efek samping pada penggunaanya. Sama halnya dengan obat Terpin Hydrate yang memiliki beberapa efek samping sebagai berikut:

  • Mengantuk
  • Pusing
  • Kehilangan nafsu makan
  • Mual atau muntah
  • Gangguan pencernaan dapat terjadi

Apabila setelah menggunakan obat ini terdapat tanda dan gejala seperti yang telah disebutkan diatas atau terdapat tanda dan gejala lain seperti, denyut nadi melemah, kebingungan, perubahan suasana hati, ruam pada kulit dan gangguan pernapasan. Segera hubungi dokter atau datangi layanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.

Interaksi Obat

Walau beberapa obat tidak boleh dikonsumsi bersamaan sama sekali, pada kasus lain beberapa obat juga bisa digunakan bersamaan meskipun interaksi mungkin saja terjadi. 

Iklan dari HonestDocs
Beli PARATUSIN 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Paratusin tablet 3

Selalu beritahukan dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat lain baik yang dijual bebas maupun dari resep dokter, termasuk: antidepresan, sedatif, penenang, obat tidur, cimetidine.

Perhatian 

  • Sebelum menggunakan obat ini, beri tahu dokter jika Anda memiliki riwayat penyakit paru-paru (misalnya, asma, emfisema), depresi, masalah sembelit, riwayat ketergantungan obat, dll.
  • Beri tahu dokter jika pernah mengalami reaksi yang tidak biasa atau riwayat alergi terhadap obat ini atau obat-obatan lain. Juga beri tahu jika memiliki riwayat jenis alergi lain, seperti makanan, pewarna, pengawet, dll.
  • Obat ini dapat menimbulkan efek mengantuk, oleh karena itu hindari aktivitas seperti mengemudi atau aktivitas berat lainnya saat mengkonsumsi obat ini.
  • Jangan menambah atau mengurangi dosis penggunaan obat tanpa saran atau anjuran dari dokter.
  • Obat ini harus digunakan hanya jika jelas diperlukan selama masa kehamilan. Diskusikan risiko dan manfaatnya dengan dokter sebelum mengkonsumsi obat ini.
  • Konsultasikan kembali ke dokter jika mengkonsumsi obat ini saat sedang meyusui. Karena diketahui hanya sedikit kandungan obat yang ditemukan pada ASI.
  • Konsumsilah cairan yang banyak, terutama air saat minum obat ini. Hal ini akan membantu mengencerkan lendir dan membersihkan sumbatan pada pernapasan.

Pemberian jangka panjang dari produk kombinasi Terpin Hydrate dengan kodein dapat menyebabkan ketergantungan kodein. Terpin Hydrate dengan kodein sering dicampur dengan alkohol karena kodein tidak mudah larut dalam air. Kandungan alkohol yang tinggi (42 persen) dapat meningkatkan depresi sistem saraf pusat, metabolisme kodein, serta potensi penyalahgunaan obat.

Jika setelah penggunaan obat Terpin Hydrate terdapat perburukan kondisi dari penyakit Anda. Segera konsultasikan kembali ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

 


7 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Jayant A. Patel, M.S., Pharm.D., Analysis of Terpin Hydrate and Codeine Elixir for Codeine Content, American Journal of Hospital Pharmacy, Volume 24, Issue 10, 1 October 1967, Pages 585–586, https://doi.org/10.1093/ajhp/24.10.585. Oxford Academic. (https://academic.oup.com/ajhp/article-abstract/24/10/585/5247459?redirectedFrom=fulltext)
Terpin Hydrate Oral : Uses, Side Effects, Interactions, Pictures, Warnings & Dosing. WebMD. (https://www.webmd.com/drugs/2/drug-32597/terpin-hydrate-oral/details)
Kirkland LR. Cost-Conscious Cough Control. Arch Intern Med. 1998;158(22):2513. JAMA Network. (https://jamanetwork.com/journals/jamainternalmedicine/article-abstract/1105609)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app