Doctor men
Ditinjau oleh
DR SCIENTIA INU KIRANA

Nyeri Dada - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: Aug 13, 2019 Tinjau pada Agu 24, 2019 Waktu baca: 6 menit
Telah dibaca 1.090.678 orang

Payudara berkembang karena peningkatan estrogen selama pubertas. Selama siklus menstruasi, berbagai hormon menyebabkan perubahan jaringan payudara yang dapat menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamanan pada beberapa wanita. 

Sementara payudara biasanya tidak sakit, kadang-kadang nyeri payudara sering terjadi.

Nyeri payudara yang juga disebut mastalgia, adalah kondisi umum di kalangan wanita. Rasa sakit biasanya dikategorikan sebagai siklus atau non siklus.

Nyeri siklus berarti nyeri itu terkait dengan siklus menstruasi Anda. Nyeri yang dikaitkan dengan siklus menstruasi cenderung mereda selama atau setelah menstruasi.

Nyeri non-siklus dapat memiliki banyak penyebab, termasuk cedera pada payudara. Kadang-kadang rasa sakit non-siklus dapat berasal dari otot atau jaringan di sekitarnya daripada payudara itu sendiri. Nyeri noncyclical jauh lebih jarang daripada nyeri cyclical, dan penyebabnya bisa lebih sulit untuk diidentifikasi.

Mastalgia dapat bervariasi dalam intensitas dari rasa sakit yang tajam sampai kesemutan yang ringan. Beberapa wanita mungkin mengalami nyeri payudara, atau payudara mereka terasa lebih penuh dari biasanya.

Penyebab Nyeri Dada 

Nyeri payudara dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Dua penyebab paling umum adalah fluktuasi hormon dan payudara fibrokistik (kental).

Fluktuasi hormon

Siklus menstruasi wanita menyebabkan fluktuasi hormon estrogen dan progesteron. Kedua hormon ini dapat menyebabkan payudara wanita terasa bengkak, kental, dan kadang terasa nyeri.

Wanita terkadang melaporkan bahwa rasa sakit ini bertambah buruk seiring bertambahnya usia karena meningkatnya sensitivitas terhadap hormon seiring bertambahnya usia wanita. Terkadang, wanita yang mengalami nyeri terkait menstruasi tidak akan merasakan nyeri setelah menopause.

Jika nyeri payudara disebabkan oleh fluktuasi hormon, Anda biasanya akan merasakan nyeri semakin memburuk dua hingga tiga hari sebelum menstruasi. Terkadang rasa sakit akan terus berlanjut sepanjang siklus menstruasi Anda.

Untuk menentukan apakah nyeri payudara Anda terkait dengan siklus menstruasi Anda, catatlah menstruasi Anda dan catat kapan Anda mengalami nyeri sepanjang bulan. Setelah satu atau dua siklus, sebuah pola dapat menjadi jelas.

Periode perkembangan yang memengaruhi siklus menstruasi wanita dan berpotensi menyebabkan nyeri payudara diantaranya:

Iklan dari HonestDocs
Beli MASKER N95 3M 8210 via HonestDocs

Gunakan masker ini untuk kegiatan sehari-hari pada waktu kepekatan polusi udara meningkat. Selain itu, masker ini dapat digunakan oleh pekerja konstruksi dan juga petugas kesehatan. GRATIS ongkir untuk minimal pembelanjaan Rp50.000!

  • masa pubertas
  • Kehamilan
  • Haid
  • Kista payudara

Seiring bertambahnya usia seorang wanita, payudaranya mengalami perubahan yang dikenal sebagai involusi. Inilah saatnya jaringan payudara digantikan oleh lemak. 

Efek sampingnya adalah timbulnya kista dan jaringan yang lebih berserat. Ini dikenal sebagai perubahan fibrokistik atau jaringan payudara fibrokistik.

Sementara payudara fibrokistik tidak selalu menyebabkan rasa sakit, mereka bisa. Perubahan ini biasanya tidak perlu dikhawatirkan.

