Metaplasia Intestinal - Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Dipublish tanggal: Apr 23, 2019 Update terakhir: Jan 21, 2020 Waktu baca: 3 menit

Metaplasia intestinal dari mukosa lambung adalah salah satu  lesi prakanker yang relatif sering ditemukan.

Metaplasia usus (IM) lambung dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker lambung yang sangat kecil. Pencitraan dengan endoskopi telah diusulkan dan dianjurkan untuk penderita yang berisiko.

Mengenai Metaplasia intestinal

Faktor risiko metaplasia usus biasanya disebabkan oleh infeksi Helicobacter pylori, asupan garam yang tinggi, merokok, konsumsi alkohol, dan refluks empedu kronis.

Metaplasia merupakan suatu perubahan yang berpotensi reversibel dari tipe sel yang sepenuhnya terdiferensiasi menjadi yang lain, yang beradaptasi terhadap rangsangan lingkungan1 Studi epidemiologis menunjukkan bahwa metaplasia intestinal memiliki resiko perkembangan sel kanker yang lebih tinggi dan karenanya didefinisikan sebagai kondisi prekanker dimana keadaan klinis yang terkait dengan peningkatan risiko kanker yang signifikan.

IM muncul pada persimpangan awal antara antrum dan corpus, terutama di angularis lambung. Ketika muncul atropi dan perubahan metaplastik yang berkembang, sel metaplastik akan meluas ke antrum dan korpus.

Apa yang Menyebabkan Metaplasia intestinal

Metaplasia usus lebih sering terjadi pada orang yang memiliki refluks asam kronis atau penyakit refluks gastroesofageal (GERD). 

 Baru-baru ini telah ditunjukkan bahwa variasi inang dan latar belakang genetik bakteri merupakan predisposisi bagi perkembangan metaplasia intestinal. Ada bukti bahwa metaplasi intestinal dikaitkan dengan cagA, oipA fungsional pada H pylori, dan alel IL-1RN 2.

Faktor risiko yang ditemukan pada metaplasia intestinal antara lain

  1. infeksi Helicobacter pylori,
  2. asupan garam yang tinggi,
  3. merokok,
  4. konsumsi alkohol,
  5. refluks empedu kronis.

Infeksi H. pylori kronis menyebabkan peradangan kronis pada mukosa lambung, yang dapat berkembang menjadi atrofi dan metaplasia yang merupakan prekursor adenokarsinoma lambung.

Apa Saja Gejala yang ditemukan pada metaplasia intestinal?

metaplasia usus biasanya tanpa gejala. Ini berarti bahwa tidak ada gejala yang terlihat terkait dengan kondisi ini. Kelainan medis ditemukan dengan pemeriksaan melalui prosedur endoskopi dan biopsi.

Gejala GERD atau infeksi akibat H.pylori biasa menjadi prekursor pertama terkait penyebab utama pada metaplasia interstinal

Tanda dan gejala umum GERD meliputi:

  1. Sensasi terbakar di dada Anda (mulas), terutama setelah makan, dan semakin buruk pada malam hari
  2. Nyeri dada
  3. Kesulitan menelan
  4. Regurgitasi makanan atau cairan asam
  5. Sensasi benjolan di tenggorokan

Bagaimana Cara Mencegah Metaplasia Intestinal?

Menjaga pola makan diyakini membantu dalam pencegahan dan pengobatan metaplasia intestinal. Konsumsi makanan yang mengandung nabati seperti buah-buahan dan sayuran segar karena penuh antioksidan. Antioksidan termasuk vitamin C, vitamin E, flavonoid, karotenoid, dan fenol. 

 Selain makanan yang sehat, Anda harus menghindari atau membatasi makanan lain yang memiliki kandungan garam tinggi. Langkah pertama dalam mengurangi asupan garam Anda adalah mengurangi jumlah makanan cepat saji atau dari dalam kemasan karena dinilai mengandung garam yang tinggi.

Salah satu cara lain yang terbaik untuk mencegah metaplasia usus adalah dengan berhenti merokok. Tidak merokok juga akan membantu dalam perawatan dan pencegahan pnyakit.

Bagaimana cara megobati metaplasia intestinal?

Langkah pertama dalam pengobatan metaplasia usus adalah menggunakan endoskopi untuk mendiagnosis dan biopsi lapisan lambung.

Endoskopi adalah prosedur di mana tabung tipis dimasukkan ke dalam tubuh Anda. Ada kamera kecil di ujung yang memungkinkan dokter untuk melihat dari dekat lapisan lambung Anda dalam kasus ini juga ditambahkan ke ujung endoskop yang memungkinkan dokter untuk mengambil sampel kecil atau lapisan lambung untuk biopsi.

Setelah diagnosis dikonfirmasi, dokter akan merekomendasikan berbagai metode perawatan untuk membantu mengurangi perkembangan metaplasia usus.

Jika dokter mencurigai infeksi H. pylori menyebabkan metaplasia usus, mereka dapat merekomendasikan obat antibiotik diantaranya:

  1. Amoksisilin
  2. Metronidazol
  3. Klaritromisin
  4. tetrasiklin

Perawatan antibiotik biasanya berlangsung sekitar 2 minggu.

Dokter juga dapat merekomendasikan obat yang mengurangi asam dalam tubuh untuk membantu lapisan memperbaiki lapisan lambung. Beberapa jenis obat-obatan  seperti bismuth subsalicylate atau obat resep, omeprazole dapat menjadi pilihan.


4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Saurabh Sethi, MD, MPH, Intestinal metaplasia (https://www.healthline.com/health/intestinal-metaplasia), 31 August 2017.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app