Methylsulfonylmethane: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Jun 15, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Methylsulfonylmethane (MSM) (Methylsulfonylmethane) berasal dari keluarga Sulfur organik. Methylsulfonylmethane adalah belerang yang dapat ditemukan dalam makanan mentah segar termasuk buah-buahan, sayuran dan daging. MSM juga dapat dibuat di laboratorium.

MSM banyak digunakan pada pengobatan alternatif dan banyak digunakan oleh orang-orang yang mencari bahan alami untuk meredakan nyeri sendi, mengurangi peradangan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Ambeien (Wasir) via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 27

MSM juga dikenal dengan nama Crystalline DMSO, Dimethylsulfone, Diméthylsulfone, Dimethyl Sulfone MSM, DMSO2, Methyl Sulfone, Methyl Sulfonyl Methane, Methyl Sulphonyl Methane, Méthyle Sulfonyle Méthane, Méthyle Sulphonyle Méthane, Méthylsulfonylméthane, Metilsulfonilmentano, Sulfone de Diméthyle MSM, Sulfone de Méthyle, Sulfonyl Sulfur.

Mengenai Methylsulfonylmethane (MSM)

Golongan

Suplemen herbal

Kemasan

Bubuk, tablet, kapsul

Kandungan

Zat kristal putih yang mengandung 34% belerang

Manfaat Methylsulfonylmethane (MSM)

Methylsulfonylmethane (MSM) memiliki efek anti inflamasi dan antioksidan, sehingga dapat memberikan manfaat seperti:

  1. Mengatasi kerusakan otot karena olahraga. Mengkonsumsi Methylsulfonylmethane (MSM) sebelum melakukan olahraga berat dapat mengurangi risiko kerusakan otot.
  2. Mengobati wasir. Mengoleskan gel yang mengandung MSM pada wasir dapat mengurangi rasa sakit, pendarahan, dan iritasi pada orang dengan wasir.
  3. Mengobati osteoarthritis
  4. Membantu menghilangkan rasa sakit atau bengkak dari penyakit: bursitis, osteoporosis, kram otot, scleroderma, sakit kepala, sindrom pramenstruasi dan peradangan pada mata.
  5. Mengobati masalah pada kulit seperti: jaringan parut, terbakar matahari, keriput, dan luka atau lecet.
  6. Meningkatkan kesehatan kulit dengan memperkuat keratin dan mengurangi peradangan.
  7. Mengatasi masalah pencernaan seperti: sembelit kronis, bisul dan divertikulosis.
  8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mengurangi peradangan dan meningkatkan kadar glutathione.

Efek samping Methylsulfonylmethane (MSM)

Methylsulfonylmethane (MSM) mungkin aman digunakan oleh kebanyakan orang saat diminum sampai 3 bulan atau dioleskan ke kulit dengan kombinasi bahan lainnya selama 20 hari. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Ambeien (Wasir) via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 27

Tapi pada beberapa orang, Methylsulfonylmethane (MSM) dapat menimbulkan efek samping seperti mual, diare, kembung, kelelahan, sakit kepala, gatal atau gejala alergi dan insomnia. Jika Anda khawatir dengan efek samping yang ditimbulkan oleh penggunaan Methylsulfonylmethane (MSM), silahkan temui dna konsultasikan dengan dokter Anda.

Dosis Methylsulfonylmethane (MSM)

Dosis penggunaan Methylsulfonylmethane (MSM) yang tepat dapat bergantung pada beberapa faktor seperti usia pengguna, kondisi kesehatan dan kondisi lainnya. Pastikan Anda mengikuti petunjuk pada label produk atau konsultasikan dengan dokter Anda. Berikut dosis penggunaan yang disarankan:

  1. Digunakan untuk mulut
  • Untuk osteoartritis: 1,5 hingga 6 gram MSM setiap hari diminum hingga 3 dosis terbagi hingga 12 minggu.
  • Untuk kerusakan otot yang disebabkan oleh olahraga: 50 mg / kg MSM dalam 200 mL air yang diminum satu kali sehari selama 10 hari.
  1. Digunakan untuk kulit
  • Untuk wasir: Gel khusus yang mengandung asam hialuronat, minyak pohon teh, dan MSM (Proctoial, BSD Pharma, Italia), digunakan setiap hari selama 14 hari.

Interaksi Methylsulfonylmethane (MSM)

Sampai saat ini tidak ada informasi mengenai interaksi penggunaan Methylsulfonylmethane (MSM) dengan obat lainnya. Silahkan konsultasikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Perhatian

  • Tidak diketahui keamanan penggunaan Methylsulfonylmethane (MSM) bagi ibu hamil atau menyusui. Sebaiknya Anda menghindarinya sampai ada penelitian lebih lanjut.
  • Menggunakan lotion yang mengandung Methylsulfonylmethane (MSM) ke tubuh bagian bawah dapat meningkatkan pembengkakan dan rasa sakit pada orang dengan varises dan masalah sirkulasi lainnya.
  • Konsultasikan dengan dokter jika Anda berencana untuk menggunakan Methylsulfonylmethane (MSM) sebagai pengobatan Anda.

7 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Top MSM benefits for health. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/324544)
MSM Herbal Supplements Side Effects, Benefits, Uses & Dosage. MedicineNet. (https://www.medicinenet.com/methylsulfonylmethane_msm-oral/article.htm)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app