Payudara fibrokistik bisa terasa kenyal. mudah digerakkan dan dapat atau tidak disertai nyeri. Ini biasanya terjadi di bagian atas dan luar payudara. Benjolan juga dapat membesar dalam ukuran sekitar waktu siklus menstruasi Anda.

Menyusui dan Nyeri Payudara

Menyusui adalah cara alami dan bergizi untuk memberi makan bayi Anda, tetapi tidak tanpa kesulitan dan kesulitan. Anda dapat mengalami sakit payudara saat menyusui karena sejumlah alasan. Ini termasuk:

Mastitis

Mastitis adalah infeksi saluran susu  dan kelenjar nya. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit yang hebat dan kuat disertai  puting susu megalami lecet, gatal, terbakar, atau melepuh . Gejala lain termasuk garis-garis merah pada payudara, demam, dan kedinginan. Dokter Anda akan merawat ini dengan antibiotik.

Engorgement

Pembengkakan terjadi ketika payudara Anda menjadi terlalu penuh. Payudara Anda akan tampak membesar dan kulit Anda akan terasa kencang dan sakit. Jika Anda tidak dapat segera memberi makan bayi Anda, Anda dapat mencoba memompa atau mengeluarkan ASI secara manual.

Anda dapat melakukan penanganan dengan meletakkan ibu jari Anda di atas payudara Anda dan jari-jari Anda di bawah payudara Anda. Gerakkan jari Anda perlahan ke dinding dada dan maju ke arah puting susu untuk mengosongkan payudara Anda.

Posisi menyusui bayi

Jika bayi Anda tidak menempel dengan tepat pada puting Anda, kemungkinan Anda akan mengalami sakit payudara. Tanda-tanda bayi Anda mungkin tidak terkunci dengan benar termasuk puting pecah-pecah dan rasa sakit pada puting.

Penyebab lainnya

Nyeri payudara dapat memiliki penyebab lain, antara lain:

Diet

Makanan yang dimakan wanita dapat berkontribusi terhadap nyeri payudara. Wanita yang mengonsumsi makanan tidak sehat, seperti yang tinggi lemak dan karbohidrat olahan, juga berisiko lebih tinggi mengalami nyeri payudara.

Keluhan yang berasal diluar payudara

Kadang-kadang nyeri payudara bukan karena payudara Anda, tetapi karena iritasi pada otot dada, lengan, atau punggung. Ini biasa terjadi jika Anda terlibat dalam kegiatan seperti menyapu, mendayung, menyekop, dan bermain ski air.

Ukuran payudara

Wanita dengan payudara yang lebih besar atau payudara yang tidak sebanding dengan bingkai mereka dapat mengalami ketidaknyamanan di leher dan bahu mereka.

Operasi payudara

Jika Anda telah melakukan operasi pada payudara Anda, rasa sakit dari pembentukan jaringan parut dapat bertahan lama setelah sayatan sembuh.

Obat-obatan

Antidepresan, terapi hormon, antibiotik, dan obat-obatan untuk penyakit jantung semuanya dapat berkontribusi pada nyeri payudara. Meskipun Anda tidak boleh berhenti minum obat ini jika mengalami nyeri payudara, bicarakan dengan dokter Anda jika ada pilihan alternatif.

Merokok

Merokok diketahui meningkatkan kadar epinefrin di jaringan payudara. Ini bisa membuat payudara wanita sakit.

Apakah Nyeri Payudara terkait dengan kanker payudara?

Nyeri payudara biasanya tidak terkait dengan kanker payudara. Mengalami nyeri payudara atau payudara fibrokistik tidak berarti Anda berisiko lebih tinggi terkena kanker. Namun, jaringan yang menggumpal mungkin membuat lebih sulit untuk melihat tumor pada mammogram.

Jika Anda mengalami nyeri payudara yang hanya ditemukan di satu area dan konsisten sepanjang bulan tanpa fluktuasi tingkat nyeri, hubungi dokter Anda.

