Obat Pilek Bayi Tidak Diperlukan Si Kecil untuk Sembuh dari Flu

Dipublish tanggal: Sep 19, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Waktu baca: 3 menit

Saat bayi batuk dan pilek karena terserang flu, kebanyakan orang tua maupun pengasuh bayi akan langsung khawatir. 

Kemudian yang dijadikan solusi agar bayi tidak menderita karena penyakit flu maka orang tua memberikan obat pilek untuk Si Kecil.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Batuk dan Flu via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 9

Niat ini terlihat baik karena orang tua ingin kesembuhan Si Kecil dapat teratasi, namun dengan memberi obat pilek untuk bayi bukanlah pilihan yang tepat. 

Pada dasarnya, sekarang ini banyak sekali obat pilek anak-anak yang dijual di berbagai toko. Untuk bayi, terutama yang berada diusia dua tahun ke bawah, obat flu dapat memberikan efek samping yang serius, bahkan nyawa seorang bayi pun akan menjadi ancamannya.

Bolehkan memberi obat Penurun Panas?

Hal yang perlu diingat bahwa Si Kecil bisa saja terkena infeksi virus influenza seperti batuk pilek dan Si Kecil dapat membaik tanpa meminum obat flu karena dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu kurang lebih 5-7 hari. 

Sebenarnya obat pilek bayi tidak sewaktu-waktu diperlukan ketika Si Kecil terkena flu. Jika bayi mengalami flu dan demam masih bisa diberi obat demam, tetapi saat tubuh Si Kecil mengalami demam ringan justru merupakan tanda bahwa Si Kecil sedang berusaha untuk melawan virus pada tubuhnya.

Memberikan obat pereda nyeri, seperti paracetamol kepada bayi saat demam, dengan tujuan agar bayi dapat beristirahat meski dalam kondisi tubuh demam terserang flu. 

Dengan memberikan obat flu pada bayi tidak memungkinkan bahwa flu yang diderita oleh Si Kecil akan segera sembuh, karena obat flu tidak bekerja untuk membunuh virus flu dalam tubuh bayi. 

Iklan dari HonestDocs
Dermal Fillers Treatment di Reface Clinic

Dermal Filler merupakan perawatan wajah yang berfungsi untuk memperbaiki area tertentu yang memang diperlukan. Misalnya, untuk membantu mengatasi kerutan, garis halus atau cekungan yang disebabkan penuaan, meratakan tekstur dan menghaluskan kulit, hingga menghilangkan bekas luka. Perawatan wajah ini dilakukan dengan menyuntikan cairan seperti asam hialuronat atau kolagen, maupun zat sintesis kebagian wajah yang bermasalah, Contohnya pipi,hidung,bibir,rahang,dagu,area sekitar muka, dan lainnya. Perawatan dermal filler akan menjadikan wajah menjadi lebih berisi sehingga keriput atau garis-garis halus jadi tersamarkan.

Dermal fillers treatment di reface clinic

Tetapi penyakit flu yang diderita pada umumnya akan sembuh dengan seiring berjalannya waktu.

Yang menjadi perhatian oleh orang tua atau pengasuh yaitu tentang pemberian obat penurun panas dan usia pada bayi. 

Untuk obat sejenis paracetamol, tidak disarankan untuk Si Kecil yang berada di usia di bawah tiga bulan, karena dosis pemakaian yang akan membuat bingung. 

Sebelum memberikan obat pereda panas, orang tua di mohon untuk berkonsultasi dahulu kepada dokter anak.

Selain paracetamol, ibuprofen dapat menjadi pilihan sebagai obat pereda panas. Namun obat ini hanya dapat diberikan kepada bayi berusia enam bulan ke atas. 

Meskipun bayi sudah berusia enam bulan, tetap saja perlu diperhatikan untuk tidak sembarang memberi obat ini jika Si Kecil sedang kekurangan cairan, sakit perut, atau muntah-muntah. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Batuk Ibu dan Anak via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Obat batuk ibu anak pei pa koa 75 ml 1

Obat ini tidak dijual bebas di apotik, ketika ingin membeli obat ini maka orang tua harus memberikan resep dokter terlebih dahulu.

