Menjaga Kesehatan Kuku

Kondisi tertentu dapat menyebabkan kuku-kuku mengalami perubahan bentuk maupun kelainan, mulai dari adanya infeksi kuku oleh jamur, efek dari kecelakaan atau luka pada bagian jari dan kuku, serta karena kebiasaan hidup.
Dipublish tanggal: Jun 13, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Waktu baca: 2 menit
Menjaga Kesehatan Kuku

Kuku yang bersih, rapi, serta terawat pasti menjadi dambaan bagi semua orang. Sayangnya, tidak semua orang dapat mempunyai bentuk kuku yang bagus karena adanya beberapa kondisi. 

Kondisi tertentu dapat menyebabkan kuku-kuku mengalami perubahan bentuk maupun kelainan, mulai dari adanya infeksi kuku oleh jamur, efek dari kecelakaan atau luka pada bagian jari dan kuku, serta karena kebiasaan hidup.

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8

Masalah pada kuku yang sering terjadi

Setiap orang pasti pernah mengalami beberapa masalah kuku, baik yang parah ataupun masalah ringan. Beberapa masalah pada kuku yang sering terjadi, di antaranya yaitu:

  • Kuku yang rapuh dan mudah patah.
  • Kuku berubah warna.
  • Muncul garis Beau pada kuku.
  • Koilinisia.
  • Clubbing.
  • Pincer nail deformity.

Penyebab jamur kuku yang sering dialami

Setiap orang memiliki penyebab yang berbeda-beda hingga mereka mengalami masalah kuku. Dengan mengetahui penyebab masalah kuku, seperti jamur maka kita bisa tahu penanganan yang tepat. 

Beberapa penyebab mudahnya jamur kuku menyerang yang sering dialami, yaitu:

  • Memiliki kerusakan pada kulit maupun kuku.
  • Berada pada lingkungan yang lembab.
  • Menggunakan sepatu yang membuat kaki terasa panas serta berkeringat.
  • Berbagi menggunakan handuk dengan orang lain.
  • Rutin menggunakan kosmetik pada kuku maupun kuku palsu.
  • Terlalu sering melakukan cuci tangan maupun bersentuhan dengan air dalam waktu yang lama.
  • Memiliki penyakit tertentu, misalnya diabetes, psiriosis atau kelemahan pada sistem kekebalan tubuh.
  • Sering berjalan tanpa menggunakan alas kaki.
  • Memiliki kebiasaan merokok.

Tips menjaga kesehatan kuku

Memiliki kuku sehat, cantik, serta kuat itu mudah, asalakan Anda tepat dan benar dalam merawatnya. Nah, berikut ini beberapa tips menjaga kesehatan kuku, di antaranya yaitu:

Potong kuku seperlunya saja, janganlah berlebihan

Tahukah Anda bahwa merupakan sarang bagi kuman penyebab dari penyakit? Mulai dari penyakit perut, pilek, flu, maupun cantengan dapat terjadi apabila Anda tidak peduli dengan kebersihan kuku.

Oleh sebab itu, memotong kuku itu hal yang penting. Selain supaya terlihat lebih rapi, kotoran yang menempel pada kuku pun ikut dibersihkan. Ingat, saat Anda memotong kuku bagian kutikula (lapisan bening yang ada pada pangkal kuku) jangan sampai ikut dipotong.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Jangan menggigit kuku

Beberapa kondisi seperti cemas, gelisah, maupun bosan membuat seseorang suka menggigiti kukunya. Kebiasaan tersebut dapat membuat kuku Anda menjadi rusak teksturnya, bagian ujung kuku menjadi tidak rata, bahkan membuat Anda menjadi gampang sakit. 

Apabila Anda ingin memiliki kuku yang bagus, maka hentikan kebiasaan itu mulai dari sekarang.

Pilih kuku panjang atau pendek

Kuku panjang maupun pendek itu pilihan Anda. Asalkan Anda tahu dan mampu dalam merawatnya dengan baik. Meskipun terlihat bagus, apabila Anda kurang nyaman dengan kuku panjang, maka sebaiknya pilihlah kuku pendek.

Pakai pelembap kuku

Siapa bilang pelembap itu hanya untuk kulit saja? Kuku pun perlu nutrisi penting yang dapat didapatkan dari pelembap khusus kuku. Gel pelembap kuku yang banyak mengandung vitamin E, biolin, serta emolien. Anda pun dapat mengoleskan pelembap kuku sebelum tidur setelah Anda mencuci tangan.

Jangan sering menggunakan cat kuku

Anda boleh saja menghias kuku dengan kutek kuku gel, akan tetapi, jangan terlalu sering, Anda perlu untuk membiarkan kuku Anda bernafas tanpa cat kuku. Saat Anda membersihkan cat kuku, pilihlah bahan pembersih yang bebas dari aseton.

Konsumsilah makanan bernutrisi

Menjaga kesehatan kuku bukanlah hanya dari luar tubuh, akan tetapi juga dari dalam. Caranya mudah saja yaitu dengan mengonsumsi makanan yang memiliki protein dan vitamin B tinggi, misalnya telur, ikan salmon, brokoli, ayam, serta ayam. 

Kedua nutrisi tersebut dapat merangsang pertumbuhan kuku sehingga kuku pun tidak mudah rapuh.

Itulah penjelasan mengenai cara menjaga kesehatan kuku agar tampilan tangan terlihat cantik dan menawan.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Nail Hygiene - Handwashing - Hygiene - Healthy Water. Centers for Disease Control and Prevention (CDC). (https://www.cdc.gov/healthywater/hygiene/hand/nail_hygiene.html)
A Dozen Tips for More Beautiful Nails. WebMD. (https://www.webmd.com/beauty/features/more-beautiful-nails-a-dozen-tips#1)
Top 8 Vitamins and Nutrients for Healthy, Strong Nails. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/vitamins-for-nails)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app