Contoh-contoh tes diagnostik meliputi:

  • Mamogram Dokter menggunakan tes pencitraan ini untuk mengidentifikasi kelainan pada jaringan payudara Anda.
  • Ultrasonografi Ultrasonografi adalah pemindaian yang menembus jaringan payudara. Dokter dapat menggunakannya untuk mengidentifikasi benjolan di jaringan payudara tanpa membuat seorang wanita terkena radiasi.
  • Magnetic resonance imaging (MRI) MRI digunakan untuk membuat gambar rinci jaringan payudara untuk mengidentifikasi lesi yang berpotensi kanker.
  • Biopsi Biopsi adalah pengangkatan jaringan payudara sehingga dokter dapat memeriksa jaringan di bawah mikroskop untuk mengetahui adanya sel kanker.

Dokter dapat menggunakan tes ini untuk menentukan apakah nyeri payudara Anda mungkin terkait dengan kanker.

Apa yang bisa membantu mengurangi nyeri payudara?

Perawatan akan bervariasi tergantung pada apakah nyeri payudara Anda bersifat siklis atau non-siklikal. Sebelum merawat Anda, dokter Anda akan mempertimbangkan usia Anda, riwayat kesehatan, dan tingkat keparahan rasa sakit Anda.

Perawatan untuk nyeri siklis dapat meliputi:

  • mengenakan bra yang mendukung tidak terlalu ketat dan sesuai ukuran
  • mengurangi asupan natrium Anda
  • mengonsumsi suplemen kalsium
  • minum kontrasepsi oral, yang dapat membantu membuat kadar hormon Anda lebih merata
  • mengonsumsi obat penghambat estrogen, seperti tamoxifen. obat ini perlu resep dokter dan harus diminum sesuai indikasi.
  • minum obat untuk menghilangkan rasa sakit, termasuk obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), seperti ibuprofen atau asetaminofen

Perawatan untuk nyeri non-siklus akan tergantung pada penyebab nyeri payudara. Setelah penyebabnya diidentifikasi, dokter Anda akan meresepkan perawatan khusus terkait.

Selalu konsultasikan diri Anda  dengan dokter Anda sebelum memulai konsumsil suplemen apa pun untuk memastikan mereka tidak akan mengganggu obat-obatan yang Anda pakai atau kondisi apa pun yang Anda miliki.

Kapan Anda harus  menemui dokter Anda

Jika nyeri payudara Anda tiba-tiba dan disertai dengan nyeri dada, kesemutan, dan mati rasa di ekstremitas Anda, segera cari bantuan medis. Gejala-gejala ini dapat mengindikasikan serangan jantung.

Buat janji untuk bertemu dokter jika rasa sakit Anda:

  • Mengganggu kegiatan sehari-hari
  • berlangsung lebih lama dari dua minggu
  • menyertai benjolan baru yang tampaknya semakin tebal
  • tampaknya terkonsentrasi di satu area spesifik payudara Anda
  • tampaknya semakin buruk dengan waktu

Pada saat kunjungan dokter, Anda dapat mengharapkan dokter untuk bertanya tentang gejala Anda. Pertanyaan dapat mencakup:

  • Kapan rasa sakit payudara Anda mulai muncul?
  • Apa yang membuat nyeri payudara Anda lebih buruk? Apakah ada yang membuatnya lebih baik?
  • Apakah Anda merasakan nyeri semakin memburuk di sekitar siklus menstruasi Anda?
  • Bagaimana Anda menilai rasa sakit? Seperti apa rasa sakitnya?

Dokter Anda kemungkinan akan melakukan pemeriksaan fisik. Mereka juga dapat merekomendasikan tes pencitraan, seperti mammogram, untuk memvisualisasikan jaringan payudara Anda. Ini memungkinkan mereka mengidentifikasi kista di jaringan payudara Anda.

Jika Anda memiliki payudara kistik, dokter mungkin akan melakukan biopsi jarum. Ini adalah prosedur di mana jarum tipis dimasukkan ke dalam kista untuk mengambil sampel kecil jaringan untuk pengujian.

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit