Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Tak Mudah Sakit

Dipublish tanggal: Sep 9, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Tubuh memiliki caranya tersendiri untuk menjaganya tetap sehat dan mencegah dari serangan berbagai infeksi, yaitu dengan adanya daya tahan tubuh. 

Berbagai konsumsi makanan yang sehat, misalnya buah dan sayur, kebiasaan rajin berolahraga, terpenuhinya kebutuhan waktu tidur, dan penggunaan suplemen diyakini dapat meningkatkan daya tubuh dan mencegahnya dari serangan pilek serta infeksi yang mudah menular.

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Tambahan konsumsi suplemen, misalnya dalam bentuk vitamin dan mineral diperlukan tubuh supaya sistem kekebalan tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan optimal, apalagi jika asupan gizi sehari-hari tidak terpenuhi dengan cukup.

Beberapa faktor penyebab Daya Tahan Tubuh menurun serta cara menanganinya

Lingkungan sekitar kita tidaklah sepenuhnya bersih dan higienis. Terdapat berbagai macam jenis bakteri, virus, parasit, bahkan jamur yang berpotensi menyerang daya tahan tubuh Anda. Hal tersebut dapat mengakibatkan Anda sakit.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menjadi faktor penyebab daya tahan tubuh Anda menjadi turun atau melemah, yaitu seperti :

  • Adanya wabah penyakit flu yang kerap muncul ketika musim hujan. Hal ini karena virus bertahan di udara lebih lama ketika musim ini terjadi;
  • Kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak sehat;
  • Kurangnya waktu tidur,
  • Ketika Anda sedang mengalami stres, dan;
  • Perubahan di lingkungan sekitar Anda, misalnya akibat pergantian musim, ketika tiba musim hujan, hal tersebut juga bisa mempermudah terjadinya serangan infeksi.

Ketika Anda mengalami batuk, pilek, dan kondisi lainny yang memengaruhi daya tahan tubuh, aktivitas keseharian Anda mungkin akan terganggu. 

Anda akan merasa tidak nyaman dalam menjalani aktivitas baik di dalam maupun luar ruangan. 

Maka dari itu, menjaga daya tahan tubuh harus dilakukan supaya tubuh Anda terbebas dari berbagai macam penuakit. Hal tersebut bisa Anda lakukan dengan beberapa cara berikut ini, yaitu :

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4
  • Mencukupi asupan cairan untuk tubuh Anda;
  • Penuhi kebutuhan waktu tidur;
  • Mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat bergizi. Pola makan akan sangat berpengaruh dalam tingkat daya tahan atau kekebalan tubuh Anda. Untuk itu, perhatikan jenis makanan yang Anda konsumsi sehari-hari;
  • Mengonsumsi suplemen makanan tambahan/vitamin. Akan tetapi, dampak asupan suplemen bagi kekebalan tubuh menurut medis masih memerlukan penelitian lebih lanjut;
  • Rajin olahraga. Bagi mereka yang kesehariannya tidak bergerak aktif atau lebih sering bermalas-malasan, berbaring, tidur dan menghabiskan waktu hanya untuk duduk-duduk, terbukti secara ilmiah akan lebih rentan terserang berbagai jenis penyakit. Maka, sebaiknya Anda rajon berolahraga untuk membantu meningkatkan kebugaran tubuh secara menyeluruh, juga membantu menimgkatkan daya tahan tubuh, dan menjaga tubuh dari berbagai infeksi serta penyakit; kemudian
  • Jangan merokok.

Berbagai Kandungan Zat dalam Suplemen

Asupan gizi setiap orang akan berbeda-beda, termasuk dalam upaya pemenuhan gizinya. Jika dalam konsumsi makanan keseharian Anda tidak mampu memenuhi kebutuhan gizi dan vitamin untuk tubuh, Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi suplemen tambahan. Akan tetapi, konsumsi suplemen atau multivitamin ini harus sesuai aturan dosisnya.

Untuk membantu meningkatkan daya taham tubuh, suplemen yang Anda konsumsi sebaiknya mengandung beberapa zat berikut ini, yaitu :

Berbagai jenis vitamin (vitamin A, B, C, dan E);

Panax Ginseng

Ginseng diyakini menjadi salah satu jenis obat herbal yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan kadar gula darah, memperbaiki suasana hati, mengatasi kelelahan serta tekanan darah tinggi;

Selenium & Magnesium

Selenium merupakan jenis mineral yang ada di dalam tanah, selain itu juga secara alami terkandung di dalam air dan beberapa jenis makanan. 

Zat ini berperan dalam proses metabolisme tubuh. Kemudian, sifat antioksidannya dapat melindungi sel tubuh Anda dari kerusakan. 

Sedangkan, magnesium merupakan jenis mineral yang dapat membantu menjaga tekanan darah tetap stabil, menjaga kekuatan tulang, mengatur irama jantung tetap stabil serta menjaga daya tahan tubuh.

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Echinacea Purpurea

Ini merupakan obat herbal yang seringkali dipakai guna meningkatkan daya tahan tubuh, seperti untuk mencegah dan mengobati sakit flu, serta mempercepat pemulihannya.

Konsumsi suplemen ataupun multivitamin memang berperan dalam menjaga daya tahan tubuh. Akan tetapi, Anda tetap harus mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat ya.

Nah, apabila berbagai cara di atas termasuk penggunaan suplemen tambahan tidak dapat menjaga tubuh Anda dari serangan infeksi atau penyakit, ada baiknya Anda berkonsultasi ke dokter.


5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Endurance Exercise (Aerobic). American Heart Association. (https://www.heart.org/en/healthy-living/fitness/fitness-basics/endurance-exercise-aerobic)
How to Measure and Improve Muscular Endurance. Verywell Fit. (https://www.verywellfit.com/what-is-muscular-endurance-3120360)
Changes in Strength, Endurance, and Fatigue During a Resistance-Training Program for the Triceps Brachii Muscle. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3867092/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app