Makanan dan Diet Sehat

10 Menu Buka Puasa Sehat untuk Anda yang Sedang Diet

Update terakhir: Apr 26, 2019 Waktu baca: 5 menit
Telah dibaca 500.284 orang

10 Menu Buka Puasa Sehat untuk Anda yang Sedang Diet

Selain menyehatkan badan, puasa Ramadhan bisa menjadi momen yang tepat untuk diet. Pasalnya, Anda tentu akan lebih mudah menahan hasrat makan dan minum selama berpuasa. Namun hati-hati, usaha ini bisa jadi gagal jika Anda tidak menjaga asupan makanan saat buka puasa nanti.

Bingung harus menyiapkan menu buka puasa apa yang aman dan sehat untuk diet? Baca terus ulasan berikut ini, ya!

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Pilihan menu buka puasa untuk Anda yang sedang diet

Setelah seharian berpuasa Ramadhan, hampir sebagian besar orang tergoda untuk makan banyak saat waktu berbuka tiba. Bagi Anda yang sedang diet, Anda perlu waspada. Makan terlalu banyak saat buka puasa bisa menyebabkan berat badan naik dan menggagalkan usaha diet Anda.

Selain membatasi asupan makanan, memilih menu buka puasa yang tepat juga bisa membantu menyukseskan diet Anda di bulan Ramadhan. Berikut ide menu buka puasa sehat dan aman untuk diet, di antaranya:

1. Kurma 3 buah

Kurma adalah buah khas bulan Ramadhan dan paling sering disajikan sebagai menu buka puasa. Bagi Anda yang sedang diet, Anda boleh membatalkan puasa dengan makan kurma.

Satu buah kurma mengandung 1 sendok teh gula, 20 kalori, 5,3 gram karbohidrat, dan serat. Kandungan serat pada kurma dapat membantu menghambat sinyal lapar dalam tubuh, sehingga Anda akan kenyang lebih lama saat buka puasa.

Bahkan menurut sebuah penelitian dari The American Journal of Clinical Nutrition tahun 2009, makanan kaya serat bisa membuat berat badan Anda cepat turun. Namun, ini bukan berarti Anda boleh makan banyak kurma saat buka puasa demi menurunkan berat badan

Segala sesuatu yang berlebihan sudah pasti tidak baik. Ingat, kurma mengandung tinggi kalori dan gula sehingga bila dikonsumsi terlalu banyak bisa meningkatkan berat badan dan memicu diabetes.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Saat menyiapkan menu buka puasa, cukup sediakan 3 buah kurma saja. Berbuka dengan makan 3 kurma saja sudah mampu mengembalikan energi Anda selama berpuasa Ramadhan. Anda pun akan merasa kenyang lebih lama sehingga mampu menahan diri dari kalap makan.

Baca Selengkapnya: 5 Pilihan Menu Buka Puasa Sehat untuk Penderita Diabetes

2. Nasi merah

Orang yang sedang diet tentu sudah sangat akrab dengan nasi merah. Nah, Anda juga bisa menyajikan nasi merah sebagai menu buka puasa hari ini.

Ketimbang nasi putih, nasi merah memang menjadi pilihan tepat untuk diet karena mengandung lebih banyak serat dan lebih sedikit kalori. Berbuka puasa dengan nasi merah akan membuat Anda lebih cepat kenyang dan tidak makan berlebihan.

Walaupun kalorinya lebih sedikit, bukan berarti Anda bisa cepat langsing hanya dengan makan nasi merah saja, ya! Tetap seimbangi dengan olahraga untuk membakar lebih banyak kalori tubuh sehingga berat badan Anda lebih cepat turun.

3. Salad buah

Sedang mencari menu buka puasa yang rasanya manis, tapi juga aman bagi orang sedang diet? Coba sajikan semangkuk salad buah, yuk!

Menurut sebuah penelitian dalam Journal of Nutrition, orang yang mengonsumsi banyak buah setiap hari berisiko rendah mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Buah juga mengandung kaya serat yang bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

Hanya dengan makan salad buah saat berbuka, Anda akan lebih mampu mengendalikan nafsu makan. Alhasil, berat badan Anda pun tidak cepat naik saat puasa Ramadhan.

4. Sup ayam makaroni

Banyak orang mengira bahwa daging ayam tidak baik dikonsumsi saat diet karena kandungan lemaknya tinggi. Justru, ayam menyediakan protein yang bisa membantu menurunkan berat badan, lho!

Protein adalah salah satu nutrisi penting bagi tubuh. Berbuka puasa dengan makanan tinggi protein diketahui dapat membakar 80-100 kalori setiap hari. 