Apa yang sebaiknya dilakukan?

Alternative lain selain memberikan obat flu pada bayi, ada beberapa tindakan di bawah ini yang dapat menjadi alternative kepada para orang tua saat bayi mereka terkena flu:

Redakan Demam Si Kecil

Bila Si Kecil masih berusia 3 bulan atau dibawahnya dan mengalami demam, sebaiknya orang tua atau pengasuh disarankan untuk segera menghubungi dokter. 

Orang tua dilarang memberi sembarang obat demam yang dijual tanpa resep dari dokter. Terlebih lagi jika masih ragu dengan dosis obat yang ingin diberikan untuk Si Kecil, harap menghubungi dokter agar pemberian dosis yang tepat.

Berikan minuman untuk mencegah dehidrasi

Menjaga cairan tubuh pada bayi sangatlah penting, mau berapa pun usia Si Kecil. Untuk bayi berusia empat bulan atau dibawahnya, tidak boleh diberikan sembarang cairan karena hanya ASI atau susu formula yang diperbolehkan. 

Jika Si Kecil berusia empat bulan atau lebih, bayi dapat meminum air putih selain ASI. Sedangkan untuk jus buah-buahan, dapat diencerkan dengan air putih dengan syarat bahwa bayi sudah berusia enam bulan ke atas.

Buat Si Kecil merasa nyaman

Untuk membuat Si Kecil merasa nyaman saat tidur saat pilek, posisikan kepala Si Kecil sedikit lebih tinggi dengan menggunakan handuk atau tambahan bantal di antara kepala dan kasur. 

Namun, posisi yang terlalu tinggi juga tidak diperbolehkan karena beresiko menganggu jalannya pernapasan bayi dan dapat mengalami kematian mendadak. 

Selain itu, Anda juga dapat meberikan pijatan lembut atau memutar music yang pelan agar Si kecil dapat tidur dengan nyaman.

Redakan hidung tersumbat

Hidung tersumbat akan terjadi ketika Si Kecil mengalami flu. Solusi agar Si Kecil tidak tersiksa adalah, dokter menyarankan agar menggunakan aspirator hidung atau semprotan hidung yang mengandung garam. 

Diharapkan bahwa dengan melakukan hal ini akan melegakan tenggorokan dari aliran lendir dan membersihkan hidung dari ingus.

Buatlah kamar uap hangat

Anda dapat menampung air hangat di bak besar atau menghidupkan pancuran air panas yang ada di kamar mandi. 

Situasi seperti dapat mengurangi bayi agar dapat bernapas lega ketika flu. Selain itu ajak Si Kecil duduk di dalam kamar mandi selama 15 menit agar bayi dapat menghirup uap hangat yang ada di ruangan.

Jaga kebersihan dan kualitas udara

Pelembap ruangan (humidifier) dapat digunakan untuk menjada kelembapan udara agar Si Kecil dapat beristirahat dengan nyaman. 

Selain itu pelembap ruangan juga dapat mencegah gejala yang memburuk. Merokok di dalam ruangan sangat tidak disarankan atau menggunakan pewangi ruangan, karena dapar merusak saluran pernapasan bayi dan sesak napas.

Pilihan yang tepat selain obat pilek, Anda diharapkan untuk menghubungi dokter terutama jika suhu badan Si Kecil di atas 38 derajat Celcius. 

Selain itu, bayi yang sulit makan dan minum, batuk tidak sembuh lebih dari tiga minggu, dehidrasi dan lemas untuk segera dibawa ke dokter. 

Jika Si Kecil mengalami bibir yang membiru, telinga sakit, dan bayi sulit bernapas dan terdengar suara mengi, harap segera dibawa ke dokter agar segera diberikan pertolongan pertama.

8 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
What to Do When Your Baby Has a Cold. Parents. (Accessed via: https://www.parents.com/baby/health/cold/5-things-to-do-when-your-baby-has-a-cold/)
Newborn cold: Symptoms, treatment, and risks. Medical News Today. (Accessed via: https://www.medicalnewstoday.com/articles/321114)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app