Nutrisi Penting Untuk Kecerdasan Otak Anak

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Nutrisi Penting Untuk Kecerdasan Otak Anak

Anak cerdas adalah anak yang bermental sehat. Menurut Dewi K. Utama drSpA, MPsiT, seorang anak dikatakan bermental sehat jika ia mampu berpikir logis, berkomunikasi, berempati, kreatif, juga mampu mengontrol diri, serta punya kasih pada sesama makhluk hidup.

Faktor yang Mempengaruhi Kesehatan Mental Anak

Faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan mental si Kecil adalah faktor internal (dari dalam diri si Kecil), faktor genetik (bawan, turunan, temperaman, kelainan), faktor eksternal (dari lingkungan), lingkungan fisik lain (penyakit, kecelakaan), lingkungan sosial ((pola asuh, sekolah), dan nutrisi serta gizi seimbang untuk mempertajam kecerdasannya sesuai dengan perkembangan usianya. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Peran ibu dalam mempengaruhi kesehatan mental si Kecil sangat penting. Ibu bisa memberikan berbagai stimulasi untuk merangsang kesehatan mentalnya, bisa dalam bentuk permainan atau pun pemberian nutrisi untuk kecerdasan otaknya. Untuk stimulasi dalam bentuk permainan, Mum bisa menggunakan metode floor time (bermain di lantai). Pilihlah mainan yang menyenangkan, misalnya bermain boneka, mobil-mobilan, bermain peran, mewarnai, dan sebagainya. 

Stimulasi ini juga perlu diimbangi pemberian nutrisi yang dapat mendukung pertumbuhan otak si Kecil di masa-masa keemasannya (0-3 tahun). “Nutrisi yang tepat dapat mempengaruhi kemampuansi Kecil untuk fokus dan berpikir secara mandiri,” kata psikiater Drew Ramsey danpenulis The Happiness Diet serta Fifty Shades of Kale.

Nutrisi Penting Bagi Kesehatan Otak Anak

Nutrisi-nutrisi yang baik bagi otak si Kecil diantaranya protein, asam lemak, folat, vitamin D, omega-3, serat, dan lainnnya. Nutrisi-nutrisi terkandung di dalam makanan-makanan berikut. 

1. Telur

Telur adalah makanan yang kaya protein. Kekayaan protein ini dapat membantu si Kecil lebih berkonsentrasi saat berpikir.
Saran penyajian : membuat telur orak-arik yang disajikan dengan roti gandum untuk sarapan atau camilan siang hari. Kombinasi protein dan karbohidrat ini dapat membuatsi Kecil bertahan tidak mengemil makanan manis hingga jam makan berikutnya. Sajikan juga telur dalam bentuk sandwich bersama isian salad.

2. Yogurt Greek

Yogurt greek mengandung lemak yang baik untuk kesehatan otak. Yogurt greek mengandung protein melebihi jenis yogurt lainnya. Protein ini dapat membantus el-sel otak berada dalam kondisi prima dalam menerima dan mengirimkan informasi.
Saran penyajian: campurkan yogurt greek bersama dengan sereal dan bluberi agar memberikan manfaat polyphenol. Campurkan juga cokelat hitam dalam yogurt untuk meningkatkan aliran darah ke otak.

3. Sayur-sayuran

Sayuran yang mengandung folat dan vitamin seperti bayam dan kale memperkuat memori otak si Kecil. Kale sendiri juga mengandung antioksidan dan nutrisi lain untuk pertumbuhan sel-sel otak. 
Saran penyajian: membuat bayam dan kale menjadi smoothies, tambahkan bayam ke omelet atau buatkan keripik kale yang dimasak dengan minyak zaitun dan sedikit garam, kemudian panggang.

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8

4. Ikan

Ikan merupakan sumber vitamin D dan omega-3, yang dapat melindungi otak si Kecil dari hilangnya memori dan menjaga performa mental. Ikan-ikan yang terbaik untuk otak meliputi salmon, tuna dan sarden yang kaya akan omega-3. 
Saran penyajian: ikan dipanggang atau dibuat sandwich tuna.

5. Kacang-kacangandanbiji-bijian

Jeniskacang-kacangandanbiji-bijianmengandung protein, asamlemak, vitamin dan mineral, bergunauntukmenjagasistemsarafsertauntukmeningkatkan mood si Kecil.
Saran penyajian: olah kacangmenjadi bentukselaikacang, ataumengolahbijibungamataharisebagaiolesan yang kaya akanfolat, vitamin E dan selenium, yang baikbagisi Kecil yang alergikacang. 

6. Oatmeal

Oatmeal mengandung protein dan serat yang dapat membantu jantung dan arteri ke otak tetap bersih. Oatmeal dapat membantu anak mengingat pelajaran sekolah dengan lebih baik.
Saran penyajian: tambahkan bubuk kayu manis yang mempunyai komponen pelindung pada sel-sel otak.

7. Buah apel dan plum

Saat si Kecil ingin makan yang manis-manis, berikan apel dan plum sebagai pengganti makanan manis. Kedua buah ini mudah dikemas dan mengandung quercetin, sejenis antioksidan yang dapat memerangi penurunan kemampuan otak.
Saran penyajian: potong kecil-kecil buah apel dan palm organik ini agar mudah dimakan setelah lebih dulu dicuci bersih. 

Nutrisi yang Mum berikan akan mempengaruhi Tumbuh kembangnya kelak. Sempurnakan pilihan Mum dengan Nutrisi yang dibutuhkan di saat pertumbuhan. ANMUM Essential Tanpa Gula Tambahan memberikan berbagai nutrisi penting.

Asupan nutrisi yang berlebihan khususnya karbohidrat sederhana seperti gula tambahan beresiko bagi kesehatan, misalnya obesitas, karies gigi, bahkan meningkatkan resiko jangka panjang seperti diabetes. Karena itu ANMUM Essential Tanpa Gula Tambahan merupakan pilihan tepat untuk si Kecil

 

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Vitamins for Kids: Do They Need Them (And Which Ones)?. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/vitamins-for-kids)
Eating fish weekly improves kids' sleep, intelligence. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/320441.php)
7 Brain Foods for Kids: Nutrition to Help Kids Stay Sharp. WebMD. (https://www.webmd.com/add-adhd/childhood-adhd/features/brain-foods-kids)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app