Anda bisa mengolah daging ayam ke berbagai sajian makanan, salah satunya sup ayam. Selain membantu mendongkrak energi tubuh, sup ayam juga dapat memenuhi kebutuhan cairan yang hilang selama puasa Ramadhan. 

Supaya lebih sehat dan lezat, tambahkan potongan wortel ke dalam sup ayam buatan Anda. Berikan juga beberapa gram makaroni untuk menambah asupan karbohidrat di dalamnya.

5. Telur dadar bayam

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan selama di bulan Ramadhan, cobalah perbanyak asupan protein di dalam menu buka puasa Anda. Nah, salah satu sumber protein yang patut Anda coba adalah telur.

Hal ini dikarenakan protein mampu meningkatkan rasa kenyang dengan cara mengendalikan hormon lapar dan nafsu makan. Jadi, Anda akan lebih mampu menahan diri dari kalap makan saat buka puasa.

Anda bisa mengolah telur ke dalam berbagai sajian masakan, entah itu didadar, diceplok, atau orak-arik. Supaya menu buka puasa Anda hari ini jadi lebih sehat, tambahkan bayam rebus untuk menambah cita rasa masakan.

6. Yogurt

Yogurt bisa menjadi salah satu menu buka puasa praktis dan sehat, khususnya bagi Anda yang sedang terjebak macet di jalan. Menariknya lagi, yogurt juga termasuk makanan terbaik untuk diet.

Yogurt mengandung kaya probiotik atau bakteri baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Selain itu, probiotik juga dapat meningkatkan sistem imun dan metabolisme tubuh, sehingga Anda jadi tidak gampang sakit saat puasa Ramadhan.

Hati-hati saat memilih jenis yogurt untuk menu buka puasa Anda hari ini. Pasalnya, beberapa jenis yogurt mengandung gula berlebih sehingga tentunya tidak aman untuk diet.

Dari sekian banyak jenis yogurt yang ada di pasaran, pilihlah yogurt tanpa rasa alias tawar. Tambahkan beberapa potong buah-buahan guna menambah rasa manis alami, namun tetap aman untuk diet.

Baca Selengkapnya: 5 Menu Buka Puasa Praktis Saat Harus Berbuka di Jalan

7. Ikan tuna panggang

Ikan tuna mengandung protein tinggi dan rendah kalori, sehingga cocok untuk diet. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, asupan tinggi kalori bisa membantu menurunkan berat badan Anda selama puasa Ramadhan.

Masak tuna dengan cara dipanggang supaya lebih sehat dan tidak mengandung banyak minyak. Tambahkan dengan potongan wortel dan kentang rebus supaya menu buka puasa Anda kali ini semakin menggugah selera.

8. Kentang tumbuk (mashed potato)

Nasi dan kentang termasuk sumber karbohidrat yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia. Namun jika dilihat dari segi nutrisinya, kentang mengandung jumlah kalori, karbohidrat, dan lemak yang lebih sedikit daripada nasi.

Untuk menurunkan berat badan saat puasa, Anda perlu mengurangi jumlah asupan kalori secara bertahap. Dengan makan kentang saat buka puasa, maka asupan kalori dan karbohidrat Anda akan lebih sedikit. Hal ini tentu bisa membantu menurunkan berat badan Anda secara bertahap.

Kandungan serat pada nasi dan kentang pun berbeda. Setiap 100 gram kentang mengandung 2,2 gram, sedangkan nasi mengandung 0,4 gram serat. Terlihat jelas bahwa kentang mengandung lebih banyak serat, sehingga bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Dengan begitu, Anda dapat mengatur nafsu makan dan berat badan dengan lebih baik daripada saat makan nasi untuk buka puasa.

9. Roti gandum

Tidak punya banyak waktu untuk menyiapkan menu buka puasa hari ini? Setangkup roti gandum bisa menjadi pilihan yang tepat.

Dibandingkan jenis roti lainnya, roti gandum mengandung kalori lebih rendah, yaitu 76 kalori. Kandungan seratnya pun 3 kali lebih banyak, sehingga bisa membantu Anda lebih cepat kenyang saat buka puasa.

10. Jus alpukat

Jus alpukat tidak hanya bisa menjadi menu buka puasa yang menyegarkan, tapi juga mampu menurunkan berat badan Anda. Hal ini tentu menjadi kabar baik bagi Anda yang sedang diet.

Alpukat mengandung asam lemak tak jenuh tunggal, jenis lemak sehat yang aman bagi tubuh. Menurut sebuah penelitian, orang yang sering makan alpukat cenderung memiliki BMI yang lebih rendah, penurunan berat badan lebih mudah, dan lingkar pinggang lebih kecil dibandingkan dengan orang yang jarang makan alpukat.

Baca Juga: Daftar Makanan untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit