Pengobatan

Mengobati Sakit Telinga Dengan 5 Cara Efektif dan Aman

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Agu 4, 2020 Tinjau pada Jun 6, 2019 Waktu baca: 2 menit
Mengobati Sakit Telinga Dengan 5 Cara Efektif dan Aman

Coba ingat-ingat mengapa Anda mengalami sakit telinga, apa penyebabnya? Mungkin sebagian besar dari Anda telah mengetahui penyebabnya, namun banyak juga yang masih bingung kenapa telinganya bisa sakit. Apalagi sakit telinga pada anak yang hanya bisa menangis tanpa mengetahui dengan jelas apa penyebabnya.

Anda perlu mengetahui beberapa penyebab sakit telinga antara lain gigi berlubang, infeksi sinus, kotoran telinga, infeksi telinga luar dan tengah, dan tonsilitis. Jika kita perhatikan tidak hanya masalah pada telinga saja yang menyebabkan sakit telinga. Masalah pada telinga yang paling sering menyebabkan sakitnya telinga adalah otitis media akut (OMA) atau infeksi telinga bagian tengah menyusul dengan infeksi telinga bagian luar atau otitis eksterna yang sering kali disebabkan mengorek telinga terlalu kuat atau kotoran telinga yang mengeras.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Apapun penyebabnya, Anda akan membutuhkan obat sakit telinga yang dapat membantu meringankan keluhan Anda. Namun Anda harus selalu memperhatikan efektivitas dan keamanan obat tersebut, apalagi ini menyangkut kesehatan Anda. Pengobatan sakit telinga terbaik adalah dengan mengatasi masalah yang menyebabkannya. Namun apabila Anda belum mengetahui penyebabnya, berikut cara mengobati sakit telinga yang dapat Anda lakukan di rumah dengan aman dan efektif sebagai pertolongan pertama.

Cara Mengobati Sakit Telinga

1. Minum Obat Pereda Nyeri (Analgetik)

Obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas seperti ibuprofen dan acetaminofen dapat digunakan untuk mengobati telinga yang sakit. Obat tersebut aman digunakan dengan atau tanpa antibiotik, pastikan untuk mengikuti petunjuk dosis pada label.

2. Kompres Hangat

Kompres hangat pada belakang telinga yang sakit dapat membantu meredakan rasa sakit. Gunakan cara ini dengan mengulanginya 4-5 kali sehari dengan durasi masing-masing 15 menit.

3. Ciptakan Suasana Nyaman

Tips ini cocok untuk mengatasi sakit telinga pada anak. Buatlah mereka nyaman dengan mengalihkan pikirannya dari rasa sakit. Contoh putarkan film favorit mereka, bawa pulang buku mewarnai kesukaannya, atau dengan menemukan hal-hal lain yang dapat membuatnya tidak lagi fokus pada sakit telinganya.

4. Periksakan ke Dokter

Periksakanlah diri Anda ke dokter, hal ini penting untuk memastikan masalah apa yang sedang Anda alami sehingga telinga menjadi sakit. Dengan mengetahui penyebabnya, maka obat sakit telinga yang diberikan akan tepat guna dan tentunya mempercepat penyembuhan.

Obat sakit telinga yang biasanya diberikan oleh dokter berdasarkan infeksinya yaitu:

Otitis Eksterna (Infeksi Telinga Bagian Luar)

  • Dokter akan memberi obat tetes telinga yang dapat digunakan dalam 7-10 hari.
  • Obat tetes telinga tersebut mengandung antibiotik untuk membasmi kuman dan terkadang steroid untuk mengurangi bengkak dan peradangan.
  • Di samping obat tetes, dokter juga terkadang memberikan antibiotik oral (minum) dan penghilang rasa sakit.
  • Lubang telinga harus tetap kering selama pengobatan. Earplug atau kapas berbentuk bola kecil dapat digunakan digunakan untuk menutupi lubang telinga selama mandi agar air tidak masuk ke telinga.
  • Pada otitis eksterna dengan bisul yang besar, mungkin perlu dilakukan prosedur pengeluaran bisul (incisi).

Otitis Media (Infeksi Telinga Bagian Tengah)

  • Dokter biasanya meresepkan antibiotik oral dengan segera terutama pada otitis media yang menyerang orang dewasa.
  • Observasi dan memberi rasa nyaman untuk menghilangkan rasa sakit adalah yang paling utama untuk pengobatan pada anak-anak. The American Academy of Pediatrics merekomendasikan pendekatan 2 langkah tersebut tergantung pada usia anak, kepastian diagnosis, tingkat keparahan penyakit, dan kemampuan anak serta keluarga untuk memiliki akses dalam menindaklanjuti perawatan. Apabila gejala sembuh dalam waktu 2-3 hari, maka tidak perlu diberikan antibiotik

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Earache: Symptoms, Causes, Treatments, and Prevention. Healthline. (https://www.healthline.com/health/earache)
Nine effective home remedies for earache. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/318057.php)
Why Does My Ear Hurt? 7 Possible Causes of Ear Pain. WebMD. (https://www.webmd.com/cold-and-flu/ear-infection/why-does-ear-hurt)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app